6 Skandal & Kontroversi Kangin 10 Tahun Terakhir, Berakhir Keluar dari Super Junior

Ayu Srikhandi | Kamis, 11 Juli 2019 13:05 WIB
6 Skandal & Kontroversi Kangin 10 Tahun Terakhir, Berakhir Keluar dari Super Junior

Kapanlagi.com - Keputusan Kangin untuk keluar dari Super Junior memang mengejutkan para penggemar. Namun di sisi lain, sang idol memang sudah lama hiatus dari aktivitas bersama Super Junior sejak kasus berkendara saat mabuk dan juga dugaan kekerasan pada seorang wanita.

Super Junior pun terus menghadapi kritikan dari netizen Korea karena beberapa kontroversi dan skandal Kangin. Merasa bersalah, bintang 34 tahun tersebut memutuskan untuk hengkang.

Berikut 6 skandal dan kontroversi Kangin yang terus dibahas netizen Korea selama 10 tahun terakhir.

1 dari 7 halaman

1. Terlibat Perkelahian

Terlibat Perkelahian Kangin © credit as tagged
Skandal yang melibatkan Kangin yang saat itu masih merupakan member Super Junior di tahun 2009 langsung membuat publik heboh. Pasalnya, anggota boyband ternama terlibat dalam perkelahian fisik di sebuah bar.

Sumber menyebut kalau awalnya ada dua orang tak dikenal yang mendatangi Kangin di sebuah bar. Tak lama berselang, mereka pun terlibat cek-cok. Tak berhenti di situ, Kangin yang memilih pergi diikuti oleh dua orang ini dan akhirnya mereka terlibat perkelahian.

Karena kejadian tersebut, Kangin batal tampil jadi model Andre Kim. Bahkan semua aktivitas solonya juga dibatalkan oleh SME dan ia dipaksa hiatus sementara.

2 dari 7 halaman

2. Kasus Tabrak Lari

Kasus Tabrak Lari Kangin © credit as tagged
Masih di tahun 2009, hanya beberapa bulan setelah ketahuan berkelahi, Kangin harus kembali berurusan dengan polisi. Kali ini sang idol dilaporkan setelah menabrak sebuah taksi yang sedang parkir dan kemudian kabur.

Kangin kemudian menyerahkan diri setelah enam jam dari waktu kejadian. Diungkapkan kalau kadar alkohol dalam darah mencapai 0,082%. Ia pun harus menerima hukuman berupa denda sebesar 8 juta won (Rp 96 juta). Agensi kemudian menghentikan semua jadwalnya termasuk harus absen dari aktivitas Super Junior. Ia kemudian berangkat wajib militer pada 5 Juli 2010.

3 dari 7 halaman

3. Kasus Wajib Militer

Kasus Wajib Militer Donghae - Kangin © instagram.com/kanginnim
Pulang menjalani wajib militer di tahun 2012, Kangin kemudian kembali bergabung dalam Super Junior. Ia juga ikut comeback album SEXY, FREE, AND SINGLE yang dirilis pada Juli di tahun itu. Namun sepertinya hidup Kangin tidak berjalan baik, karena ia kemudian tersandung masalah wajib militer.

Kangin dilaporkan ke polisi (lagi) pada April 2015 karena diungkapkan tidak pernah hadir dalam sesi latihan wajib militer. Pasalnya, meski setelah menyelesaikan tugas, seharusnya masih mengikuti sesi latihan selama 72 jam. Namun selama tiga tahun sejak selesai wamil, Kangin justru selalu mangkir.

4 dari 7 halaman

4. Kasus Tabrak Lari Lagi

Kasus Tabrak Lari Lagi Kangin bersama member Super Junior © instagram.com/kanginnim
Setelah sederetan skandalnya, karir Kangin memang masih terhitung aman dan tetap melakukan aktivitas bersama Super Junior. Ya meski memang kritikan dari sana dan sini tetap hadir.

Kangin kembali menuai protes keras saat ia terlibat dalam kasus berkendara saat mabuk dan tabrak lari pada Mei 2016. Saat itu Kangin mengendarai mobilnya dan menabrak tiang lampu jalan, tapi karena sedang dalam pengaruh alkohol sebesar 0,05% di tubuh dia tidak terlalu ingat.

"Aku ingat menabrak sesuatu, tapi aku tidak tahu kalau itu adalah tiang lampu jalan," ungkap Kangin setelah menyerahkan diri.

5 dari 7 halaman

5. Fans Ingin Kangin Keluar

Fans Ingin Kangin Keluar Kangin bersama member Super Junior © instagram.com/kanginnim
Karena Kangin mengulangi tabrak lari dan berkendara dalam keadaan mabuk, fans Super Junior terbagi dua. Sebagian membuat petisi meminta Kangin dikeluarkan karena dianggap bisa merusak imej idol SM Entertainment tersebut lewat tindakan-tindakannya yang tidak pantas.

Sedangkan sebagian merasa mengeluarkan Kangin bukan jalan untuk menyelamatkan Super Junior. Kubu saingan ini juga membuat petisi untuk mempertahankan Kangin. Sejak kejadian itu pun, Kangin dipaksa hiatus oleh agensi hingga sekarang.

6 dari 7 halaman

6. Dugaan Kekerasan pada Pacar

Dugaan Kekerasan pada Pacar Kangin © koreaboo.com
Satu tahun berselang setelah Kangin hiatus dari Super Junior, namanya kembali jadi pembicaraan karena skandal baru. Bintang kelahiran 17 Januari 1985 tersebut dilaporkan dalam keadaan mabuk dan melakukan kekerasan pada wanita yang disebut-sebut sebagai kekasihnya.

Agensi pun kemudian meminta maaf atas kejadian ini dan menjelaskan kalau keributan yang terjadi saat minum bersama teman itu hanya kesalahpahaman saja. Sedangkan polisi menyebut kalau Kangin memang benar minum tapi tetap sadar, karena tidak merusak properti, juga tidak ada luka fisik pada korban, dan korban tidak menggugat, permasalahan Kangin pun langsung bisa diselesaikan.

7 dari 7 halaman

7. Kangin Keluar dari Super Junior

Kangin Keluar dari Super Junior Kangin bersama member Super Junior dan Lee Soo Man © instagram.com/kanginnim
Sejak kejadian pada 17 November 2017 itu, Kangin memang terus menuai kritikan. Bahkan tak jarang Super Junior jadi sasaran kata-kata pedas netizen karena Kangin. Hari ini, Kamis 11 Juli 2019, Kangin secara resmi mengumumkan mundur dari Super Junior.

(kpl/jje)


Editor:  

Ayu Srikhandi

↑