Bikin Kangen dan Nostalgia, 7 Hal Ini Pasti Pernah Kamu Rasakan Sebagai K-Popers Jadul

Rabu, 02 September 2020 23:30 WIB
Bikin Kangen dan Nostalgia, 7 Hal Ini Pasti Pernah Kamu Rasakan Sebagai K-Popers Jadul
SHINee © KBS - 2PM © JYP Entertainment

Kapanlagi.com - Fans K-Pop seiring berjalannya waktu semakin bertambah. Apalagi kini fasilitas yang mereka gunakan lebih canggih dari zaman sebelumnya. Namun sadar nggak sih kalau dulunya kenyamanan ini tak dimiliki oleh para K-Popers tahun 2000an?

Pasalnya mereka hanya mengandalkan beberapa alat sederhana tapi masih memorable hingga kini. Berikut ini hal-hal yang pernah dirasakan oleh para K-Popers jadul seperti yang dilansir dari Koreaboo.

1. UFO Town

Bagi para fans jadul, dulunya UFO Town adalah wadah bagi mereka untuk berkomunikasi dengan idola. UFO Town adalah layanan pesan teks di mana mereka akan menerima balasan secara online. SHINee dan Girls Generation adalah idol yang aktif membalas pada saat itu.

2. Balon Pengganti Lightstick

Sebenarnya jaman dulu lightstick resmi belum ada. Jadi para fans jadul akan memakai balon warna-warni untuk mendukung idolanya saat konser. Budaya ini dikabarkan menginspirasi TVXQ untuk membuat lagu bertajuk Balloon.

Meski nggak secerah lightstick yang memakai baterai, tapi mereka bisa mewakilkan warna yang membedakan antar fandom.

3. Shimshimtapa

Kalau kamu K-Popers tahun 2000 hingga awal 2010, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan acara radio ini. Pasalnya hampir semua idol pernah diundang ke acara ini sebagai bintang tamu. Fans internasional harus mengunduh aplikasi SBS Gorealra yang saat itu hanya tersedia di toko iTunes Korea.

4. Me2Day

Jaman dulu mana ada yang namanya Twitter, para fans jadul biasanya memakai aplikasi Me2Day untuk berkomunikasi dengan idola. Aplikasi ini dirilis 2011 berbarengan dengan iPhone pertama diluncurkan.

5. SHINee Hello Baby

Semua orang tentunya tahu SHINEE di Hello Baby, bahkan bukan seorang Shawol pun. Bocah menggemaskan bernama Yoogeun ini diasuh oleh para member SHINee yang kocak. Episode SHINee inilah yang paling menjadi favorit kala itu.

6. Cabi Song

Pada tahun 2010 lalu, Girls Generation dan 2PM sedang mencapai puncak popularitasnya di Korea Selatan. Mereka pun pernah dipasangkan dalam iklan Caribbean Bay, yakni sebuah taman hiburan untuk berenang. Mereka pun merilis lagu dan MV yang begitu booming.

7. Star Dance Battle

Dari Miss A hingga IU, acara ini selalu ditunggu-tunggu para K-Popers pada jamannya. Salah satu yang paling legendaris saat Miss A tampil dengan soundtrack film FAME.