Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Bukti Women Empowerment, 10 Drama Korea Hits Ini Banyak yang Tak Tahu Hasil Garapan Sutradara Perempuan

Iwan Tantomi   | Rabu, 10 Maret 2021 22:00 WIB
Bukti Women Empowerment, 10 Drama Korea Hits Ini Banyak yang Tak Tahu Hasil Garapan Sutradara Perempuan
credit via NETFLIX & tvN

Kapanlagi.com - Bicara women empowerment memang tak terbatas satu bidang saja. Ada banyak sekali perempuan hebat di dunia yang berhasil membuktikan diri jika mereka berdaya di bidangnya masing-masing. Tak terkecuali di Korea Selatan.

Di negeri yang banyak digemari karena K-POP, Korean Culture, hingga drama Korea-nya tersebut, peran perempuan juga amat besar. Bahkan, banyak yang tak tahu, jika di balik beberapa drama hits Korea, ada tangan dingin sutradara perempuan di belakangnya. 

Nah, dalam rangka menyemarakkan Hari Perempuan Sedunia di bulan Maret, berikut sederet drama Korea hits hasil garapan sutradara perempuan.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Beyond Evil

Gambar

Di urutan pertama ada Beyond Evil yang berkisah tentang dua laki-laki, yaitu Lee Dong Sik (Shin Ha Kyun) dan Han Joo Won (Yeo Jin Goo) yang coba melawan hukum demi menangkap seorang pembunuh berantai. 

Sepanjang mengusut kasus tersebut, kedua orang ini banyak bertanya kepada orang-orang awam yang terlibat di dalamnya, termasuk mereka sendiri. Menariknya, sutradara yang menangani drama Korea ini adalah sosok perempuan bernama Shim Na Yeon.

Ia mendapatkan kesuksesannya sebagai sutradara perempuan sejak menggarap drama Korea Moment at Eighteen. Meski sempat hiatus, Shim Na Yeon siap kembali berkarya di 2021.

2. Coffee Prince

Gambar

Selanjutnya ada Coffee Prince yang bercerita tentang seorang cucu laki-laki pemilik perusahaan kopi bernama Choi Han Gyul (Gong Yoo). Uniknya, ia hampir tak pernah dapat pekerjaan, dan Han Gyul tak terlalu peduli akan hal itu.

Di sisi lain ada Go Eun Chan (Yoon Eun Hye) yang begitu tomboy dan kerap bikin ulah kepada setiap laki-laki yang ditemuinya. Ayahnya meninggal saat ia berusia 16 tahun, dan sejak saat itu ia menjadi tulang punggung keluarga.

Ketika Han Gyul dan Eun Hye berjumpa pertama kali, ia langsung merekrutnya untuk bekerja di Coffee Shop miliknya, sebagai bentuk tanggung jawab yang diberikan oleh neneknya. Nah, untuk menarik pelanggan perempuan, ia mempekerjakan lelaki tampan termasuk Eun Hye. Saat itu, Han Gyul tak tahu jika Eun Hye adalah seorang perempuan.

Drama Korea garapan Lee Yoon Jung ini pun sukses menyita perhatian. Ia adalah sutradara perempuan hebat yang juga menangani Cheese in the Trap.

3. Love Alarm

Gambar

Rilis baru-baru ini, Love Alarm menjadi drama Korea yang banyak diminati, karena ceritanya yang unik. Bayangkan saat ada orang yang tertarik kepadamu, alarm cinta langsung bunyi dalam radius 10 meter.

Namun, ceritanya tak sesederhana itu. Drama garapan sutradara perempuan hebat, Lee Na Jung ini berkisah tentang Kim Jo Jo (Kim So Hyun) yang periang meskipun orang tunya meninggal sejak ia masih kecil, Hwang Sun Oh (Song Kang) anak keluarga kaya raya tapi miskin kasih sayang dari orang tua, serta teman baiknya Lee Hye Yeong (Jung Ga Ram).

Ketiganya belajar di sekolah yang sama. Sun Oh menyadari jika temannya menyukai Jo Jo. Untuk membuktikan hal itu, ia pun mencium Jo Jo. 

4. Vincenzo

Gambar

Ada pula yang lagi tayang dan hit banget, Vincenzo. Drama yang dibintangi oleh Song Joong Ki ini berkisah tentang Park Joo Hyung yang pada usia 8 tahun diadopsi ke Italia. Ia kemudian berganti nama menjadi Vincenzo Cassano yang tak lain ada pengacara yang bekerja untuk mafia.

Oleh karena mafia saling perang satu sama lain, ia akhirnya terbang ke Korea dan bertemu pengacara Hong Cha Young (Jun Yeo Bin). Meski tampak baru, mengusung konsep dark dan gila, tetapi siapa sangka sutradara di baliknya adalah seorang perempuan bernama Kim Hee Won.

Di Korea, ia bukan sutradara sembarangan. Berkat tangan dinginnya, ia mampu melahirkan Fated to Loves You, yang juga lebih dulu hits sebelum Vincenzo.

 

5. Be Melodramatic

Gambar

Disusul di urutan berikutnya ada Be Melodramatic yang berkisah tentang Hwang Han Joo (Han Ji Eun), seorang kepala marketing sebuah rumah produksi drama di Korea. Dia adalah single mom yang berjuang keras menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadinya.

Han Joo tak sendiri, ia juga ditemani Im Jin Joo (Chun Woon Hee) seorang penulis drama dengan kepribadian yang unik, serta Lee Eun Jung (Jun Yeo Bin) yang merupakan direktur dokumentasi.

