6 Rekomendasi Drama Korea Bergenre Psikologi, Yang Terbaru Dibintangi Kim Soo Hyun!

Wuri Anggarini   | Selasa, 02 Juni 2020 10:12 WIB
6 Rekomendasi Drama Korea Bergenre Psikologi, Yang Terbaru Dibintangi Kim Soo Hyun!

Kapanlagi.com - Sebagai pecinta drama Korea, kamu pasti setuju banget kalau salah satu kekuatan serial yang berasal dari Negeri Ginseng ini adalah totalitas dalam proses produksinya. Mulai dari naskah yang nggak main-main, sutradara berpengalaman, sampai para pemain yang berakting dengan all out jadi kombinasi yang bikin drama Korea selalu menghibur. Apalagi banyak juga eksplorasi tema yang bikin penonton nggak pernah bosan.

Misalnya saja drama Korea bertema psikologi yang ternyata banyak banget menampilkan slice of life. Nggak hanya dikemas dengan menarik, tapi juga meaningful dan nggak jarang bikin tersentuh! Ini dia 6 rekomendasi drama Korea bergenre psikologi yang wajib masuk dalam daftar tontonan.

1 dari 6 halaman

1. It’s Okay That’s Love

It’s Okay That’s Love (c) SBS
Drama Korea bergenre psikologi ini menceritakan tentang Jang Jae Yeol (Jo In Sung), seorang pria yang sukses sebagai seorang penulis dan DJ yang punya banyak fans. Ia kemudian bertemu dengan Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin), seorang perempuan yang baru menjalani tahun pertamanya sebagai seorang psikiater.

Nggak banyak yang tahu kalau Jae Yeol memiliki kebiasaan aneh, yaitu tidur di toilet. Ia pun memiliki seorang teman dekat bernama Han Gang Woo yang sudah dianggap sebagai adik sendiri. Tapi, ternyata dua hal tersebut adalah efek dari trauma masa kecilnya. Jae Yeol mengidap skizofrenia yang membuatnya nggak bisa membedakan kenyataan dan ilusi. Gang Woo yang selama ini dipercaya ada, ternyata nggak lebih dari imajinasinya saja.

Di sisi lain, Hae Soo juga memiliki trauma di masa lalu yang menghambat hubungan asmaranya bersama pria. Saat kedua orang ini saling jatuh cinta, apakah mereka bisa saling mendukung dan membantu masing-masing keluar dari masa lalunya?

2 dari 6 halaman

2. Kill Me, Heal Me

Kill Me, Heal Me (c) MBC
KILL ME, HEAL ME bercerita tentang Cha Do Hyun, anak konglomerat yang dari luar tampak baik-baik saja, tapi ternyata ia memiliki gangguan kepribadian ganda. Selama ini ia hidup dengan 5 kepribadian berbeda yang dirahasiakan. Ia berjuang keras untuk sembuh, oleh karena itu ia menyewa jasa psikiater pribadi, yaitu Oh Ri Jin.

Konflik mulai terjadi saat Do Hyun dan salah satu kepribadiannya saling bertarung karena sama-sama jatuh cinta dengan Ri Jin. Pertarungan ini bahkan sampai mengancam nyawa Do Hyun, karena jika kepribadiannya kalah, maka ia bisa hilang selamanya. Diperankan oleh Ji Sung dan Hwang Jung Eum, KILL ME, HEAL ME jadi salah satu drama Korea bergenre psikologi yang wajib kamu tonton! 

3 dari 6 halaman

3. Dr. Frost

Dr. Frost (c) OCN
Drama yang satu ini diangkat dari webtoon dengan judul yang sama. Alurnya menceritakan tentang Baek Nam Bong atau yang biasa dikenal dengan julukan Dr. Frost karena memiliki kepribadian sedingin es. Ia adalah sosok jenius yang mendalami ilmu psikologi, bahkan mendapatkan gelar Doktoralnya hanya dalam waktu satu tahun.

Dalam drama Korea bergenre psikologi yang satu iniini, diceritakan Dr. Frost banyak membantu sesi konseling buat memecahkan kasus kriminal. Ia dibantu oleh asistennya Yoon Sung Ah, seorang mahasiswi jurusan psikologi yang semangat dan ceria. Nonton drama ini bisa menambah pengetahuan baru tentang gangguan kepribadian dan masalah psikologis lainnya, seru banget deh!

4 dari 6 halaman

4. Madame Antoine

Madame Antoine (c) JTBC
Kalau mau mencari drama Korea bergenre psikologi dengan bumbu romance, MADAME ANTOINE jadi pilihan yang tepat nih. Drama ini menceritakan tentang seorang psikolog bernama Choi Soo Hyun yang melakukan penelitian kalau cinta sejati itu nggak ada. Ia memanfaatkan Go Hye Rim, seorang peramal terkenal yang menjadi subyek penelitiannya, tanpa pengetahuan Hye Rim sendiri. Diperankan oleh Sung Joon dan Han Ye Seul, apakah Soo Hyun berhasil membuktikan kalau cinta sejati itu benar-benar nggak ada atau malah terjebak cinta dengan Hye Rim?
5 dari 6 halaman

5. Fix You

Fix You ©Facebook.com/KBSDrama
Ini dia drama Korea bergenre psikologi terbaru yang saat ini sedang tayang. FIX YOU atau yang juga dikenal dengan judul SOUL MECHANIC ini menceritakan tentang Lee Si Joon, seorang psikiater yang punya metode unik untuk menyembuhkan pasiennya. Dia berusaha membangun hubungan baik dan sangat perhatian dengan pasiennya. Tapi, nggak jarang metode ini malah memberikan kesulitan tersendiri karena dinilai tidak sesuai dengan regulasi rumah sakit.

Ia pun bertemu dengan Han Woo Joo, seorang aktris musikal yang temperamental dan nggak bisa mengendalikan amarahnya. Woo Joo menyimpan luka masa lalu dan ia meminta bantuan Si Joon untuk menyembuhkan jiwanya. Setiap episodenya, FIX YOU menghadirkan cerita trauma masa lalu yang dialami pasien Si Joon yang ternyata begitu menggetarkan hati penonton.

6 dari 6 halaman

6. Psycho But It’s Okay

Psycho But It’s Okay (c) Facebook/tvNDrama
Buat yang udah nungguin comeback-nya Kim Soo Hyun setelah keluar wajib militer, sabar dulu ya. Soalnya sebentar lagi drama terbarunya bakal tayang yaitu PSYCHO BUT IT'S OKAY atau yang juga dikenal dengan IT'S OKAY NOT TO BE OKAY. Dalam drama ini ia bakal berperan sebagai Moon Kang Tae, seorang perawat di bangsal psikiatri sebuah rumah sakit.

Ia kemudian bertemu dengan Go Moon Young (Seo Ye Ji), seorang perempuan penulis buku anak yang memiliki gangguan kepribadian antisosial. Dengan setting di sebuah bangsal psikiatri, drama Korea bergenre psikologi yang satu ini layak banget buat ditungguin.

Itu tadi beberapa drama bergenre psikologi yang bisa jadi rekomendasi tontonan kamu, biar nggak bosan dengan tema yang gitu-gitu aja. Mana nih yang jadi favorit kamu, KLovers?

(kpl/wri)

Editor:  

Wuri Anggarini

TOPIK TERKAIT