Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

6 Idol K-Pop yang Menyabet Gelar Rookie Grand Slam, aespa Jadi yang Terbaru

Iwan Tantomi   | Senin, 10 Januari 2022 16:18 WIB
6 Idol K-Pop yang Menyabet Gelar Rookie Grand Slam, aespa Jadi yang Terbaru
Credit via Big Hit Music & SM Entertainment

Kapanlagi.com - Debut dengan sukses menjadi mimpi yang banyak didambakan idol K-Pop, terutama setelah menjalani masa trainee yang panjang dan pengorbanan yang besar. Indikator kesuksesan ini pun ada banyak macamnya, salah satunya berdasarkan banyaknya penghargaan sebagai rookie terbaik yang diraih.

Tak banyak idol K-Pop pendatang baru atau rookie ini yang bisa menyapu bersih semua penghargaan Rookie of The Year (ROTY) sejak debut. Bagi mereka yang sukses meraih ROTY di lima ajang penghargaan terbesar di Korea, yaitu Melon Music Awards (MMA), Mnet Asian Music Awards (MAMA), Golden Disk Awards (GDA), Gaon Chart Music Awards dan Seoul Music Awards (SMA), layak menyandang gelar Rookie Grand Slam.

Menariknya, hanya ada 6 idol K-Pop yang mampu menyandang predikat Rookie Grand Slam dalam sejarah. Paling baru ada aespa, lantas siapa saja idol K-Pop lainnya?

1. SHINee

Gambar

Pada 2008, SHINee menjadi idol K-Pop pertama yang menyapu bersih pernghargaan ROTY dari lima ajang penghargaan tahunan di Korea. Berkat kesuksesan tersebut, SHINee kemudian dinobatkan sebagai Rookie Grand Slam.

Single debut SHINee, Replay sukses merajai chart kala itu. Begitu juga dengan EP perdana mereka dengan judul yang sama, sukses menorehkan penjualan fantastis. Tak heran jika idol K-Pop besutan SM Entertainment ini mampu meraih prestasi dan ketenaran dengan gemilang.

2. iKON

Gambar

Ternyata butuh waktu tujuh tahun, sejak SHINee debut pertama kali, untuk mendapatkan peraih Rookie Grand Slam baru. Mereka adalah iKON yang sukses meraih lima ROTY dari ajang penghargaan utama di Korea pada 2015.

iKON sendiri debut pada 15 September 2015 dengan single My Type. Popularitas grup besutan YG Entertainment ini diraih, karena pembentukannya melalui acara survival show Win: Who is Next? dan Mix & Match. Album perdana mereka Welcome Back sukses merajai pasar. 

3. Wanna One

Gambar

Dua tahun berselang, tepatnya pada 2017, gelar Rookie Grand Slam akhirnya diraih rookie pendatang baru Wanna One. Boy group dengan 11 member yang anggotanya dipilih dari para pemenang ajang survival show Produce 101 ini benar-benar menyita perhatian publik.

Bukan saja ketenaran yang diraih, penjualan album Wanna One pun sukses membukukan angka fantastis. Begitu juga dengan single mereka, juga mampu mendominasi chart digital di Korea. Inilah yang bikin Wanna One akhirnya menyapu bersih semua gelar ROTY secara mulus sejak debut.

4. TXT

Gambar

Selang dua tahun berikutnya, tepatnya pada 2019, peraih Rookie Grand Slam baru akhirnya muncul. Penerimanya adalah Tomorrow X Together atau TXT. Grup besutan Big Hit Music ini menyita perhatian besar, karena menjadi boy group kedua dari agensi tersebut setelah enam tahun debutnya BTS.

Lagu debut TXT, CROWN sukses meraih banyak penggemar baik di Korea maupun mancanegara. Bahkan, album debut mereka The Dream Chapter: Star sukses debut di Billboard 200 di posisi 140, menjadi idol K-Pop tercepat yang meraihnya.

5. ITZY

Gambar

Uniknya, di tahun 2019, penerima Rookie Grand Slam tak hanya satu idol K-Pop, melainkan ada dua. Selain TXT, ada ITZY. Grup besutan JYP Entertainment ini juga tak kalah menyita perhatian penggemar. 

Single debut ITZY, DALLA DALLA bahkan sukses menembus chart digital di tangga lagu Korea. Lagu tersebut amat viral, hingga membuat nama ITZY populer di mana-mana sejak debut. Kerennya, ITZY menjadi girl group pertama yang meraih predikat Rookie Grand Slam dalam sejarah.

6. aespa

Gambar

Last but not least, ada aespa yang debut pada 2020. Girl group besutan SM Entertainment ini juga meraih kesuksesan debut yang cukup gemilang. Selain karena promo besar-besaran, lagu-lagu aespa juga sukses merajai chart digital.

Torehan kesuksesan aespa semakin menjanjikan ketika single mereka di setiap comeback langganan bertengger di posisi tertinggi chart digital Korea. Bahkan, lagu-lagu aespa juga sangat viral, seperti Next Level dan Savage.

Tak heran jika aespa pun layak melanjutkan tonggak estafet Rookie Grand Slam, usai menerima lima penghargaan ROTY, bahkan sudah menyabet daesang, dari ajang penghargaan utama di Korea.

Well, itulah beberapa idol K-Pop yang benar-benar sukses debut secara gemilang, sehingga layak mendapatkan gelar Rookie Grand Slam dalam sejarah. Kira-kira adakah idol K-Pop pendatang baru yang sanggup menerima gelar prestisius nan sulit di 2022 ini?

https://www.newshub.id/interactive2/2860

Reporter:   Iwan Tantomi