Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

6 Band Rock Asal Korea Ini Wajib Kamu Ketahui

Editor KapanLagi.com   | Senin, 14 Maret 2022 22:35 WIB
6 Band Rock Asal Korea Ini Wajib Kamu Ketahui
NELL (credit: Instagram.com/@spacebohemians), Jaurim (credit: Instagram.com/@jaurim_official)

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh Aricha Safira Rachma

Kalu kita berbicara tentang Korea Selatan pastinya langsung tertuju pada girlgroup dan boygroup yang fenomenal dan mendunia. Industri musik Korea memang telah dipenuhi oleh girlgroup/boygroup yang dinamis sejak 1990-an.

Selain KPop, ada juga K-HipHop yang sedang banyak didengarkan oleh pecinta musik Korea. Genre ini pertama kali masuk ke Korea pada tahun 1980 atau awal 1990-an. Ketenaran K-HipHop tak kalah hebohnya dengan KPop. Bahkan telah diselenggarakan Korean HipHop Awards

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Namun, genre musik Korea tak hanya itu saja, masih ada genre lain yang wajib kamu eksplor. Bagi kamu yang mengaku sebagai pecinta musik Korea, kamu wajib mengeksplor musik Korea bergenre rock. Genre ini jarang diperbincangkan di dunia hiburan musik Korea. Padahal banyak musisi rock Korea yang menghasilkan karya musik yang luar biasa. Langsung saja inilah 6 band rock Korea yang wajib kamu ketahui.

1. NELL

Gambar

Nell adalah grup musik indie rock asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 1999. Grup ini terdiri dari empat anggota yaitu Kin Jong Wan yang menduduki posisi vokal, keyboard, dan gitar, Lee Jae Kyung sebagai lead guitarist, Lee Jung Hoon sebagai bassist dan Jung Jae Won sebagai drummer.

Salah satu lagunya yang terkenal adalah lagu yang berjudul Time Spent Walking Through Memories. Lagu ini sangat viral dan telah di-cover oleh banyak idol terkenal seperti Taeyeon Girls Generation, Doyoung NCT, dan Sunggyu Infinite.

2. Guckkasten

Gambar

Gickkasten adalah band rock beranggotakan empat orang yang saat ini berada di bawah naungan Interpark Entertainment. Mereka merilis single pertama mereka "Guckkasten" pada tanggal 29 Desember 2008.

Sebenarnya band ini memulai debutnya pada tahun 2003 dengan nama The C.O.M.. Karena wajib militer, The C.O.M. menjadi bubar. Pada tahun 2007, mereka bergabung kembali dengan anggota baru, Kim Ki Bum sebagai bassis dengan nama Guckkasten. Band ini terakhir comeback pada tahun 2022 dengan lagu Crack In The Ark.

3. Hyukoh

Gambar

Untuk band yang satu ini sebenarnya sedikit berbeda dengan band rock lainnya. Hal ini dikarenakan semua anggota pada band ini menyukai berbagai jenis musik. Mereka dering unsur dari beragam genre ke dalam musik mereka. Hyukoh membuat musik sesuai dengan apa yang mereka inginkan bukan berdasarkan apa yang orang sukai.

Lagu Hyukoh terdengar lebih easy listening daripada musik rock lainnya. Salah satu lagu yang wajib kamu coba dengar adalah lagu yang berjudul LOVE YA!. Lagu yang dirilis pada tahun 2018 ini menceritakan tentang seseorang yang menyatakan perasaannya kepada orang yang ia sukai.

4. SURL

Gambar

SURL adalah band rock asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan Happy Robot Records. Band ini terdiri dari empat teman satu sekolah yaitu Hoseung, Doyeon, Hanbin, dan Myeongsuk. SURL berarti sebuah band yang bercerita, yang dapat dihubungkan oleh banyak orang berdasarkan apa yang telah mereka lalui.

Mereka memenangkan hadiah utama di Shinhan Card Rookie Award 2018 pada September 2018. SURL debut pada 7 Juli 2018 dengan penampilan live pertama mereka di Seoul, Korea.

Band ini memiliki ciri khas yaitu musik video yang imajinatif dan melodi gitar yang indah jika dipadukan dengan suara sang vokalis, Hoseung.

5. Jaurim

Gambar

Jaurim yang berarti “Hutan Hujan Ungu” adalah band rock Korea yang terdiri dari 3 anggota yaitu Kim Yuna, Lee Sunkyu, Kim Jinman. Band ini debut pada 1 November 1997 di bawah agensi Nanjang Music. Pada tahun 2007 hingga 2009 mereka berdiri sendiri tanpa agensi lalu tahun 2010 hingga 2015 berada di bawah naungan Soundholic hingga akhirnya 2015 sampai sekarang mereka berada di agensi Interpark Entertainment.

Pada awalnya mereka dikritik karena kurang orisinalitas hingga mereka mulai memperkuat diri mereka di dunia rock Korea. Jaurim telah berkembang dan mendalami musiknya sendiri dan membuat musik yang mereka buat terdengar unik.

6. Bursters

Gambar

Bursters adalah band yang sebelumnya dikenal sebagai Burstered. Band adalah band rock/metal asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan Evermore Music yang aktif sejak 2012 tetapi melakukan debut resmi mereka pada 16 Februari 2015 dengan mini album Independent. Mereka dikenal karena berpartisipasi dalam Super Star K6.

Band yang terakhir ini ditujukan untuk kamu yang suka dengan musik rock dengan instrumen yang berat dan teriakan kencang. Ya, Bursters merupakan band metalcore. Memang tidak semua orang cocok dengan gaya bernyanyi seperti ini, tetapi Bursters berhasil mengekspresikan emosi yang ada pada setiap lirik lagunya.

Editor:   Editor KapanLagi.com

Topik Terkait