Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

12 Rekomendasi Anime Movie Sedih dan Bikin Nangis, Wajib Ditonton!

Anik Setiyaningrum   | Minggu, 03 Juli 2022 18:22 WIB
12 Rekomendasi Anime Movie Sedih dan Bikin Nangis, Wajib Ditonton!
Rekomendasi Anime Movie Sedih (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Banyak genre yang diangkat oleh anime dalam sebuah film. Emosi yang ditampilkan pun bisa begitu nyata hingga penonton terbawa emosi. Tak heran jika kemudian banyak yang mencari rekomendasi anime movie sedih yang menguras air mata.

Rekomendasi anime movie sedih kali ini pun berasal dari berbagai macam genre, dari fantasi, keluarga, hingga keluarga. Pesan-pesan yang disampaikan pun cukup mendalam jika kalian memang menonton sambil mencari pelajaran.

Nah, jika kalian sudah siap dibikin nangis, langsung saja simak rekomendasi anime movie sedih berikut ini. Berdurasi 1 hingga 2 jam, kisah di dalamnya akan cukup untuk mengaduk-aduk perasaan kalian.

1. GRAVE OF THE FIREFLIES (1988)

Gambar

GRAVE OF THE FIREFLIES sangat cocok masuk dalam daftar rekomendasi anime movie sedih yang bikin nangis. Film ini menceritakan kisah tragis nasib anak-anak di masa perang. Kalian akan dihadapkan pada gambaran situasi 1945 saat Jepang menyerah pada akhir Perang Dunia II.

Seita dan Setsuko, kakak-adik yang ditinggal ayah yang bekerja sebagai angkatan laut dan ibu meninggal terbakar saat dibom. Perang terus berkecamuk. Dua anak kecil tersebut tak diterima dengan baik oleh sanak keluarga yang sebenarnya harus mengasuhnya. Dalam durasi 1 jam 29 menit, hati kalian akan terasa dicabik berkali-kali.

Dua anak tersebut pergi dari rumah dan memulai hidup mandiri di sebuah tempat yang jauh dari kata layak. Penerangan mereka hanya berasal dari kunang-kunang yang ditangkap dan dilepaskan di dalam rumah saat malam. Kehidupan terus sulit dan makin terasa sulit.

2. PERFECT BLUE (1997)

Gambar

Perlu diketahui bahwa PERFECT BLUE bukanlah film yang diperuntukkan untuk anak di bawah umur. Pasalnya, film ini mengandung adegan seperti pemerkosaan dan kekerasan. Kisah di dalamnya membuat film berdurasi 1 jam 20 menit ini masuk dalam daftar rekomendasi anime movie sedih kali ini.

Tokoh utama dalam film ini bernama Mira Kirigoe, seorang member grup idola J-Pop terkenal. Mira kemudian memutuskan untuk keluar dari grup dan memulai karier sebagai aktris. Sayangnya, kemampuan aktingnya masih diragukan dan dia juga diteror oleh penggemar fanatik obsesif yang tak menerima perubahan kariernya.

Rentetan kejadian yang dialami Mira akan menimbulkan perasaan simpati. Dan barangkali, kalian pun juga akan meneteskan air mata di akhir cerita.

3. SPIRITED AWAY (2001)

Gambar

Rekomendasi anime movie sedih yang dijamin bikin kalian menangis tersedu-sedu adalah SPIRITED AWAY. Film ini digarap oleh Hayao Miyazaki yang memang diakui kemahirannya. Kalian tak perlu meragukan kualitas film ini karena sudah teruji melalui puluhan penghargaan yang berhasil dimenangkan.

Dalam durasi 2 jam 5 menit, kalian akan dihadapkan dengan perjalanan dan perjuangan seorang anak kecil bernama Chihiro demi menyelamatkan kedua orangtuanya. Sebelumnya, orangtua Chihiro disihir menjadi babi setelah makan di tempat yang begitu indah sekaligus misterius. Banyak sekali rintangan dan luka yang dialami Chihiro, tentu itu akan mengundang simpati penonton.

