Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

14 Rekomendasi Film Malaysia Terbaru dan Terbaik, dengan Alur Cerita Paling Menarik

Selasa, 22 November 2022 11:22 WIB
14 Rekomendasi Film Malaysia Terbaru dan Terbaik, dengan Alur Cerita Paling Menarik
Rekomendasi Film Malaysia (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Malaysia memiliki beragam sudut pandang dalam penggarapan film. Hal itu dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan yang ada di sana. Wajar jika kemudian banyak pilihan yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi film Malaysia.

Genre yang dimiliki pun beragam, seperti horor, drama, hingga komedi. Tak kalah dari negara lain, rekomendasi film Malaysia terbaru juga layak kalian pertimbangkan. Kemiripan budaya Melayu antara Indonesia dan Malaysia pun bisa membuat tema-tema yang diangkat jadi terasa dekat dengan pengalaman keseharian.

Nah, jika kalian penasaran dengan rekomendasi film Malaysia, silakan simak sejumlah ulasan di bawah ini.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. JANDA MELAWAN DUNIA (2022)

Gambar

Sebagai salah satu rekomendasi film Malaysia terbaru 2022, JANDA MELAWAN DUNIA jelas tak boleh dilewatkan. Film garapan Hyrul Anuar ini bercerita tentang tokoh bernama Midah, Rohayu, dan Ani yang merupakan fans berat dari penyanyi Aiman Zalini. Demi bertemu dengan idolanya, ketiganya berusaha mencari uang, dengan cara berjualan vape bebas aditif.

Awalnya, usaha mereka pun berjalan lancar karena dagangan laku keras. Namun, hal itu juga membuat mereka bertiga harus berhadapan dengan kartel berbahaya. Lalu, bagaimana nasib mereka selanjutnya?Sebenarnya kesalahan apa yang sudah diperbuat Midah, Rohayu dan Ani?

2. 35MM (2022)

Selanjutnya, ada 35MM yang menjadi rekomendasi film Malaysia terbaru dan terlaris untuk kalian tonton. Dengan genre komedi dan fantasi, film yang dibintangi oleh Syahmi Sazli, Asif Suhaimi, dan Yoe Parey ini akan membuat kalian tertawa. Secara garis besar, film ini berkisah tentang Syahmi, Asif dan Yoe yang kembali ke masa lalu setelah membeli kamera antik.

Kalian akan melihat aksi mereka saat bersusah payah bertahan hidup di zaman yang berbeda, yakni mulai dari masa Dinasti Cina, penjajahan Jepang, penjajahan Inggris hingga masuk ke tahun 90-an. Selain kesulitan dan kekocakan, Yoe juga mengalami kisah yang cukup menyentuh, yakni bisa bertemu dengan kedua orang tuanya lagi yang sudah lama meninggal di tahun 1997.

3. MAT KILAU (2022)

Gambar

Rekomendasi film Malaysia terbaru yang tak boleh kalian lewatkan selanjutnya adalah MAT KILAU. FIlm yang disutradarai oleh Syamsul Yusof ini berkisah tentang seorang pejuang asli Malaysia yang berani menantang pemerintahan penjajahan Inggris di Pahang. Sebagai seorang pemimpin dan pemikir di kelompoknya, Mat Kilau pun jadi begitu disegani dan dikagumi oleh banyak orang. Kalian akan melihat aksi Mat Kilau yang mempermasalahkan kesejahteraan masyarakat Malaysia hingga dia melakukan pemberontakan.

4. RUMAH (2022)

Selanjutnya, ada rekomendasi film Malaysia genre horor yang berjudul RUMAH. Film yang digarap oleh sutradara Kay ini dibintangi oleh Erra Fazira, Puteri Balqis, dan Mak Jah, sebagai pemeran utamanya. Secara garis besar, film ini berkisah tentang perjuangan seorang ibu tunggal bernama Maya.

Dia tinggal di sebuah rumah bersama anak perempuannya. Dia pun mencari rumah hingga bertemu dengan harga yang murahnya jauh dari pasaran. Sayangnya, dia tak mengetahui jika rumah yang dia tinggali itu menyimpan kisah yang menyeramkan.

5. BUSKER (2018)

Gambar

Jika kalian mencari rekomendasi film Malaysia dengan genre romantis, silakan pilih BUSKER. Film musikal ini dibintangi oleh Daiyan Trisha, Hafeez Mikail, Anas Ridzuan, dan Lia Natalia. Secara garis besar, kisahnya berkutat pada kehidupan sekumpulan remaja pemusik jalanan yang dikenal dengan nama Busker. Mereka pun berusaha keras untuk menjadi musisi yang hebat.

Kisah mereka berawal dari Adil dan Vera yang suka bertengkar, lalu dipaksa untuk bekerja sama. Selanjutnya, Vera membuat rencana agar Adil dapat kembali bersama dengan mantannya bernama Melissa. Dia pun meminta Adil untuk ikut dalam pertandingan musik Busker. Namun, justru seiring berjalannya waktu, perasaan cinta malah tumbuh di antara mereka.

6. PASKAL (2018)

Selanjutnya, ada rekomendasi film Malaysia berjudul PASKAL. Film ini berasal dari kisah nyata Letnan Komandan Arman Anwar dari PASKAL, unit elit di Angkatan Laut Kerajaan Malaysia. Misi tim tersebut adalah menyelamatkan MV Bunga Laurel, sebuah kapal tanker yang dibajak oleh Perompak Somalia pada tahun 2011.

Dalam film ini, Letnan Komandan Arman Anwar menjabat sebagai Pasukan Khusus Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM). Diceritakan pula bahwa ayah Arman juga mengabdi sebagai militer dan meninggal saat melakukan misi. Nah, karena itulah ibu Arman tak setuju dengan pilihan Arman. Apalagi, pada sebuah misi berbahaya, ada teman Arman yang meninggal dunia dan ada pula yang dipecat. Arman pun melakukan satu misi terakhir yang akan mengubah dunia.

7. PULANG (2018)

Gambar

PULANG juga menjadi salah satu rekomendasi film Malaysia yang tak boleh kalian lewatkan. Berlatar waktu tahun 1940-an, film ini berkisah tentang orang Melayu terkenal di dunia karena keterampilan berlayar mereka. Tokoh dalam film pulang ini bernama Othman. Nelayan dari sebuah desa kecil di Malaka itu pergi meninggalkan keluarganya untuk mengarungi dunia. Dia berharap bisa meraih kekayaan dan kebanggaan.

Setelah beberapa dekade di laut, upah yang dia terima ternyata mengecewakan. Dia yang sempat berpikir untuk pulang ke rumah keluarganya pun akhirnya menetap di Liverpool, Inggris. 60 tahun kemudian, cucunya, Ahmad, melakukan perjalanan ke belahan dunia lain untuk mencari kakeknya.

8. THE GARDEN OF EVENING MISTS (2019)

Gambar

Rekomendasi film Malaysia yang selanjutnya ada film berjudul THE GARDEN OF EVENING MISTS tahun 2019 silam. Film ini adalah film drama sejarah Malaysia berbahasa Inggris tahun 2019 yang didasari dari novel berjudul sama.

Trauma akibat dampak Perang Dunia II, seorang wanita berusaha mencari pelipur lara di Cameron Highlands. Di sana, ia jatuh cinta dengan sesosok tukang kebun asal Jepang yang misterius.

9. ROH (2019)

Gambar

Film ROH juga menjadi salah satu rekomendasi film Malaysia dengan genre horor yang layak kalian tonton. Film ini menawarkan cerita dan sound effect yang bikin merinding. Secara garis besar, film ROH berkisah tentang sebuah keluarga yang terdiri dari ibu dan kedua anaknya, yakni Along dan Angah.

Mereka tinggal di tengah hutan. Anak-anak tersebut sering membuat perangkap hewan di hutan agar mereka bisa membawanya untuk menjadi bahan makanan. Cerita menyeramkan pun dimulai. Ada seorang anak perempuan yang memakai pakaian lusuh dan meramal bahwa akan ada yang mati di keluarga mereka pada bulan purnama berikutnya.

10. REVENGE OF THE PONTIANAK (2019)

Gambar

Film REVENGE OF THE PONTIANAK menjadi salah satu rekomendasi film Malaysia horor yang cukup menarik untuk ditonton. Film ini berkisah tentang sepasang calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahan di sebuah desa kecil. Mereka adalah Khalid dan Siti. Sayangnya, di desa tersebut kemudian terjadi peristiwa kematian yang mengerikan.

Ada pula kejadian supranatural yang menakutkan. Nah, ternyata, Khalid sendiri yang menjadi sosok dibalik peristiwa menakutkan tersebut. Dulu, ada seorang wanita yang dibunuh dan diperkosa hingga hamil. Kini, wanita tersebut menjadi pontianak. Pontianak itulah yang mengumpulkan semua pria di desa dan memburu mereka semua di hutan untuk dibunuh.

11. ONE TWO JAGA (2018)

Gambar

Rekomendasi film Malaysi yang lainnya ada film berjudul ONE TWO JAGA yang rilis pada tahun 2018 silam. Film ini merupakan film drama laga kejahatan Malaysia tahun 2018.

Berkisarkan tentang kisah di balik tabir kepolisian dari Polis Diraja Malaysia, yang mana ia menampilkan sisi gelap segelintir anggota yang tega mengkhianati amanah dengan menerima uang korupsi dan terjebak dalam dunia kejahatan.

12. PUSAKA (2019)

Gambar

Selanjutnya, ada rekomendasi film Malaysia berjudul PUSAKA. Film ini bercerita tentang peristiwa di rumah kosong tak berpenghuni. Tokoh dalam film ini bernama Nuar. Dia menemukan dua anak kembar bernama Baris dan Qistina yang dikurung dalam sebuah rumah kosong secara misterius tanpa diketahui sebabnya.

Selanjutnya, ada hal aneh yang menimpa orang-orang yang terkait dengan kasus tersebut. Ya, mereka mendapatkan teror berupa serangkaian penderitaan dan kejadian yang tidak bisa dijelaskan hingga masing-masing menjadi sekarat. Sebagai polisi, Nuar pun berusaha memecahkan misteri kejadian tersebut.

13. NASI LEMAK 1.0 (2022)

Gambar

Film NASI LEMAK 1.0 menjadi rekomendasi film Malaysia terbaru yang tayang tahun 2022. Film ini dirilis pada Januari 2022 lalu mengangkat genre komedi, aksi, drama, dan history. Di mana sinopsis film NASI LEMAK 1.0 berkisah tentang Hang Dua yang mendapatkan resep nasi lemak terbaik setelah melewati berbagai macam usaha.

Hang Dua berusaha mendapatkan resep nasi lemak untuk mengalahkan koki asal Cina. Akan tetapi ia kemudian masuk ke masa lalu yakni saat Kesultanan Melayu Melaka 600 tahun lalu. Meski begitu ia justru memperoleh resep nasi lemak yang tiada tandingannya. Berbagai keseruan juga tersaji dalam film NASI LEMAK 1.0 dari yang lucu hingga aksi seru.

14. THE ASSISTANT (2022)

Gambar

Film THE ASSISTANT menjadi rekomendasi film Malaysia terbaru tayang 2022 yang wajib banget kalian tonton. Film THE ASSISTANT diperankan oleh sejumlah bintang ternama seperti Hairul Azreen, Dzuhrie Alaudin, Henley Hii, Kin Wah Chew, dan lainnya.

Sinopsis THE ASSISTANT berkisah tentang petualangan mendebarkan Zafik yang merupakan seorang kriminal. Ia mendekam di balik jeruji besi karena kejahatannya. Namun hidupnya berubah saat ia bertemu Feroz. Namun sosok Feroz ini ternyata memiliki sejumlah rahasia.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi film Malaysia terbaru dan terbaik yang bisa kalian saksikan.

 

Topik Terkait