Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

6 Rekomendasi Anime Ghibli Terbaik dan Terseru, Sangat Sayang Jika Dilewatkan

Selasa, 27 September 2022 20:33 WIB
6 Rekomendasi Anime Ghibli Terbaik dan Terseru, Sangat Sayang Jika Dilewatkan
Rekomendasi Anime Ghibli (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Anime jadi satu tontonan yang tak pernah sepi peminatnya. Dari anak-anak hingga orang dewasa, banyak sekali yang menjadikan anime sebagai tontonan favorit. Dari banyaknya film anime, anime-anime produksi Ghibli tampaknya mempunyai tempat tersendiri di hati pecinta anime. Terbukti, banyak orang yang mencari rekomendasi anime Ghibli untuk dijadikan daftar tontonan di waktu luang.

Ya, Ghibli memang merupakan salah satu rumah produksi anime yang sangat terkenal. Ghibli atau Studio Ghibli telah dikenal menghasilkan banyak judul anime populer dengan cerita seru. Tak saja unggul secara cerita, rekomendasi anime Ghibli umumnya juga mempunyai tampilan visual yang sangat memukau mata.

Penasaran, apa saja rekomendasi anime Ghibli yang seru dan punya tampilan visual terbaik? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak daftar dan ulasannya berikut ini.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. MY NEIGHBOR TOTORO

MY NEIGHBOR TOTORO menjadi rekomendasi anime Ghibli yang pertama. Anime ini juga bisa dibilang salah satu yang paling populer sepanjang masa. Karakter Totoro yang lucu dan menggemaskan juga sangat populer hingga saat ini. MY NEIGHBOR TOTORO punya cerita yang sederhana tapi disampaikan dengan alur yang sangat memikat.

Anime yang diproduksi pada 1988 ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang pindah ke sebuah desa terpencil. Di keluarga itu terdapat dua anak perempuan, Satsuki dan Mei. Suatu hari, Mei bertemu dengan Totoro makhluk mitologi yang misterius tapi lucu dan ajaib. Sejak itu kehidupan Satsuki dan Mei jadi lebih berwarna. Penonton hanya perlu duduk menyaksikan dengan takjub keajaiban-keajaiban yang dilakukan Totoro, Satsuki, dan Mei.

2. PONYO

Gambar

Rekomendasi anime Ghibli yang kedua adalah PONYO. Sama seperti MY NEIGHBOR TOTORO, anime yang satu ini juga menampilkan kisah fantasy yang penuh keajaiban. Anime ini bisa jadi tontonan yang ringan tapi menghibur sekaligus mendidik. Sebab, di anime ini ditunjukkan cerita tentang bagaimana menjalin persahabatan yang tulus dan penuh kasih.

Anime PONYO mengisahkan tentang seorang anak yang menemukan seekor ikan mas. Tanpa dia sangka, ikan emas yang dia temukan itu ternyata adalah ikan mas ajaib. Suatu ketika secara ajaib, ikan mas itu berubah menjadi seorang anak yang lucu dan menggemaskan. Anak laki-laki itupun berteman dengan anak jelmaan ikan mas dan melakukan berbagai hal bersama. Sampai tiba sebuah peristiwa besar yang ternyata akibat kehadiran si anak jelmaan ikan emas.

3. SPIRITED AWAY

Selanjutnya di daftar rekomendasi anime Ghibli terbaik ada anime berjudul SPIRITED AWAY. Anime movie ini juga bergenre fantasi. Secara garis besar, film ini bercerita tantang seorang anak perempuan bernama Chihiro yang harus berpetualang untuk menyelamatkan kedua orangtuanya dari kutukan. Pasalnya, secara misterius ayah dan ibu Chihiro dikutuk menjadi babi lantaran punya sifat serakah.

SPIRITED AWAY juga telah terbukti menjadi salah satu anime terbaik sepanjang masa. Bagaimana tidak, anime ini telah memenangkan banyak penghargaan. Salah satu yang paling bergengsi, SPIRITED AWAY berhasil memenangkan kategori Best Animated Feature di pergelaran Oscar.

4. WHISPER OF THE HEART

Gambar

WHISPER OF THE HEART juga termasuk rekomendasi anime Ghibli yang tidak boleh kalian lewatkan begitu saja. Anime dengan cerita yang penuh bumbu fantas ini, menampilkan sebuah kisah romansa yang ringan tapi menyentuh. Tokoh dalam anime ini bernama Shizuku Tsukishima, seorang anak SMP yang gemar membaca.

Suatu ketika, Shizuku bertemu dengan seorang tokoh bernama Seiji Amasawa. Pertemuan tersebut ternyata cukup membekas bagi Shizuku. Sebab setelahnya, Shizuku jadi bertekad untuk mencari jati diri. Penasaran, apa yang sebenarnya terjadi antara Shizuku dan Seiji. Dan, bagaimana kelanjutan kisah Shizuku dalam mencari jati diri? Langsung saja tonton dan ikuti kisahnya.

5. GRAVE OF THE FIREFLIES

Jika kalian mencari rekomendasi anime Ghibli dengan cerita yang sedih, GRAVE OF THE FIREFLIES bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya GRAVE OF THE FIREFLIES punya cerita sedih menyayat hati. Anime ini mengisahkan tentang dampak Perang Dunia II di Jepang, tepatnya ketika bom atom dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki dari sudut pandang anak-anak.

Tokoh dalam anime ini bernama Seita dan Setsuko. Mereka merupakan kakak beradik yang hidupnya penuh dengan kesusahan akibat perang. Hari-hari Seita begitu berat karena harus menghidupi adiknya. Hubungan Seita dan Setsuko juga begitu menyentuh dan penuh keharuan. Penonton bakal merasa iba sekaligus simpati menyaksikan perjuangan hidup kakak beradik ini.

6. EARWIG AND THE WITCH

Gambar

Rekomendasi anime Ghibli yang keenam sekaligus terakhir baru diproduksi pada 2020 lalu. Anime tersebut berjudul EARWIG AND THE WITCH. Beda dengan kelima judul yang telah disebutkan sebelumnya, anime ini sangat unik lantaran hadir dalam format animasi yang lebih kekinian dengan kualitas visual yang tajam. 

EARWIG AND THE WITCH bercerita tentang seorang anak keturunan penyihir bernama Earwig yang tinggal di panti asuhan. Erwig dititipkan oleh orangtuanya saat dikejar-kejar oleh penyihir jahat. Sejak saat itu, identitasnya diubah menjadi Eriga Wigg. Saat remaja, Erwig tumbuh jadi gadis yang cantik. Dia kemudian keluar dari panti asuhan setelah diadopsi sebuah keluarga. Sayangnya, di keluarga barunya itu Erwig mendapatkan perlakuan yang tidak baik. Sejak itu, Erwig mulai tertarik untuk kembali mempelajari ilmu sihir seperti orangtuanya.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi anime Ghibli yang seru. Selamat menonton!

 

Topik Terkait