Beberapa Group K-Pop Ini Pilih Comeback dengan Rilis Repackaged Album, Ada Idolamu?

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 30 September 2021 11:52 WIB
Beberapa Group K-Pop Ini Pilih Comeback dengan Rilis Repackaged Album, Ada Idolamu?
Stray Kids (Credit: Instagram/realstraykids)

Kapanlagi.com - Idol K-Pop biasanya akan merilis album penuh dalam karir bermusiknya. Biasanya, setelah melakukan perilisan tersebut, tak jarang dari mereka akan membuat suatu repackaged album. Hal ini digunakan untuk memperbarui album yang sudah dirilis sebelumnya. 

Versi repackaged album ini, sesuai namanya bakalan ada beberapa pengemasan baru dengan isi yang sama. Mungkin akan ada penambahan satu atau dua lagu yang ada untuk melengkapi album yang lama. Tidak jarang juga, repackaged album akan ditambahkan juga hal-hal yang membuat penggemar semakin tertarik untuk mendengar dan membelinya, seperti ditambahkan lagu-lagu yang pernah ditulis oleh salah satu member group, tapi belum pernah dirilis.

Hal ini akan menjadi suatu strategi pemasaran tersendiri bagi suatu idol K-Pop. Perilisan repackaged album akan membuat peningkatan penjualan dari suatu album dan membuat branding baru dari album yang pernah dirilis. Jadi, kira-kira group idol apa saja yang pernah repackaged album? Yuk simak di bawah ini!

1. NCT 127

NCT127 menjadi salah satu group K-Pop yang juga tercatat lakukan repackaged album lebih dari sekali di sepanjang karir bermusiknya. NCT 127 sendiri merupakan salah boy group yang merupakan sub unit dari NCT. Mereka melakukan debut pertama kali pada tahun 2016, tepatnya pada tanggal 7 Juli.

Repackaged album yang mereka lakukan pertama kali adalah dari album penuhnya yang bertajuk REGULAR-IRREGULAR. Hal ini mereka lakukan pada tahun 2018. Lalu NCT 127 kembali melakukan repackaged album pada NEO ZONE. Saat dikemas ulang, album tersebut memiliki konsep yang sangat berbeda dengan album regulernya. Bahkan judul albumnya diberi tambahan judul yakni menjadi NEO ZONE: THE FINAL ROUND.

2. Stray Kids

Stray Kids juga salah satu group K-Pop yang juga merilis repackaged album pada comebacknya di tahun 2020 lalu. mereka melakukan pengemasan ulang pada albumnya yang bertajuk GO LIVE. Album tersebut dirilis pada tahun 2020 di bulan Juni. Beberapa bulan setelahnya Stray Kids kembali mengumumkan pada publik, jika akan merilis karya terbarunya, yang merupakan repackaged album.

Album GO LIVE yang dirilisnya ini berubah menjadi IN LIVE dari versi repackaged nya. Pada album IN LIVE ini, lagu Back Door menjadi lagu utama dari album ini. Mereka melakukan perilisan repackaged album-nya ini pada bulan September 2020 atau tepat tiga bulan setelah album regulernya diresmikan.

3. BTS

Salah satu group yang ada di bawah naungan agensi Big Hit Entertainment, yakni BTS juga pernah lakukan repackaged album. Ia langsungkan comeback dengan rilis repackaged album pada tanggal 24 Agustus 2018 silam dengan tajuk LOVE YOUR SELF : ANSWER.


Di dalam pengemasan ulang album baru dari BTS ini terdapat tujuh buah lagu baru yang dimasukkan di sana. Repackaged album ini juga menjadi pamungkas dari serial LOVE YOURSELF yang dijadikan tema album BTS sejak tahun lalu. Dengan perilisannya ini, BTS berhasil meraih beberapa prestasi, di antaranya mencapai penjualan album sebanyak lebih dari 2 juta eksemplar dan berhasil kuasai chart Billboard dua kali berturut-turut.

4. Blackpink

Jika yang sebelumnya sudah banyak boy group yang lakukan repackaged album, kini giliran girl group naungan YG Entertainment, yakni Blackpink juga pernah merilis hal yang sama. Repackaged album yang mereka rilis tersebut bertajuk RE: BLACKPINK

Album ini akan berisi DVD showcase debut Jepang, photobook, beberapa lembar foto eksklusif serta CD berisikan lagu dari Blackpink. Di dalam repackaged album ini, Blackpink tampil dengan nuansa hitam putih dan dengan tulisan judul yang berwarna pink neon.

5. TXT

Group kali ini adalah boy group yang langsungkan comeback dengan repackaged album dan baru saja berlangsung di tahun 2021 ini, yakni TXT. Mereka melakukan perilisan ini pada bulan Agustus 2021 lalu dengan tajuk THE CHAOS CHAPTER: FIGHT OR ESCAPE. 

Ini adalah kali pertama TXT melakukan repackaged album sepanjang karir bermusik mereka. Di dalamnya, terdapat tiga lagu baru yang dimasukkan ke album tersebut. Lagu tersebut di antaranya adalah versi remix dari 0X1=Lovesong (I Know I love You), MOA Diary, dan Loser = Lover. 


Jadi, itu tadi adalah beberapa group K-Pop yang pernah da sukses lakukan comeback dengan rilis repackaged album sepanjang karir bermusik mereka. Ada beberapa di antara mereka yang melakukan hal ini lebih dari sekali loh KLovers. Jadi, kamu sudah dengar album yang mana nih, KLovers?

Ditulis oleh : Muhammad Ancah

Editor:   Editor KapanLagi.com