Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

9 Idol K-Pop Ini Putuskan Jadi CEO dan Berkarier di Agensinya Sendiri

Editor KapanLagi.com   | Jum'at, 02 Oktober 2020 16:50 WIB
9 Idol K-Pop Ini Putuskan Jadi CEO dan Berkarier di Agensinya Sendiri
ZICO © twitter.com/KOZ_Entofficial, Hyolin © instagram.com/xhyolynx, dan Kang Daniel © twitter.com/konnect_danielk

Kapanlagi.com - Perjalanan karier seorang idol tidak selalu mulus seperti yang diharapkan. Bahkan idol yang debut di agensi besar pun tak selalu menjamin kelancaran karier mereka. Terkadang ada saja masalah atau ketidakcocokan antara idol dan agensi tersebut. Seperti masalah kontrak, selera musik yang kurang cocok, hingga kurangnya perhatian agensi kepada idol yang dinaunginya.

Seperti beberapa idol berikut yang akhirnya memutuskan untuk membangun label musik dan berkarier di agensinya sendiri. Meski masih muda, para CEO ini berani ambil risiko. Mereka berharap bisa lebih berkembang secara mandiri dan bebas berkarya sesuai dengan selera musik, juga kemauan mereka.

Siapa saja idol yang menjadi CEO dan berkarier di agensinya sendiri? Yuk kita cari tahu bareng-bareng!

1. ZICO - KOZ Entertainment

Gambar

ZICO mengawali karirnya pada tahun 2011 bersama boy group Block B di bawah naungan agensi Seven Season. Leader sekaligus produser dalam grupnya ini juga sukses dalam berkarier solo. Namun saat kontraknya dengan sang agensi berakhir pada 23 November 2018, ZICO memutuskan untuk hengkang dari Seven Season. Ia mendirikan agensinya sendiri yaitu KOZ Entertainment pada awal 2019 dengan ZICO dan DVWN sebagai artisnya. Kariernya pun semakin naik sebagai penyanyi solo, terlebih saat ia merilis Anysong pada awal tahun 2020. Ia berhasil menduduki peringkat 4 di Billboard pada minggu pertama dengan penjualan 1000 kopi. Bahkan challenge #AnySongChallenge yang dipopulerkan olehnya pun menjadi viral dan banyak diikuti oleh kalangan selebriti.

2. Kim Sohye - S&P Entertainment

Gambar

S&P Entertainment atau Shark and Penguin Entertainment adalah agensi yang didirikan oleh Kim Sohye eks I.O.I dan keluarganya. Idol jebolan PRODUCE 101 ini sebelumnya bergabung dengan Red Line Entertainment, agensi yang melatih aktor dan aktris. Kini di bawah agensinya sendiri, ia dipromosikan sebagai idol dan aktris. Selain itu, agensi melakukan berbagai hal untuk mempromosikannya, termasuk membuka bisnis kafe yaitu Penguin Cafe. Hal ini dilakukan agar S&P Entertainment dan Kim Sohye bisa lebih dekat dengan para penggemarnya.

3. Ravi - GROOVL1N

Gambar

Ravi merupakan anggota dari boy group VIXX yang sebelumnya berada di bawah naungan Jellyfish Entertainment. Namun pada tanggal 24 Mei 2019, sang agensi mengumumkan bahwa Ravi tidak akan memperpanjang kontraknya. Ia memilih hengkang dari agensi karena ingin mendirikan label musiknya sendiri. Idol kelahiran tahun 1993 ini akhirnya mendirikan label rekaman hip-hop bernama GROOVL1N, yang merupakan perpaduan dari dua kata 'Groove' dan 'Goblin' atau bermakna 'orang-orang hebat dari timur'. Selain Ravi, kini ada 3 artis lainnya yang  menaungi agensi tersebut yaitu Xydo, Cold Bay, dan Chillin Homie.

4. ONE - Private Only

Gambar

ONE yang memiliki nama asli Jung Jaewon ini memulai karirnya dengan debut bersama duo 1PUNCH, sebuah proyek kerjasama dari Brave Entertainment dan D-Business Entertainment. Namun duo hip-hop tersebut hanya bertahan selama 8 bulan dikarenakan ONE yang bergabung dengan YG Entertainment dan memulai kariernya sebagai penyanyi solo. Meskipun sudah debut di agensi besar, tidak menjamin bahwa kariernya akan terus berjalan dengan mulus. Lelaki yang sudah berada di YG selama 4 tahun ini akhirnya memutuskan untuk hengkang pada Juli 2019. Ia memilih untuk mandiri dengan mendirikan label musiknya yaitu Private Only. Di bawah manajemennya sendiri, ONE sudah merilis album pertama yang bertajuk PRVT 01 pada akhir 2019.

