‘D.P' Drama Korea yang Punya Cerita Tentang Kebusukan Anggota Militer

Editor KapanLagi.com   | Selasa, 31 Agustus 2021 16:20 WIB
‘D.P' Drama Korea yang Punya Cerita Tentang Kebusukan Anggota Militer
D.P (Credit: Instagram.com/netflixkr)

Kapanlagi.com - D.P merupakan series terbaru dari Netflix yang baru saja dirilis pada 27 Agustus 2021 lalu. D.P sendiri adalah singkatan dari Deserter Pursuit yang merupakan nama dari sebuah unit khusus Angkatan Darat untuk melacak para tentara yang mangkir dari kewajibannya. Kisah dari drama ini ternyata diangkat dari Webtoon berjudul D.P: Dog Days karya Kim Bo-tong. Sang sutradara berkerja sama dengan Kim Bo Tong untuk menulis naskah drama ini agar penonton yang menyaksikan tetap dapat merasakan ketegangan saat mereka membaca versi komiknya.

Bukan hanya untuk melacak para tentara yang mangkir dari tugasnya, D.P juga menceritakan tentang konflik batin yang dihadapi oleh tokoh utama yang pastinya akan menarik perhatian para penonton. Tim khusus D.P harus sangat berhati-hati dalam menjalankan misinya agar tidak ada yang mencurigai kegiatan mereka. Suasana mencekam akan selalu menyelimuti para penonton atas adanya beberapa adegan saat pengejaran kepada beberapa anggota tentara.

D.P menggandeng aktor ternama yang telah beberapa kali membintangi banyak serial drama Korea maupun film yakni Jung Hae In. Pria tampan ini menjadi pemeran utama sebagai tentara yang ditugaskan di unit D.P untuk menginvestigasi para tentara melakukan AWOL (pergi tanpa izin). Tak seperti di drama Korea sebelumnya yang menampilkan sebagai pria romantis, kali ini Jung Hae In akan menjadi sosok tentara yang tegas serta jeli dalam menjalankan tugasnya.

Siapa yang tidak penasaran dengan series Netflix yang satu ini? Salah satu series drama Korea yang ditayangkan langsung hingga episode terakhir. Berikut beberapa informasi di dalam drama Korea D.P.

1. Pemeran Dalam Drama Korea D.P

Jung Hae In merupakan karakter utama yang memerankan pria muda bernama An Jun Ho. Ia memiliki tingkat kesabaran tinggi yang berbeda dari tokoh lainnya. Sosok An Jun Ho diketahui paling patuh terhadap aturan dan tidak pernah melakukan pelanggaran. Kecerdasannya yang mampu mengendalikan emosi, ia dapat menyelesaikan berbagai rintangan saat melakukan pengejaran terhadap para tentara desertir.

Bukan hanya Jung Hae In, aktor yang sering kali membintangi beberapa drama Korea, Koo Kyo Hwan juga berpartisipasi dalam drama ini. Ia berperan sebagai Han Ho Yeol yang merupakan tentara senior An Jun Ho yang sama-sama ditugaskan untuk menangkap para pembelot militer. Han Ho Yeol banyak memberikan informasi tentang tata cara investigasi kepada An Jun Ho agar tidak terlihat gegabah dan sukses dalam menjalankan misi. Kedua orang tersebut akan memperlihatkan kerja tim yang hebat sehingga para penonton akan dibuat kagum dengan aksi mereka.

Aktor berikutnya adalah Kim Sung Kyun yang berperan sebagai Park Beom Gu yang merupakan seorang kepala unit D.P. Sosoknya dibuat menyebalkan namun tetap bertanggung jawab atas posisinya, pasalnya ia sering kali mengomel kepada bawahannya An Jun Ho dan Han Ho Yeol sehingga kedua orang itu bekerja di bawah tekanan.