4. COLORFUL 2010)

Gambar

Film COLORFUL pantas dimasukkan dalam daftar rekomendasi anime movie sedih karena kisah di dalamnya memang begitu emosional. Film ini diawali dengan seorang anak laki-laki yang ingin mengakhiri hidup dengan menelan banyak pil. Anak tersebut memang sedang berada di titik terendah putus asa. Keinginannya pun terwujud dan dia sampai di akhirat.

Namun, anak laki-laki bernama Makoto ini kemudian bertemu dengan PuraPura. PuraPura memberinya tantangan untuk kembali memperbaiki kesalahan semasa hidup. Dipandu oleh PuraPura, Makoto pun kembali menjalani kehidupannya yang biasa-biasa saja.

Akan tetapi, dalam film berdurasi 2 jam 7 menit ini, kalian bisa terbawa dengan rasa senang yang perlahan bisa dinikmati oleh Makoto. Padahal sebelumnya, hidup bagi Makoto hanya biasa saja dan hanya berisi rasa putus asa.

5. THE WIND RISES (2013)

Gambar

Film THE WIND RISES lekat dengan kepedihan yang berasal dari bencana, romansa, perang, dan kehilangan. Oleh karena itu, film ini wajib masuk rekomendasi anime movie sedih yang bakal bikin kalian nangis. Film drama sejarah ini ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan dianimasikan oleh Studio Ghibli.

Jirou, seorang anak yang punya mimpi menciptakan pesawat terbang yang hebat. Ya, dia adalah orang yang akhirnya bisa menciptakan pesawat tempur Mitsubishi A6M Zero, pesawat paling terkenal dalam sejarah Jepang.

6. KIMI NO NAWA (2016)

Gambar

KIMI NO NAWA jelas merupakan film yang tak boleh ditinggalkan jika bicara mengenai rekomendasi anime movie sedih. Pasalnya, film yang menggabungkan kisah fantasi dan asmara ini begitu populer. Banyak bagian pada film ini yang membicarakan mimpi dan segala misteri yang sedang terjadi.

Tokoh utama dalam film yang berdurasi 1 jam 46 menit ini bernama Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana. Dua remaja yang tak saling kenal ini tiba-tiba mengalami kejadian aneh, yakni tubuh mereka bertukar. Padahal sebelumnya, Mitsuha sudah pernah memimpikan kejadian tersebut.

Selanjutnya, mereka sama-sama terbiasa menjalin hubungan dengan segala keanehan yang terjadi. Suka dan duka timbul tenggelam. Tentu saja hal tersebut akan membawa kalian masuk dalam emosi para tokohnya.

7. KOE NO KATACHI/A SILENT VOICE (2017)

Gambar

Film yang mengisahkan kehidupan seorang gadis tuli bernama Shouko Nishmiya ini disebut-sebut sebagai film sedih sepanjang masa. Wajar jika kemudian masuk dalam daftar rekomendasi anime movie sedih ini. Dalam film KOE NO KATACHI, diceritakan bahwa Shouko Nishmiya merupakan murid yang menjadi korban bullying.

Pelaku bullying tersebut bernama Shouya Ishida. Karena kelakuan nakal tersebut, Shouko memutuskan undah pindah ke sekolah lain. Setelah kejadian tersebut, justru Shouya menjadi korban bullying. Sejak itu dia dibayangi rasa bersalah kepada Shouko.

Saat masuk SMA, ternyata mereka berdua berada di sekolah yang sama. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Shouya untuk menebus kesalahan-kesalahannya di masa lau.

8. MIRAI NO MIRAI

Gambar

Rekomendasi anime movie sedih yang selanjutnya ada anime berjudul MIRAI NO MIRAI. Selain memberikan kisah yang sedih, anime yang cukup menarik perhatian ini juga punya elemen petualangan dan drama yang seru.

