Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

'MOUSE' dan 'STRANGER FROM HELL' Drama Korea yang Punya Cerita Tentang Orang Dengan Jiwa Psikopat

Editor KapanLagi.com   | Sabtu, 28 Agustus 2021 20:55 WIB
'MOUSE' dan 'STRANGER FROM HELL' Drama Korea yang Punya Cerita Tentang Orang Dengan Jiwa Psikopat
SFH & Mouse (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Para penikmat serial drama Korea pasti tak asing dengan tvN dan OCN yang biasa menayangkan serial drama atau film. Keduanya banyak baru-baru ini menjadi topik perbincangan masyarakat atas keberhasilan untuk merilis drama-drama yang memakan banyak biaya dah bahkan sering kali dibintangi oleh banyak aktris maupun aktor yang berbakat. Walaupun keduanya sama-sama bukan merupakan stasiun TV besar di Korea, namun keduanya mampu menciptakan nuansa baru untuk menghiasi serial drama dan filmnya.

Kali ini kita akan membahas mengenai serial drama Korea bergenre thriller yang ditayangkan oleh channel tvN dan OCN. Menariknya, dua serial drama Korea ini membawa nama aktor besar Korea Selatan sebagai pemeran utama. Ya, kali ini serial drama Korea yang kita bahas adalah STRANGER FROM HELL yang ditayangkan oleh OCN pada tahun 2019 lalu dan MOUSE yang dirilis oleh tvN pada awal tahun 2021.

Kedua serial drama Korea ini diproduksi dengan sangat apik sehingga banyak menyita perhatian netizen Korea maupun Internasional atas ketegangan yang dirasakan saat menyaksikan keduanya. Bukan hanya menegangkan, tetapi juga akan menguras emosi saat menontonnya. Serta memiliki plot twist yang sama sekali ditebak jika kita menontonnya hingga akhir episode.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Buat KLovers yang ingin bosan dengan drama bergenre romance mungkin kedua serial ini bisa masuk dalam list must watch kamu.

1. Pemeran Utama

Gambar

Sebelum merilisi episode pertama, STRANGER FROM HELL digadang-gadang akan menjadi serial drama Korea yang menarik. Pasalnya, serial drama ini membawa nama Lee Dong Wook dan Im Siwan untuk menjadi tokoh utama. Nama Lee Dong Wook yang saat itu masih hangat diperbincangkan oleh masyarakat atas keberhasilannya dalam membintangi serial drama Korea GOBLIN dengan rekannya Gong Yoo pada tahun 2016 lalu. Sedangkan Im Siwan yang juga merupakan member boy grup ZE:A, juga pernah beberapa kali membintangi beberapa serial drama Korea seperti THE MOON THAT EMBRACES THE SUN dan RUN ON yang dirilis pada akhir tahun 2020.

MOUSE menyeret aktor tampan dan juga berbakat, Lee Seung Gi sebagai pemeran utama yang sudah beberapa kali banyak membintangi banyak serial drama Korea. Belum lama ini Lee Seung Gi pernah membintangi serial drama Korea VAGABOND bersama aktris cantik Suzy pada 2019 lalu. Lee Seung Gi yang biasa memerankan pada drama atau film action, kali ini ia harus bermain peran sebagai psikopat yang sangat kejam. Ada juga member boy grup yang membintangi drama ini yaitu P.O Block B yang terkenal kocak atas variety show yang ia bintangi bersama Kyuhyun Super Junior. Dalam drama ini ia harus menjadi detektif muda untuk membantu mengusut kasus-kasus yang ada pada drama ini dengan gayanya yang tengil dan ceroboh.

2. Jalan Cerita

Gambar

Kedua serial drama Korea ini memiliki jalan cerita yang sama yaitu mengungkap kasus-kasus pembunuhan yang dilakukan oleh psikopat. Yang membuat drama ini semakin menegangkan adalah para pemeran mampu membawakan aktingnya dengan sangat baik sehingga dapat menciptakan suasana yang mencekam. Namun, tahukah kamu dibalik keberhasilan kedua serial drama Korea ini, ternyata ceritanya diangkat dari platform komik online yaitu webtoon dan kisah nyata dari orang yang memiliki jiwa psikopat di Korea.

