9 Seleb Korea Sukses Bikin Label dan Agensi Sendiri, Sampai Rela Tinggalkan Group

Rabu, 20 Mei 2020 17:44 WIB
9 Seleb Korea Sukses Bikin Label dan Agensi Sendiri, Sampai Rela Tinggalkan Group

Kapanlagi.com - Dunia K-Pop belakangan memang banyak diminati masyarakat Indonesia terutama kalangan anak muda. Tak terkecuali para idol yang miliki paras tampan dan rupawan. Berbagai dukungan untuk idola mereka kerap ditunjukkan oleh para penggemar salah satunya saat idol K-Pop berjuang mendirikan agensi mereka sendiri.

Seperti yang diketahui berkarir di industri hiburan Korea Selatan tanpa naungan dari sebuah agensi akan terasa sulit. Sebab, para idol tersebut harus berjuang mendapatkan nama di dunia hiburan untuk dapat bersaing dengan idol lainnya. Tentu hal yang wajar jika seiring munculnya idola baru dalam dunia K-Pop pasti memiliki agensi yang membawahinya.

Sebut saja seperti BTS yang berada di agensi Big Hit Entertainment, BLACKPINK di bawah naungan YG Entertainment, serta group lainnya yang miliki agensi terkenal. Para idol K-Pop ini juga miliki masa kontrak dengan agensi pengusung nama mereka. Jika masa kontrak sudah habis tentu saja pihak agensi akan memberikan pilihan untuk melanjutkan ataupun memilih mengakhirinya.

Beberapa idol K-Pop miliki pilihan masing-masing untuk menentukan hal tersebut. Sebagian besar memang memilih memperpanjang masa kontrak. Namun ada juga yang mengakhirinya dan bersolo karir dengan membangun agensi dan label sendiri.

Terasa sulit memang berjuang membangun sebuah agensi sendiri. tapi siapa sangka ada juga idol K-Pop yang sukses bikin label mereka. Para fans K-Pop pun tetap setia dan memberikan dukungan penuh untuk idola mereka.

Penasaran dengan sederet idol K-Pop yang pilih dirikan agensi sendiri dan sukses? Intip nih beberapa ulasan idol K-Pop yang sukses bikin label serta agensi.

1 dari 9 halaman

1. Kang Daniel

Kang Daniel (credit: Instagram.com/daniel.k.here/)
Nama idol K-Pop satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga penggemar K-Pop. Ya, Kang Daniel menjadi salah satu idol K-Pop yang sukses bikin agensi sendiri. Seperti yang diketahui sebelum bersolo karir lewat agensinya, Kang Daniel merupakan mantan member Wanna One yang resmi membubarkan diri pada tahun 2019.

Setelah keluar dari Wanna One, Kang Daniel bersolo karir lewat agensinya sendiri yang diberi nama KONNECT Entertainment. Nama tersebut berasal dari kata 'Korea' dan 'Connect' yang memiliki maksud agar dapat menghubungkan Korea ke seluruh dunia.

Agensi besutannya ini diketahui hanya menaungi satu artis saja yakni dirinya sendiri. tentu saja keputusan tersebut mendapat dukungan dari penggemarnya. Apalagi debut solo pertamanya lewat KONNECT Entertainment telah sukses di industri musik Korea Selatan.

2 dari 9 halaman

2. Zico

Zico (credit: Instagram.com/woozico0914/)
Zico yang populer dengan lagunya berjudul Any Song ini juga rela tinggalkan group dan bikin agensi sendiri. Zico sebelumnya sempat menjadi member boygroup Block B pada tahun 2011. Kemudian ia memilih untuk bersolo karir dan keluar dari group tersebut.

Pasca keluar dari Block B, Zico memulai mendirikan agensinya yang diberi nama KOZ Entertainment pada tahun 2019. Nama tersebut merupakan singkatan dari 'King of The Zungle'. Mendirikan agensi sendiri Zico berharap dapat membawa artis dan bakat baru ke perusahaannya.

3 dari 9 halaman

3. Jay Park

Jay Park (credit: Instagram.com/jparkitrighthere/)
Rapper populer Jay Park melengkapi daftar sebagai idol KPop yang sukses bikin agensinya. Jay Park yang sempat berada di bawah naungan JYP Entertainment ini memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dan membangun label hip hopnya dengan nama AOMG pada tahun 2013.

Label ini menaungi banyak rapper korea berbakat seperti Loco, Gray, Hoody, Cha Cha Malone, Simon Dominic dan lain sebagainya. Tentunya kesuksesan Jay Park membangun agensinya merupakan hasil dari perjuangan serta kerja keras Jay Park hingga seperti saat ini.

4 dari 9 halaman

4. Highlight

Highlight (credit: Instagram.com/chinitos_fans_mx/)
Highlight yang sebelumnya bernaung di bawah agensi Cube Entertainment telah mendirikan agensi sendiri dengan nama Around Us Entertainment pada tahun 2016. Agensinya ini dibangun dengan dana dari para anggotanya. Diketahui para anggota highlight miliki 51 persen saham dalam agensi mereka.
5 dari 9 halaman

5. Hyolin

Hyolin (credit: Instagram.com/xhyolynx/)
Hyolin menjadi salah satu idol perempuan yang juga bikin agensi sendiri setelah memutuskan mengakhiri masa kontraknya dengan Starship Entertainment. Mantan anggota SISTAR ini bikin agensi dengan nama 'Brid3' yang dibaca 'Bridge'. Nama tersebut dimaksudkan untuk memberikan jembatan berupa musik agar saling berkomunikasi dengan penggemar.
6 dari 9 halaman

6. Hyun Bin

Hyun Bin (credit: Instagram.com/hyunbin_actor/)
Nama Hyun Bin pastinya sudah tidak asing lagi sejak membintangi drama berjudul CRASH LANDING ON YOU awal tahun lalu. Namun siapa sangka ternyata Hyun Bin bikin agensi sendiri yang diberi nama VAST Entertainment yang bekerja sama dengan CEO Kang Kun Taek. Hyun Bin menjadi salah satu seleb Korea Selatan yang sukses bikin agensi tersebut pada tahun 2016.
7 dari 9 halaman

7. Rain

Rain (credit: Instagram.com/rain_oppa/)
Aktor utama film FULL HOUSE yakni Rain tak kalah bikin agensi sendiri dengan nama J. Tune Entertainment. Agensi ini dibangun pada tahun 2007 dan sukses hingga saat ini. Bahkan agensi Rain telah banyak menaungi artis populer seperti MBLAQ, Two X, MADTWON.
8 dari 9 halaman

8. PSY

PSY (credit: Instagram.com/multiasialyrics/)
PSY yang populer dengan lagu berjudul Gangnam Style pernah berada di agensi YG Entertainment. Namun PSY mengakhiri masa kontraknya dan mendirikan agensi sendiri dengan nama P Nation. Diantara artis yang berada di bawah naungan agensi PSY seperti Jessi, Hyuna, E'Dawn.
9 dari 9 halaman

9. Henry Lau

Henry Lau (credit: Instagram.com/henryl89/)
Penyanyi solo yang sempat berada di bawah agensi S.M Entertainment tersebut telah memutuskan kontraknya. Kabar terbarunya Henry Lau mendirikan agensi sendiri dengan nama One-man agensi. Diketahui Henry akan berfokus di China dan berpromosi di sana sebagai penyanyi solo.

Nah itulah 9 idol dan seleb Korea Selatan yang sukses bikin agensi sendiri. Meskipun ada yang rela tinggalkan group namun mereka sukses dan berhasil melewati masa sulit di dunia hiburan.

(kpl/nlw)