5. Hyolyn - Bridg3

Gambar

Setelah hengkang dari Starship Entertainment, Hyolyn tidak masuk ke agensi manapun dan lebih memilih untuk mendirikan label musiknya sendiri. Pada tahun 2017 lalu, mantan member Sistar ini mengungkap bahwa agensi yang ia dirikan bernama Brid3 atau Bridge. Brid3 memiliki makna bahwa dirinya ingin membuat jembatan untuk berkomunikasi dengan banyak orang dan menampilkan banyak variasi musik.

6. Jay Park - AOMG

Gambar

AOMG atau akronim dari Above Ordinary Music Group merupakan agensi yang didirikan Jay Park pada tahun 2013. Namun sebelum itu, ternyata rapper sekaligus penulis lagu ini adalah leader dari boy group asal JYP Entertainment yaitu 2PM. Ketika 2PM sedang menarik banyak perhatian publik di awal karirnya, Jay Park malah tersandung skandal akibat unggahan lamanya di sosial media. Karena hal itu, ia akhirnya dikeluarkan dari grup dan memilih kembali ke Amerika. Tetapi siapa yang menyangka, lelaki bernama asli Park Jae Beom kini sukses dengan agensi yang telah ia dirikan. Ia pun berhasil menggandeng artis lain seperti Simon Dominic, Loco, Gray, Hoody, dan Lee Hi.

7. Highlight - Around Us Entertainment

Gambar

Usai tinggalkan Cube Entertainment pada November 2016, Highlight yang sebelumnya bernama Beast ini akhirnya memutuskan untuk membentuk label musik sendiri. Kelima membernya yaitu Dujun, Gikwang, Yoseob, Junhyung, dan Dongwoon menjadi CEO dari agensi yang mereka dirikan yaitu Around Us Entertainment. Meskipun di tahun 2016 Junhyung memutuskan hengkang dari grup karena terlibat skandal, Highlight tetap berjalan bersama 4 member yang tersisa. Bahkan kini Around Us telah memiliki beberapa trainee yang sempat berpartisipasi dalam ajang survival PRODUCE X 101. 

8. Kang Daniel - KONNECT Entertainment

Gambar

Setelah konfliknya dengan agensi LM Entertainment menemukan titik akhir, Kang Daniel memutuskan untuk mendirikan label musik sendiri pada tahun 2019. Ia mempertimbangkan dari berbagai sisi bahwa agensi pribadi akan lebih fokus dan efektif dalam pekerjaannya. Sangat cocok untuk membantu idol kelahiran 96 ini dalam melakukan promosi sebagai penyanyi solo. KONNECT Entertainment, nama agensi yang didirikannya merupakan akronim dari 'Korea' dan 'Connect', yang berarti Kang Daniel berencana menjadi penghubung Korea dengan dunia, lewat aktivitasnya di dunia hiburan

9. Lai Guanlin - Xiamen Youlin Culture Media Corporation

Gambar

Alami hal yang sama dengan Kang Daniel, Guanlin juga dihadapi konflik dengan agensi pertama yang menaunginya yaitu CUBE Entertainment. Meski konflik tersebut belum selesai, Mantan personil Wanna One ini dikabarkan telah menandatangani kontrak dengan agensi China yaitu Xiamen Youlin Culture Media Corporation.

Diduga agensi tersebut adalah agensi pribadi yang didirikan olehnya bersama sang ibu sebagai co-founder dan pemegang saham terbesar. Hal ini diperkuat saat Guanlin yang bepergian lewat bandara dan memegang tiket bertuliskan CEO. Para penggemar pun semakin yakin bahwa berita itu benar adanya, karena setelah ditelusuri tidak ada maskapai yang bernama CEO.

Meski masih muda, para idol tersebut berani ambil resiko dan mengambil langkah mandiri untuk berkembang sesuai dengan kemauannya. So proud!

Ditulis oleh: Fitri Mardiana

Editor:   Editor KapanLagi.com