Antusias Menyambut Anniversary BTS yang ke-9, ARMY Adakan Project Taman Laut BTS di Lombok Utara

13 Juni 2022, 18:59 WIB
Antusias Menyambut Anniversary BTS yang ke-9, ARMY Adakan Project Taman Laut BTS di Lombok Utara

Kapanlagi.com - Sebagai bentuk antusias, partisipasi, dan dukungan ARMY kepada BTS yang akan merayakan hari anniversary pada 13 Juni mendatang, base BTS ARMY PROJECT (BAP) mengadakan project yang disebut TAMAN LAUT BTS. Agenda utama dari project ini adalah transplantasi terumbu karang sebagai bentuk usaha rehabilitasi ekosistem terumbu karang di Pantai Pandanan, Lombok Utara.

BTS ARMY PROJECT bersama Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Pandanan melakukan Kerjasama demi terwujudnya project ini. Ratusan bibit terumbu karang ditransplantasi pada tiga media tanam berbentu logo BTS, ARMY, dan BAP dengan ukuran 1,5 m x 1 m yang berbahan dasar besi. Selain transplantasi terumbu karang, beberapa agenda yang dilakukan, yaitu pembentangan banner anniversary di bawah laut, pembuatan spot foto bawah laut dan di pinggir pantai, serta memperbaiki identitas Pantai Pandanan yang ada di gerbang masuk menuju kawasan Pantai.

credit: dok. pribadicredit: dok. pribadi
Transplantasi terumbu karang dilakukan dengan tujuan untuk membuat habitat baru bagi biota laut supaya ekosistem laut semakin luas. Selain berfungsi sebagai habitat makhluk laut, terumbu karang juga mampu menahan dan memperlambat arus ombak yang datang ke pesisir sehingga dapat mencegah erosi pantai. Transplantasi ini dilakukan pada wilayah yang gersang (tidak ada terumbu karang yang hidup di sana).

Masyarakat bebas melakukan sesi foto pada spot yang telah disediakan baik spot foto under water ataupun spot foto yang terletak di Pinggir Pantai tanpa dipungut biaya apapun. Masyarakat hanya perlu menyewa set alat diving maupun snorkeling yang dikelola oleh POKMASWAS Pandanan jika ingin melakukan pengambilan gambar di bawah laut. ARMY (penggemar BTS) hanya berharap bahwa apa yang dilakukan sekarang dapat bermanfaat untuk bumi pada masa mendatang, khususnya ekosistem laut yang perlu dijaga dan dilestarikan.

“Meskipun project ini tidak diketahui BTS secara langsung, ini adalah bentuk partisipasi dan dukungan kami untuk mereka. Semoga ada manfaatnya untuk orang banyak.” Ujar salah satu pengurus base BTS ARMY PROJECT saat ditemui di lokasi pelaksanaan project (Minggu, 5 Juni 2022).
credit: dok. pribadicredit: dok. pribadi
Tidak berjalan sendiri, project ini juga didukung oleh Balai Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSL) Denpasar dan KAPELA (Komunitas Penyelam) NTB serta para donatur dan media partner dari berbagai base ARMY seluruh Indonesia. Penggalangan dana dilakukan melalui platform kitabisa.com selama satu bulan yang disebarluaskan melalui berbagai sosial media dan donasi yang terkumpul senilai Rp. 13.186.380.
Untuk kelanjutan dari project ini akan terus dilakukan monitoring perkembangan terumbu karang yang sudah ditransplantasi. Taman Laut BTS berlokasi di daerah Pantai Pandanan, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Akses menuju ke sana tidak sulit, jalur Pantai Senggigi sampai menemukan arena dengan identitas Taman Laut BTS, Welcome to Pantai Pandanan.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Taman Laut BTS ataupun Taman Laut Pandanan Marine Technopark, dapat mengunjungi Instagram resmi dari BTS ARMY PROJECT yang ber-username @btsarmy.project dan @tamanlautpandanan.

credit: dok. pribadicredit: dok. pribadi

(kpl/jje)