Kemudian ada Son Suk Ku yang memerankan tokoh Im Ji Seop yang merupakan lulusan akademi militer elit di Korea sekaligus ia menjabat sebagai Komandan Polisi Militer. Tokoh Im Ji Seop hadir untuk mengacaukan unit khusus D.P, karena ia terlalu fokus terhadap pekerjaannya sendiri dan tidak pernah mengakui adanya unit khusus D.P.

2. Jalan Cerita

D.P mengisahkan tentang pengangkatan anggota baru militer, An Jun Ho yang belum terbiasa dengan dunia militer. Terlihat anggota baru ini mengalami kesulitan dalam beradaptasi dalam dunia militer, namun An Jun Ho langsung dipilih masuk ke dalam tim khusus D.P. Di mana tim khusus ini akan menjalankan misi yang cukup berat.

Ia dituntut profesional pada pekerjaannya walaupun selalu dihadapkan dengan konflik batin yang dilakukan oleh atasan maupun seniornya. Meski merupakan anggota baru, namun An Jun Ho tidak terlihat amatiran karena ia langsung dikenal sebagai seseorang yang mempunyai tingkat observasi yang tinggi. Keuletannya dalam mengolah data serta kejeliannya dalam menangani beberapa kasus membuat nama An Jun Ho semakin dipercaya oleh atasannya, sehingga membuat tim khusus D.P mampu menyelesaikan tugas dengan sangat cepat.

3. Adegan Penuh Siksaan

Tak heran drama ini dikhususkan bagi penonton dewasa, karena akan banyak menghadirkan adegan penyiksaan untuk menghukum para tentara yang telah tertangkap. Adegan penyiksaan tersebut akan diperlihatkan secara brutal, jika penonton tidak bisa melihat adengan kekerasan seperti itu, maka akan mempengaruhi mentalitas mereka. Sehingga sangat tidak disarankan bagi penonton di bawah umur untuk menikmati drama Korea yang satu ini.

Walaupun disajikan dengan adanya adegan penyiksaan, namun sang sutradara juga menghadirkan beberapa adegan seru agar tidak membuat para penonton bosan dan meninggalkan sebelum menyaksikannya hingga episode terakhir. Benar saja, adegan-adegan seru itu terdapat pada cara tim khusus D.P untuk melacak keberadaan para penghianat militer. Menariknya, misi pelacakan tersebut dikemas dengan begitu cantik sehingga tidak akan pernah dicurigai oleh siapapun.

4. Drama Korea Lain Dengan Tema Militer

Yang pertama ada DESCENDANTS OF THE SUN yang telah booming pada tahun 2016 lalu bergenre komedi serta romantis dengan 16 episode. Drama ini dibintangi oleh aktor ganteng Song Joong Ki dan Jin Goo serta aktris cantik Song Hye Kyo dan Kim Ji Won. DOTS mengisahkan perjuangan cinta oleh seorang kapten tim tentara dengan seorang dokter profesional.

Berikutnya adalah CRASH LANDING ON YOU yang dirilis pada akhir 2019 lalu, sama seperti DOTS yang menyajikan kisah cinta seorang anggota militer. Namun, kisah cintanya harus terhalang oleh negara yang saling bermusuhan. Sang pria yang merupakan anggota militer di Korea Utara yang menjunjung tinggi harga diri negaranya harus terlibat percintaan dengan seorang wanita kaya raya asal Korea Selatan. Drama ini dibintangi oleh Hyun Bin dan Son Ye Ri serta beberapa aktor terkenal lainnya.

Yang terakhir ada SEARCH, ya drama Korea yang dibintangi oleh Krystal Jung tentang misi pengungkapan kasus misterius yang terjadi pada anggota tim militernya. Drama tayang pada 2020 lalu dengan membawa beberapa aktor tampan dan berbakat seperti Jang Dong Yoon dan Lee Hyun Woo. Tidak seperti DOTS dan CLOY, drama ini tidak akan menghadirkan kisah percintaan, namun hanya akan fokus kepada misi pencarian makhluk misterius yang telah menghantui para pasukan militer.

Artikel ini ditulis oleh: Vici Erta

 

Editor:   Editor KapanLagi.com