Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

BTS Ukir Prestasi dengan 'Dynamite', Begini Perjuangan Army Indonesia Bantu Pecahkan Rekor

Jum'at, 28 Agustus 2020 11:10 WIB
BTS Ukir Prestasi dengan 'Dynamite', Begini Perjuangan Army Indonesia Bantu Pecahkan Rekor
BTS (credit: Big Hit Entertainment)

Kapanlagi.com - Tidak salah jika menyebut BTS sebagai salah satu fenomena saat ini. RM dkk seakan tak bisa dibendung dengan prestasi mereka di dunia musik. Salah satu kesuksesan BTS ini pastinya juga karena antusias dan cinta yang diberikan ARMY pada sang idola.

Seperti yang kita ketahui, BTS baru saja merilis lagu Dynamite yang langsung jadi nomor satu di mana-mana. MV buat lagu tersebut juga memecahkan rekor Youtube dan resmi menjadi video paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam dengan total 101 juta views. Luar biasa!

Kapanlagi.com berkesempatan mewawancarai salah satu ARMY Indonesia yang bernama Nia, untuk mengetahui bagaimana cara dia membantu BTS memecahkan rekor Youtube. Tentunya Nia tak sendiri, ia ditemani oleh jutaan ARMY yang tersebar di penjuru dunia.

1. Persiapan Sebelum Streaming

Gambar

Seperti biasanya sebelum Dynamite rilis, pasti dong fans dugeun-dugeun nggak sabar nunggu. Persiapan pun sudah dilakukan seperti mempersiapkan kuota, subscribe platform musik, hingga cari tahu informasi bagaimana cara streaming yang benar agar view bisa dihitung dengan resmi.

"Dari jadwal press conference jam 08.30 WIB udah stay di Twitter atau Youtube media Korea yang nayangin. Setelah itu lanjut ke channel youtube BangtanTV buat nonton Countdown Live jam 10.30 wib sampai jam 11.00 wib MV rilis di Channel Big Hit," kata Nia yang merencanakan nobar bareng ARMY lainnya.

2. Streaming Berkali-Kali

Gambar

Melihat MV sekali saja pastinya nggak cukup dong. Selain niatnya untuk menambah views, fans pastinya juga pengen mendengarkan lagunya lagi dan melihat lebih detail apa saja yang ada di MV yang kemungkinan terlewatkan kalau cuma sekali lihat. Belum lagi dengan nonton MV jadi bisa memandang wajah oppa-oppa kesayangan. Nia pun pastinya nggak mau sekali saja melihat MV Dynamite, baik di ponsel maupun device lainnya.

"Kalau dalam 1 jam rilis sekitar 4 – 5x karena kalau streaming secara benar harus diselingi 3 video dari channel lain. Jadi ya bisa manfaatin pinjem hape temen atau keluarga juga buat streaming. Berapa device buat aku gak menentu sih, karena tergantung waktu itu ada device lain yang bisa dimanfaatkan apa enggak. Yang jelas HP dan laptop pribadi jalan buat streaming. Tapi kalau ada yang lain, sudah pasti dimanfaatkan," jelasnya.

3. Streaming di Spotify

Gambar

Pastinya ARMY nggak hanya streaming Dynamite di Youtube dong. Ada yang dengerin di Spotify, iTunes, Melon (platform streaming musik di Korea, dan lainnya. Nia sebagai pengguna Android memilih fokus di Youtube dan Spotify saja.

"Sebelumnya kita udah ikut pre-save Dynamite Parti yang disediakan oleh Big Hit dan Columbia music, jadi kita tinggal streaming dengan memutar playlist tersebut. Kemudian kita juga cari beberapa playlist buatan fanbase/army di spotify yang di dalamnya sudah ada lagu Dynamite dan lagu BTS lainnya untuk diputar secara gantian dengan playlist sebelumnya," ungkap Nia yang punya ultimate bias J-Hope ini.

4. Streaming Kapanpun

Gambar

Masih ngomongin soal streaming, Nia pastinya juga kalau bisa bakal 24 jam melakukannya tapi tentu terbentur aktivitas, apalagi kini dia sudah bekerja. Walau begitu Nia punya cara untuk tetap mendengarkan lagu-lagu BTS ketika sedang bekerja dan melakukan kegiatan lainnya.

"Aku tipe orang yang kalau kerja harus mendengarkan lagu, jadi biasanya HP bakal tetep streaming Spotify atau Youtube music dengan earphone. Selain itu kalau lagi di jalan juga pasti nyambunging Spotify ke mobil jadi tetep bisa streaming walaupun lagi berkendara," ungkap ARMY yang berasal dari Bali.

5. Fanbase Juga Kerja Keras

Gambar

Nia tentunya tidak sendiri. ARMY Indonesia lainnya juga membantu dan berjuang untuk membantu BTS dalam memecahkan rekor dan mencapai Global Goal 100 M. Beberapa fanbase pun juga melakukan donasi untuk mencapai target tersebut. Salah satunya @fundsforBTS_ID.

"Aku dan beberapa teman lainnya bikin project streaming buat BTS. Jadi hampir 1 bulan sebelumnya kita menggalang donasi seikhlasnya dari temen-temen Army yang kemudian kita pakai untuk mensukseskan project streaming ini. Alhamdulillah antusias dari temen – temen sangat baik bahkan kita gak nyangka kalau akan mendapatkan donasi dengan jumlah hampir 7 juta. Kemudian dana donasi tersebut kita gunakan untuk mempremiumkan 100 akun Spotify, 150 akun youtube, donasi ke @FundsforBTS_ID untuk mass buying iTunes, dan sisanya untuk membelikan kuota streaming untuk Army," jelas Nia.

Selain donasi, fanbase juga menguji menguji coba cara streaming youtube agar view terhitung, mengedukasi para ARMY cara streaming di masing – masing platform Youtube, Spotify, Apple Music, Shazam, dan Deezer. Selain itu juga membantu membuat playlist streaming untuk Youtube dan Spotify. Kompak banget!

6. Bangga Army dan BTS

Gambar

Keberhasilan BTS dan ARMY memecahkan rekor view Youtube dalam waktu 24 jam ini pastinya bikin bangga. Sudah pasti dong kebahagiaan ini juga dirasakan oleh Nia yang sudah ngefans BTS dari 2014 ini.

"Lebih dari senang pastinya. Walaupun di awal agak sedih karena saat 24 jam angka yang kita dapat kurleb 98M tapi tetep merasa happy dan bakal berusaha lebih baik lagi ke depannya. Tapi ternyata tak lama setelah itu Big Hit confirm kalau totalnya adalah 101M views in 24 hours buat Dynamite MV, auto nangis karena Goals kita tercapai bahkan melebihi. Mungkin ada yang bilang lebay karena kita nangis, tapi ini bener – bener mengekspresikan perasaan senang dan bangga karena Kerjasama Army sedunia yang gantian / shift buat streaming antara Asian Army dan US, Europe sama Afrika Army karena beda zona waktu jadi biar bisa istirahat. Semua ini bisa terjadi karena kerja keras dan kerja sama Army yang luar biasa. Purple u Army dan BTS," kata Nia.

7. Selamat buat BTS!

Selamat buat Nia, BTS, dan tentunya Army di seluruh dunia atas keberhasilan kalian. Buat yang belum denger Dynamite, buruan dengar ya. Seperti yang dibilang Nia, lagu Dynamite bisa memberikan semangat dan jadi happy pill bagi semua orang yang mendengarkan di masa pandemic yang dialami di seluruh dunia.

Sukses terus buat BTS dan Army!