Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Ada-Ada Saja, 7 Lagu K-Pop Terkenal Ini Dilarang Diputar di Gym Seoul Karena Dianggap Sebarkan Covid-19

Iwan Tantomi   | Kamis, 15 Juli 2021 19:05 WIB
Ada-Ada Saja, 7 Lagu K-Pop Terkenal Ini Dilarang Diputar di Gym Seoul Karena Dianggap Sebarkan Covid-19
credit via Big Hit Music/YG Ent/BE:LIFT LAB/SM Ent

Kapanlagi.com - Penyebaran Covid-19 di dunia kian mengkhawatirkan. Apalagi sejak munculnya varian Covid-19 baru, sejumlah negara mengalami peningkatan kasus. Di Korea Selatan dilaporkan kini jumlah kasus positif Covid-19 meningkat lebih dari 1500 kasus per hari.

Demi mencegah penyebaran Covid-19 lebih lanjut, sejumlah kebijakan pun diambil pemerintah kota Seoul, Korea Selatan. Paling baru, ada kebijakan kontroversial yang dirilis dinas kesehatan kota Seoul, di mana musik yang temponya lebih 120 beats per minute (bpm) dilarang diputar di gym.

Selain lagu, kecepatan treadmill di gym juga tak boleh lebih dari 6km per jam, karena dikhawatirkan semakin tinggi kecepatannya, maka akan membuat napas jadi lebih cepat dan keringat jadi mudah terlempar ke orang lain.

Menanggapi hal ini, salah satu pemilik gym di Seoul Kang Hyun Ku sebagaimana lansiran Reuters turut mempertanyakan kebijakan pemerintah di kotanya.

"Pertanyaan terbesar saya, apakah ada bukti ilmiahnya memutar lagu klasik atau lagu BTS bisa menyebarkan Covid-19? Jadi, kita tak akan terinfeksi Covid-19 kalau berjalan lebih pelan dari 6km per jam di treadmill? Lagian, siapa di dunia ini yang mau repot-repot cek bpm musik lebih sebelum berolahraga? Saya sungguh tak mengerti, bagaimana bisa Covid-19 sampai berpengaruh ke tempo musik segala," ungkapnya.

Lebih lanjut, berikut beberapa lagu K-Pop terkenal yang terpaksa harus dilarang diputar di gym. Lagu BTS dan BLACKPINK ikutan terkena imbasnya lho.

(kly/tmi)

Halaman Selanjutnya BTS - Permission To Dance

Reporter:   Iwan Tantomi