ARMY Siap? Buku Analisis Teori BTS Karya Murrey Stein Akhirnya Terbit di Indonesia

Jum'at, 26 Februari 2021 06:00 WIB
ARMY Siap? Buku Analisis Teori BTS Karya Murrey Stein Akhirnya Terbit di Indonesia
© istimewa

Kapanlagi.com - Pada 2020 silam, penulis sekaligus analis Jungian, Murray Stein, menerbitkan buku berjudul MAP OF THE SOUL 7: PERSONA, SHADOW, & EGO IN THE WORLD OF BTS. Sebelumnya, buku Murray Stein yang berjudul MAP OF THE SOUL ramai dibicarakan di kalangan ARMY lantaran menjadi inspirasi konsep comeback BTS awal tahun 2020. Buku ini berisi analisis lagu-lagu dalam album MAP OF THE SOUL 7 melalui pendekatan psikoanalisis Carl Gustav Jung, salah seorang tokoh psikoanalisis terkemuka.

Stein menganggap lagu 'Black Swan' seolah sebagai tanda kemunculan pandemi COVID-19. Pasalnya, black swan atau angsa hitam merupakan sebuah istilah anomali yang secara umum merujuk pada peristiwa mengerikan tak terduga yang melanda kita entah dari mana asalnya serta menyelimuti kita dengan bayang-bayang kehancuran.

© Penerbit Haru© Penerbit Haru

Dibantu dua penulis lain, Steven Buser dan Leonard Cruz, Stein mengupas tuntas makna tersembunyi lagu-lagu BTS yang berkaitan dengan masalah-masalah kehidupan. Stein juga mendedikasikan buku ini untuk BTS dan ARMY. Ia menganggap bahwa BTS dan ARMY mengenalkan gagasan Jungian pada generasi baru.

"Sangat sesuai dan tepat waktu jika pandangan baru tentang Pendekatan Psikologi Dalam saat ini digaungkan oleh grup K-Pop yang luar biasa, BTS, yang jangkauannya meluas ke seluruh dunia," tulis Stein dalam kata pengantar edisi bahasa Indonesia.

1. Terbit di Indonesia

Banyaknya antusias ARMY yang menyambut buku analisis teori BTS membuat Penerbit Haru tertarik untuk menerbitkannya ke dalam bahasa Indonesia. Pada edisi bahasa Indonesia ini, Penerbit Haru juga berkesempatan bekerja sama dengan komunitas kesehatan mental yang digagas penggemar BTS, ARMY Help Center Indonesia. Buku ini dijadwalkan memulai pemesanan awal pada 3 Maret 2021. ARMY sudah siap memesannya?