Anime MIRAI NO MIRAI ini tentang Kun Oota, seorang anak berusia 4 tahun yang disayangi semua orang. Kehidupannya berubah ketika ia memiliki seorang adik perempuan bernama Mirai. Tiba-tiba Kun tidak lagi jadi yang paling disayang.

Merasa marah, suatu hari Kun pergi ke taman dan ia bertemu dengan beberapa tamu dari masa lalu dan masa depan. Salah satunya adalah remaja perempuan yang mengaku sebagai Mirai dari masa depan. Bersama, mereka berpetualang di luar angkasa dan belajar lebih dalam soal keluarga.

9. DOUKYUUSEI

Gambar

Bagi kalian yang suka dengan kisah BL atau Boy Love, maka kalian bisa menonton film DOUKYUUSEI ini. Ya film ini bukan hanya menyuguhkan kesedihan saja, namun juga kisah romantis yang luar biasa. Bercerita tentang kisah cinta 2 remaja laki-laki bernama Rihito Sajou dan Hiraku Kusakabe.

Rihito adalah si anak pintar, sementara Hiraku anak band. Keduanya bertemu di festival musik dan sejak itu jadi sering berinteraksi. Seiring berjalannya waktu, mereka pun saling jatuh cinta dan menjalin hubungan yang manis. Dan cerita ini akan membungkus kisah cinta mereka dengan air mata.

10. THE PLACE PROMISED IN OUR EARLY DAYS

Gambar

Rekomendasi anime movie sedih yang lainnya ada anime berjudul THE PLACE PROMISED IN OUR EARLY DAYS , Cerita ini menunjukkan bagaimana Jepang terbagi menjadi 2. Hokkaido berada di bawah pemerintahan Union. Sementara pulau-pulau di selatan berada di bawah Amerika Serikat.

Di musim panas 1996, 3 orang siswa SMP berjanji mereka akan menyebrangi perbatasan dengan pesawat yang mereka buat sendiri. Dan menjadi sebuah kisah perjuangan para sahabat yang akan membuat kalian nangis bombay.

11. YOUR LIE IN APRIL

Gambar

YOUR LIE IN APRIL adalah salah satu anime sedih terbaik yang begitu populer. Bahkan, anime ini juga sudah dibuat dalam bentuk live action-nya. Film YOUR LIE IN APRIL ini juga akan membuat kalian nangis bombay.

YOUR LIE IN APRIL bercerita tentang seorang remaja bernama Arima Kousei yang trauma memainkan alat musik, terutama piano, karena kematian ibunya. Kemudian aa bertemu dengan gadis pemain biola bernama Miyazono Kaori yang berusaha mengajak Kousei bermain musik kembali secara perlahan-lahan.

12. BOKU DAKE GA INAI MACHI

Gambar

Kemudian ada anime berjudul BOKU DAKE GA INAI MACHI, sebagai salah satu rekomendasi anime movie sedih. Anime ini bercerita tentang Satoru Fujinuma yang dikirim kembali beberapa menit sebelum kecelakaan itu terjadi, atau ketika tragedi akan menyerang dirinya. Hingga itu menjadi kemampuan untuk dirinya, dan digunakannya untuk menolong orang lain.

Lalu kemudian, ia dikirim kembali ke masa lalu sekali lagi, tetapi kali ini ke tahun 1988, 18 tahun di masa lalu. Ini tahun di mana terjadi pembunuhan terkait dengan penculikan dan pembunuhan salah satu teman sekelasnya yaitu, Kayo Hinazuki yang terjadi ketika ia masih kecil.

Ini adalah kesempatannya untuk memperbaiki keadaan dan misinya untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi 18 tahun yang lalu, serta mencegah kematian teman sekelasnya sekaligus melindungi mereka. Anime ini akan memberikan banyak ketegangan dan alur cerita misteri yang luar biasa.

KLovers, itulah beberapa rekomendasi anime movie sedih dan bikin nangis yang bisa kalian tonton.

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait