Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

20 Rekomendasi Anime Shounen Ai Terbaik yang Bikin Baper Fujoshi dan Fudanshi

Kamis, 11 Agustus 2022 13:44 WIB
20 Rekomendasi Anime Shounen Ai Terbaik yang Bikin Baper Fujoshi dan Fudanshi
Anime SEKAIICHI HATSUKOI dan KOISURU BOUKUN (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Anime shounen ai merupakan genre yang menceritakan kisah romantis antara laki-laki dan laki-laki. Pendeknya, anime ini bisa disebut dengan boy love atau BL yang menyuguhkan relasi bromance. Kisahnya yang jarang ditemukan membuat rekomendasi anime shounen ai terus dicari.

Biasanya, rekomendasi anime shounen ai seperti ini diburu oleh para fujoshi dan fudanshi. Fujoshi sendiri merupakan sebutan untuk penggemar perempuan yang menyukai karakter BL. Sementara fudanshi merupakan penggemar laki-laki yang juga menyukai genre tersebut.

Kisah di dalam rekomendasi anime shounen ai ini tak akan melulu bicara cinta. Terdapat masalah lain yang juga dimunculkan selayaknya kehidupan biasa. Nah, jika kalian penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Rekomendasi Anime Shounen Ai

Gambar

1. LOVE STAGE!!

Anime ini bercerita tentang seorang tokoh bernama Izumi Sena. Dia berasal dari keluarga aktris dan memulai debut iklan sejak masih kecil. Saat itu, dirinya menjadi bintang iklan majalah pernikahan. Namun, karena ada beberapa hal yang terjadi, Sena memutuskan untuk menjadi seniman manga.

Beberapa waktu kemudian, majalah pernikahan tersebut kembali memanggil Sena untuk tampil menjadi bintang iklan. Dia tak akan tampil sendiri, tapi ditemani oleh aktor tampan bernama Ryoua Ichijou. Kisah selanjutnya membuat LOVE STAGE!! cocok untuk masuk ke daftar rekomendasi anime shounen ai yang tak boleh kalian lewatkan.

2. SUPER LOVERS

Rekomendasi anime shounen ai selanjutnya adalah SUPER LOVERS. Anime ini bercerita tentang seorang anak bernama Haru Kaidou. Dia segera terbang ke Kanada setelah mendengar kabar bahwa sang ibu akan meninggal. Namun ternyata, ibunya hanya berbohong. Dia pun harus menjaga saudara angkat yang bernama Ren Kaidou.

Haru pun berjanji kepada Ren bahwa mereka akan bisa tinggal bersama setelah lulus. Sayangnya, nasib tragis menimpa mereka. Haru kecelakaan dan mengalami amnesia. Kisah mengharukan ini jelas tak boleh kalian lewatkan.

3. JUNJOU ROMANTICA

JUNJOU ROMANTICA merupakan series karya Shungiku Nakamura yang bercerita tentang Misaki Takahashi, seorang pelajar SMA yang sedang mempersiapkan diri untuk ujian masuk universitas. Dia pun bersiap untuk mendapatkan penghasilan agar tak menjadi beban pikiran. Akhirnya, dia meminta pekerjaan kepada teman kakaknya.

Misaki tahu bahwa pekerjaan teman kakaknya itu adalah penulis novel genre "nakal". Jelas, itu bukan pekerjaan mudah. Namun, lama-kelamaan Misaki pun mahir dalam membangun kisah nakal seperti yang diinginkan.

4. YAMI NO MATSUE

YAMI NO MAT SUE atau dikenal juga dengan judul DESCENDANTS OF DARKNESS juga jadi rekomendasi anime shounen ai yang tak boleh dilewatkan. Anime ini termasuk dalam genre fantasi, tentang seorang dewa kematian yang bernama Asato. Dia telah bekerja 70 tahun lamanya. Tapi sebagai seorang dewa kematian dia digambarkan sebagaimana berpenampilan 26 tahun. Asato mempunyai karakter yang ceria dan pekerja keras. 

Di anime ini, dewa kematian digambarkan sebagai sebuah pekerjaan yang bisa dilakukan setelah seseorang mati. Suatu ketika, Asato mendapatkan partner baru. Seorang remaja laki-laki yang meninggal di usia 16 tahun bernama Hisoka. Hisoka jadi dewa kematian di usia yang sangat muda. Sehingga, banyak perbedaan antara Asato dan Hisoka yang membuat mereka punya hubungan unik dalam bekerja. 

2. Rekomendasi Anime Shounen Ai Terbaik

Gambar

5. SEKAIICHI HATSUKOI

Jika kalian mencari rekomendasi anime shounen ai penuh permainan cinta, SEKAIICHI HATSUKOI bisa jadi jawabannya. Anime ini berisi kisah romantis khas anak sekolah. BEdanya, kisah ini dijalani oleh dua laki-laki bernama Ritsu dan Saga. Mereka berada di sekolah yang sama, tapi beda angkatan. Ritsu menyukai Saga dan selalu memperhatikannya saat di sekolah.

Tiba waktunya Ritsu menyampaikan perasaan kepada Saga saat berada di perpustakaan. Mereka jadi sangat dekat dalam menjalin hubungan di sekolah. Sayangnya, Saga tidak pernah menyatakan perasaan sebenarnya kepada Ritsu. Kisah ini pun seperti sebuah permainan cinta antara anak SMA.

6. LOVELESS

LOVELESS berkisah tentang seorang pelajar bernama Ritsuka Aoyagi yang masih berumur 12 tahun. Saat pertama masuk sekolah, dia bertemu dengan seorang pria misterius yang bernama Soubi Agatsuma. Soubi pun mengaku bahwa ia merupakan teman baik kerabat Ritsuka. Selanjutnya, mereka terlibat dalam pertempuran melawan Septimal Moon. Ritsuka menyadari bahwa Septimal Moon merupakan dalang dari kematian saudaranya.

7. AI NO KUSABI

AI NO KUSABI atau Wedge of Love berisi kisah tentang kehidupan di Planet Amoi. Di planet tersebut penyiksaan oleh satu kaum merupakan sesuatu yang legal. Orang-orang dengan rambut pirang dianggap lebih punya kekuasaan dibandingkan dengan manusia berambut hitam.

Singkatnya, para pemilik rambut hitam harus rela menjadi peliharaan para pemilik rambut pirang. Nah, fokus cerita dalam anime ini adalah tokoh bernama Riki, pemilik rambut hitam yang harus tunduk kepada Jason Mink. Riki harus menuruti kemauan Jason Mink, kaum pemilik rambut pirang dari kelas atas yang penuh pesona.

8. GIVEN

Selanjutnya di rekomendasi anime shounen ai, ada anime berjudul GIVEN. Anime ini mempunyai cerita yang cukup unik, mengenai sekelompok anak laki-laki yang membentuk sebuah band. Dalam band tersebut terdapat seorang gitaris bernama Ritsuka yang sangat berbakat. Namun suatu hal akhirnya membuat Ritsuka kehilangan semangat bermusik.

Sampai suatu ketika, Ritsuka bertemu dengan Mafuyu, seorang yang meminta diajari bermain gitar. Saat berlatih, Ritsuka kemudian mendengarkan suara Mafuyu menyanyi. Sejak saat itu, semangat Ritsuka pada musik kembali. Dia juga mengajak Mafuyu untuk bergabung di band yang dia gawangi.  

3. Rekomendasi Anime Shounen Ai yang Bikin Baper

Gambar

9. DOUKYUUSEI

Rekomendasi anime shounen ai selanjutnya berjudul DOUKYUUSEI. Tokoh dalam anime ini bernama Hikaru Kusakabe. Dia merupakan anak yang ceria sekaligus anggota yang tergabung di sebuah band rock. Pada musim panas, dia harus berpatisipasi dalam acara paduan suara bersama teman-temannya.

Dia pun bertemu dengan Rihito Sajou secara tak sengaja. Rihito merupakan anak yang sangat terkenal dan dihormati karena prestasinya yang luar biasa. Kalian akan disuguhkan dengan kisah kedekatan antara Hikaru dan Rihito yang bikin baper.

10. KOISURU BOUKUN

Cerita dalam rekomendasi anime shounen ai yang satu ini menghadirkan adegan yang cukup vulgar. Tokohnya merupakan seorang laki-laki yang sudah bertahun-tahun menyimpan rasa suka pada kakak tingkatnya. Namun, dia tahu bahwa kakak tingkatnya itu ternyata seorang homophobia. Dia menyatakan cinta dan tak digubris sama sekali. Namun kemudian ada kejadian yang membuat hubungan mereka jadi berbeda.

11. HYBRID CHILD

Selanjutnya di rekomendasi anime shounen ai yang bisa bikin baper ada anime berjudul HYBRID CHILD. Ya, anime dengan genre action ini mempunyai beberapa sisi cerita tentang hubungan sesama laki-laki yang sangat menyentuh. Dikisahkan, pada masa sejarah penjajahan.

Pada masa itu, seorang pendekar pedang melakukan perjalanan dengan sosok yang disebut hybird child yaitu sejenis boneka manusia yang punya akal dan perasaan. Sang pendekar dan hybird child jadi partner dalam berperang. Namun sebagai pendamping, mempunyai kesetiaan luar biasa bersedia menjaga partnernya mati-matian.

12. HYAKUJITSU NO BARA

Anime HYAKUJITSU NO BARA bercerita tentang kehidupan dua tentara yang berasal dari negara bermusuhan. Namun suatu kejadian akhirnya membuat mereka terlibat dalam sebuah perjanjian. Karena perjanjian itu, mereka terikat sebagai tuan dan pelayan.

Tetapi, karena berasal dari negara yang berseteru, mereka selalu menyimpan curiga satu sama lain. Mengambil latar peperangan di tahun 1918 cerita di anime cukup seru dengan menghadirkan latar tempat, waktu, dan suasana yang unik untuk diikuti.

4. Rekomendasi Anime Shounen Ai Terseru

Gambar

Rekomendasi anime shounen ai juga seru untuk ditonton di waktu luang. Keseruan anime ini tak kalah dengan genre lainnya. Berikut beberapa rekomendasi dan ulasan anime shounen ai yang terseru.

13. KYOJINZOKU NO HANAYOME

Rekomendasi anime shounen ai terseru salah satunya adalah KYOJINZOKU NO HANAYOME atau dikenal juga dengan judul THE TITAN'S BRIDE. Anime ini merupakan adaptasi dari manga dan komik yang pernah terbit di majalah daring pada 2019 silam. Kepopuleran dan keseruan ceritanya akhirnya membuat KYOJINZOKU NO HANAYOME diangkat menjadi anime seri.

KYOJINZOKU NO HANAYOME mengisahkan tentang seorang siswa SMA yang mempunyai bakat di bidang olahraga. Siswa itu bernama Mizzuki Kouichi. Dia mempunyai fisik yang kuat. Di dimensi lain tepatnya di suatu planet di luar angkasa, hidup pangeran bernama Caios Lao. Suatu hal terjadi di negeri tempat pangeran itu tinggal. Dia kemudian memanggil Mizuki untuk jadi partnernya dalam mengembalikan keadaan.

14. KIREPAPA

Anime KIREPAPA juga bisa jadi alternatif tontonan jika kalian mencari rekomendasi anime shounen ai. Anime ini bercerita tentang seorang penulis berusia 30-an tahun yang punya penampilan baby face. Dia adalah Chisato. Chisato bahkan sebenarnya sudah mempunyai seorang anak laki-laki remaja bernama Riju.

Oleh banyak orang, Chisato dinilai terlalu protektif terhadap Riju. Sehingga banyak yang salah paham. Padahal, Chisato sebenarnya mempunyai sebuah rahasia yang tidak diketahui Riju. Rahasia itu berkaitan dengan teman laki-laki Riju.

15. SASAKI MIYANO

Selanjutnya, ada anime berjudul SASAKI MIYANO sebagai salah satu rekomendasi anime shounen ai terseru. Anime ini merupakan adaptasi dari sebuah manga populer berjudul Syou Harusono. Anime ini mengisahkan tentang seorang siswa SMA bernama Miyano yang diam-diam menjadi penggemar cerita Boys Love (BL). Namun, dia memilih menyembunyikan kesukaannya itu dari semua orang.

Sampai suatu ketika, Miyano mulai berubah setelah pertemuannya dengan Sasaki. Secara perlahan, Miyano dan Sasaki mulai menjalin hubungan yang akrab. Namun tak saja tentang kisah romantisme, SASAKI MIYANO juga memberikan banyak pesan-pesan ala anime slice of life lainnya.