Lucunya Han Joo menjalankan rumah produksinya sendiri. Suatu ketika karya dokumenternya viral dalam satu malam. Hal itulah yang menjadi titik awal, pasang surut perjuangan ketiga orang teman di usia 30-an tahun.

Drama ini diproduksi oleh Kim Hye Young. Meski ia jarang tersorot, tapi jangan salah, Hye Young adalah asisten sutradara kondang asal Korea, Lee Byung Hun. Drama Be Melodramatic ini pun menjadi didedikasikannya sebagai simbol women empowerment lho.

6. The School Nurse Files

Gambar

The School Nurse Files berkisah tentang Ahn Eun Young (Jung Yoo Mi) yang pindah ke sekolah baru. Di sana ia bisa melihat monster serupa jeli yang dibuat dari limbah yang dibuang oleh manusia.

Dia menggunakan pisau dan pistol mainan untuk menghancurkan monster tersebut. Sementara seorang guru bahasa China bernama Hong In Pyo (Nam Joo Hyuk) memiliki energi spesial. Keduanya, berusaha melindungi para murid dari serangan para monster.

Drama Korea super unik dan menarik ini pun juga dibuat oleh sutradara perempuan bernama Lee Kyung Mi. Berkat karyanya yang fenomenal, ia bahkan sukses menggondol beberapa penghargaan dari Blue Dragon Film Festival lho.

7. Flower Crew: Joseon Marriage Agency

Gambar

Tak kalah menarik, ada pula Flower Crew: Joseon Marriage Agency yang hits di masanya. Terlahir sebagai pandai besi biasa, Lee Soo (Seo Ji Hoon) tak pernah berpikir jika dirinya bakal menjadi raja di usia 23 tahun.

Padahal, saat menjadi orang biasa, ia bermimpi ingin menikahi gadis pujaannya Gae Ddong (Gong Seung Yeon). Namun, mimpi itu pupus saat ia sudah menjadi raja. Ia kemudian mencoba meminta bantuan 'Flower Crew' untuk mengubah cinta pertamanya menjadi seorang bangsawan, agar bisa menikahinya.

Menerima tawaran sang raja, Ma Hoon (Kim Min Jae), Do Joon (Byeon Woo Seok) dan Go Young Soo (Park Ji Hoon), berusaha keras untuk mengubah Gae Ddong sesuai keinginan sang raja. Cerita menarik inilah buah karya dari sutradara perempuan Korea keren lainnya, yaitu Kim Ga Ram.

8. 365: Repeat the Year

Gambar

Bukan sembarang tontonan, 365: Repeat the Year merupakan drama Korea hits yang berkisah tentang 10 orang yang diberi kesempatan kembali ke masa satu tahun sebelumnya. Namun, beragam hal misterius terjadi, saat mereka mencoba mengubah takdir.

Ji Hyung Joo (Lee Joon Hyuk) yang merupakan mantan polisi lalu lintas, lalu dipromosikan menjadi detektif usai menangkap seorang penjahat yang diburu polisi, turut mendapatkan kebahagiaan usah mengatur ulang hidupnya.

Sayangnya, berbagai kasus misterius pun mulai mendatanginya. Inilah ciri utama drama Korea besutan Kim Kyung Hee. Bertahun-tahun lamanya, sutradara perempuan Korea ini dikenal ahli membuat drama berbau kriminalitas.

9. It’s Okay To Be Sensitive

Gambar

Pernah nonton drama It's Okay To Be Sensitive? Drama ini sangat populer karena bercerita tentang lima mahasiswa tahun ajaran baru yang harus mengadapi beragam tantangan baik di dalam maupun di luar kampus.

Meski ini hanya web drama, tetapi menghadirkan banyak sekali nilai moral, seperti isu tentang gender, kekerasan seksual, diskriminasi dan banyak lainnya. Keberanian inilah yang ditunjukkan oleh sutradara perempuan Choi Sun Mi.

Ia dikenal sebagai sutradara yang suka mengangkat isu feminis. Lewat karya-karyanya ia berupaya mengajak perempuan agar mencintai diri mereka, dan menjadi diri mereka sendiri di tengah dominasi pengaruh kaum laki-laki.

10. Do Do Sol Sol La La Sol

Gambar

Last but not least, ada drama Korea Do Do Sol Sol La La Sol yang bercerita tentang Goo Ra Ra (Go Ah Ra), seorang gadis kaya yang begitu naif dan bermimpi jadi pianis.

Hanya saja, mimpinya menjadi berat untuk diwujudkan karena ayahnya meninggala dan dia mengalami kebangkrutan. Tak berhenti di sana, hal buruk seolah membuntutinya, dengan serangkaian kecelakaan mobil dan harus divonis patah tulang lengan di rumah sakit.

Seorang perawat sabar Sun Woo Joon (Lee Jae Wook) merawat Ra Ra dengan penuh perhatian, hingga akhirnya membuat hatinya tersentuh. Berkat tangan dingin sutradara perempuan hebat Kim Min Kyung, drama ini pun menuai sukses besar.

Itulah sederet drama Korea terkenal yang sukses hasil garapan sutradara perempuan hebat Korea. Tak menyangka bukan jika di balik tontonan keren tersebut ada andil utama perempuan? Jika mereka saja bisa melakukannya di tengah kerasnya persaingan di Korea, maka kamu pun bisa menghidupkan semangat Women Empowerment di bidang yang kamu geluti juga!

 

Reporter:   Iwan Tantomi