Benar saja, STRANGER FROM HELL merupakan serial drama yang diangkat dari webtoon yang ditulis oleh Kim Yong Ki. Kemudian cerita ini diolah menjadi drama yang disutradarai langsung oleh Lee Chang Hee, ia bekerja sama dengan penulis asli komik ini agar kesan yang didapat saat membaca komik tersebut dapat terbawa hingga ke dalam drama.

Tak kalah menegangkan, MOUSE juga terinspirasi dari kisah nyata seseorang yang melakukan pembunuhan di sebuah SD di Korea Selatan. Sang penulis naskah menginginkan kisah tersebut diangkat ke dalam drama ini. Drama ini disutradarai oleh Choi Ran yang terkenal sebagai sutradara dengan plot twist yang mencengangkan mampu mengemas keinginan sang penulis dengan sangat rapi.

3. Setting Tempat

Gambar

Setting tempat yang digunakan oleh drama STRANGER FROM HELL adalah di sebuah asrama bernama "Eden Gosiwon" di mana mempunyai penghuni yang misterius. Asrama Eden tersebut berada di sebuah permukiman padat penduduk yang menawarkan harga murah. Namun, siapa sangka banyak penghuni aneh serta keseluruhan penghuni di dalamnya memiliki jiwa psikopat. Seperti pemilik asrama yang memiliki latar belakang di luar dugaan. Begitu pula sang tokoh utama, yaitu Lee Dong Wook yang berpenampilan meyakinkan tetapi memiliki begitu banyak rahasia di belakangnya.

Sementara MOUSE kebanyakan memakai setting tempat di sebuah Kantor Polisi karena tokoh utama merupakan anggota detektif dan di Rumah Sakit di mana yang merupakan tempat bekerja seorang dokter yang dicurigai sebagai pembunuh. Namun untuk lokasi pembunuhan sangat beragam dan sungguh di luar dugaan.

4. Rating

Gambar

STRANGER FROM HELL mengalami penurunan rating setiap episode yang telah ditayangkan. Hal tersebut disebabkan atas banyaknya adegan penyiksaan dan pembawaan drama ini yang dinilai menjijikan karena keseluruhan setting dilakukan di sebuah penginapan yang usang dan ditempati oleh penghuni yang jorok. Tak heran, para penonton lebih menikmati jalan ceritanya versi komik daripada versi drama.

Lain halnya dengan MOUSE, rating drama ini justru tercatat konsisten naik setiap kali mengeluarkan episode baru. Walaupun sama-sama mempunyai adegan yang brutal, namun kepintaran sang sutradara sangat berpengaruh dalam rating drama ini, karena banyak penonton yang dibuat penasaran akan episode berikutnya, sehingga membuat para penonton tidak meninggalkan drama ini dan ratingnya terus naik. 

5. Drama Korea Dari Kisah Nyata

Gambar

Tak hanya MOUSE yang diangkat dari kisah nyata, TAXI DRIVER merupakan drama yang diangkat dari kisah nyata. Seperti adegan penganiayaan karyawan yang dilakukan oleh CEO perusahaan WeDisk bersama anak buahnya. Ada pula kasus pedofil yang telah banyak melakukan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur yang bebas dari hukum.

Sama-sama memiliki genre thriller, namun TAXI DRIVER cenderung memiliki jalan cerita tentang pembalasan dendam. Drama ini dibintangi oleh Kim Je Hoon dan Lee Eui Sung yang merupakan aktor berbakat yang telah banyak memainkan drama maupun film Korea. Drama ini memiliki rating jauh lebih tinggi dibandingkan STRANGER FROM HELL dan MOUSE.

 Artikel ini ditulis oleh: Vici Erta

 

Editor:   Editor KapanLagi.com