16. YURI ON ICE

Jika kalian mencari rekomendasi anime shounen ai dengan tema olahraga, YURI ON ICE bisa jadi pilihannya. Anime ini berkisah tentang seorang tokoh bernama Yuri Katsuki. Dia merupakan seorang skater yang sedang mengalami terjatuh lantaran sedang mengalami kekalahan. Karena itu, dia mengambil jeda untuk kariernya.

Di masa jeda itu, Yuri banyak berlatih dan meniru idolanya Viktor Nikiforov, seorang skater Rusia. Sampai suatu ketika, aksi Yuri menirukan idolanya viral dan menarik perhatian Viktor. Alhasil, ketika Viktor memutuskan pensiun, dia memilih membimbing Yuri untuk menjadi skater andal seperti dirinya. Dalam latihan demi latihan itu, mereka semakin dekat dan akrab.

5. Rekomendasi Anime Shounen Ai dengan Cerita Unik

Gambar

Anime shounen ai tak sekadar menceritakan hubungan romansa sesama tokoh laki-laki. Beberapa rekomendasi anime shounen ai juga punya cerita yang unik dan lain daripada yang lain. Berikut beberapa rekomendasi anime shounen ai yang punya cerita unik.

17. BANANA FISH

BANANA FISH merupakan anime shounen ai yang unik lantaran menghadirkan tokoh yang tak biasa. Pasalnya, anime ini menampilkan tokoh seorang anak muda Amerika-Irlandia berusia 17 tahun bernama Ash Lynx. Sehingga, watak dan karakternya jelas beda dengan orang Jepang yang biasa jadi tokoh utama anime. Ash Lynx mempunyai latar belakang yang menarik. Dia merupakan seorang anak bos mafia di Amerika. Bahkan, dirinya diproyeksikan untuk menggantikan orangtuanya kelak.

Suatu ketika, Ash Lynx menemukan sebuah misteri yang melibatkan orangtua dan petinggi di Amerika. Ash kemudian tergerak untuk memecahkan misteri itu. Dalam usaha memecahkan misteri ini, dia kemudian bertemu dengan pemuda Jepang bernama Eiji. Tanpa disangka, Eiji ternyata juga punya tujuan yang sama untuk memecahkan misteri yang ada. 

18. GRAVITATION

Jika kalian mencari rekomendasi anime shounen ai bertema musik, GRAVITATION bisa jadi pilihan yang tepat. Anime ini mengisahkan perjuangan seorang laki-laki yang ingin jadi idol pop terkenal seperti idolanya selama ini. Untuk itu, laki-laki bernama Shidou ini langsung membuat sebuah band bersama seorang temannya.

Band itu cukup sukses untuk ukuran pemula. Sayangnya, kemampuan Shidou dalam menciptakan lagu tidak berkembang. Hal ini menghambat kemajuan band mereka. Akhirnya, Shidou menemui Yuki seorang kreator manga. Dia yang kemudian membantu mereview setiap lirik yang dibuat Shidou. 

19. UMIBE NO ETRANGER

UMIBE NO ETRANGER bercerita tentang Mio Chibana, seorang remaja yang baru saja menjadi yatim piatu. Suatu ketika, Mio berjumpa dengan seorang penulis novel bernama Shun. Sejak saat itu, keduanya jadi dekat dan akrab. Sayangnya, Mio harus pindah ke luar kota untuk melanjutkan studi. Keduanya akhirnya berjanji untuk tetap saling berhubungan. Sayangnya, Mio justru seolah menghilang tanpa kabar. Sehingga, hati Shun terus dipenuhi kegalauan.  

20. HATORIJIME MY HERO

Rekomendasi anime shounen ai ini bercerita tentang siswa SMA bernama Masahiro Setagawa. Masahiro menjadi seorang korban bully. Dia dijadikan pesuruh oleh sekelompok pembully. Sampai suatu ketika, Masahiro diselamatkan oleh Kousuke. Sejak saat itu, Masahiro menganggap Kousuke sebagai pahlawannya. Lantaran merasa aman, Masahiro ingin selalu berada di dekat Kousuke. Perlahan, hubungan romansa tumbuh di antara mereka.

KLovers, itulah beberapa judul rekomendasi anime shounen ai terbaik yang bisa bikin baper.