9 K-Pop Sub-Unit Ini Gak Kalah Sukses Dengan Grup Asalnya, Siapa Saja?

Gogor Subyakto | Jum'at, 17 Mei 2019 16:48 WIB
9 K-Pop Sub-Unit Ini Gak Kalah Sukses Dengan Grup Asalnya, Siapa Saja?

Kapanlagi.com - G-Dragon & T.O.P Big Bang serta TaeTiSeo merupakan dua sub-unit yang begitu sukses seperti grup utama mereka. Bahkan, bisa dibilang mereka juga menghadirkan warna musik yang begitu berbeda.

Biasanya, sub-unit memang menghadirkan member lebih sedikit dari grup utama mereka. Selain itu, konsep, gaya serta musik yang dibawakan memang sama sekali tidak sama seperti biasanya.

Nah, selain GD & TOP serta TaeTiSeo, masih ada sederet sub-unit lainnya yang gak kalah sukses dan memberikan ciri khas mereka tersendiri. Kira-kira ada siapa saja ya?

 

1 dari 9 halaman

1. TaeTiSeo

TaeTiSeo Credit: via koreaboo.com
Pertama ada sub-unit dari Girls Generation yakni TaeTiSeo. Sesuai dengan namanya grup ini beranggotakan Taeyeon, Tiffany dan Seohyun. Mereka hadir dengan genre musik yang cukup berbeda dari Girls Generation. Selain itu, tentu saja mereka juga nggak kalah sukses!
2 dari 9 halaman

2. CBX

CBX Credit: via koreaboo.com
Kali ini ada CBX yang merupakan sub-unit dari grup populer yakni EXO. Sama seperti TaeTiSeo, CBX juga diambil inisial nama para member yaitu Chen, Baekhyun dan Xiumin. Awal kabar unit ini akan muncul, para EXO-L (fandom EXO) langsung dibuat antusias.
3 dari 9 halaman

3. Orange Caramel

Orange Caramel Credit: via koreaboo.com
Kali ini ada After School yang memang memiliki cukup banyak sub-unit untuk mencocokkan setiap member mereka. Namun, unit Orang Caramel memang lebih sukses dan populer dari yang lain. Beranggotakan tiga member, mereka selalu menghadirkan konsep unik dan tak biasa.
4 dari 9 halaman

4. Super Junior K.R.Y

Super Junior K.R.Y Credit: via koreaboo.com
Super Junior juga merupakan grup yang memiliki cukup banyak sub-unit. Namun, yang tak bisa dilupakan adalah unit pertama di sepanjang sejarah musik K-Pop yakn K.R.Y. Grup ini berisikan para member dengan vocal menakjubkan yakni Kyuhyun, Yesung dan Ryeowook.
5 dari 9 halaman

5. GD & TOP

GD & TOP Credit: via koreaboo.com
Yup, kali ini ada G-Dragon & TOP yang berkolaborasi dalam sebuah unit duo dari Big Bang. Terbentuk di tahun 2010, kehadiran mereka pun langsung disambut meriah oleh fans dan pecinta K-Pop. Bahkan album pertama mereka sempat mendapat penghargaan Album of The Year di Korea Selatan.
6 dari 9 halaman

6. Sistar19

Sistar19 Credit: via koreaboo.com
Buat pecinta K-Pop tentu tak asing dengan nama grup SISTAR. Meski kini sudah bubar, girl group tersebut selalu sukses comeback di momen musim panas. Nah, mereka juga memiliki sub-unit yakni Sistar19 dengan dua anggota yakni Hyolyn dan Bora.
7 dari 9 halaman

7. Infinite H

Infinite H Credit: via koreaboo.com
Hoya memang kini sudah tak lagi menjadi member dari Infinite. Namun, saat dirinya masih aktif bersama mereka, Hoya pernah masuk dalam unit Infinite H bersama dengan Dongwoo. Debut pada tahun 2013, unit duo yang satu ini mendapatkan respon yang begitu baik dari fans mau pun publik.
8 dari 9 halaman

8. ToHeart

ToHeart Credit: via koreaboo.com
Kalau sub-unit yang satu ini sangatlah unik. Pasalnya, kedua member yang terlibat berasal dari dua grup dan agensi yang berbeda. Mereka adalah Key SHINee dan Woohyun Infinite. Namun mereka sukses hadirkan musik yang menarik serta penampilan kece di atas panggung.
9 dari 9 halaman

9. LR

LR Credit: via koreaboo.com
Terakhir ada sub-unit dari grup VIXX yakni LR. Seperti sebelumnya, nama mereka diambil dari inisial member masing-masing yakni Leo dan Ravi. Grup yang satu ini memang begitu kece. Perpaduan antara vocal mempesona dari Leo dan rap kece dari Ravi membuat mereka begitu sukses.

So, sub-unit mana yang merupakan idola kalian?

(kpl/ssm)


Editor:  

Gogor Subyakto

↑