[Catatan Editorial] Gagal Classy Gara-Gara Donghae, Ingin Bersandar Pada Changmin

Rahmi Safitri | 28 Maret 2019, 08:01 WIB
[Catatan Editorial] Gagal Classy Gara-Gara Donghae, Ingin Bersandar Pada Changmin

Kapanlagi.com - Sebelum menjadi seorang editor di KapanLagi.com®, saya adalah seorang fangirl K-Pop (seorang fans yang rela mati-matian untuk mendapatkan informasi dan semua hal tentang idolnya). Saya tahu dunia K-Pop lewat TVXQ dan terjerumus ke dalamnya gara-gara Super Junior. Jadi meskipun kini sudah tak terlalu mengikuti mereka, sedikit banyak kedua boyband itu punya peranan penting dan kenangan indah dalam kehidupan saya sebagai fangirl generasi 'senior'.

So, ya saya seneng banget pastinya waktu beredar kabar mereka mau ke Jogjakarta untuk syuting sebuah acara. Jarang-jarang nih ada boyband legendaris ke Jogja (yang nggak jauh dari tempat saya mencari nafkah). Sempat kepikiran untuk ke sana tapi terkendala pekerjaan harian. Tapi untungnya sih Pak Bos berbaik hati nih dengan mengirim saya dan seorang rekan untuk bisa liputan mengejar para oppa-oppa selama di Jogja dengan hanya berbekal schedule yang beredar luas di media sosial. Kedengaran agak nekad, tapi seperti para fangirl lainnya, saya percaya nothing is impossible! 

Saat Super Junior dan TVXQ syuting di Borobudur (Rabu, 20/3/2019), saya belum berada di sana karena baru berangkat ke Jogja malam harinya, nekat! Agak iri juga nih sama yang bisa sedekat itu sama Leeteuk dkk. Saat perjalanan menuju Jogja, nggak henti-hentinya berdoa semoga ketemu mereka sekaligus ada bahan buat berita! (Pengakuan: ego fangirl masih mengalahkan tugas negara hehehe)

Hari Pertama, Kamis (21/3/2019)

Fans menunggu Suju dan TVXQ di Keraton © KapanLagi.com®/Rahmi SafitriFans menunggu Suju dan TVXQ di Keraton © KapanLagi.com®/Rahmi Safitri

Berdasarkan rumor yang beredar (benaar, kami hanya berbekal rumor saudaraaa! Nekad is my middle name!), Super Junior dan TVXQ dijadwalkan syuting di Keraton dan Malioboro. Setelah istirahat singkat dan lain-lain, saya dan rekan langsung menuju Keraton. Sampai sana, udah banyak fans yang menunggu dong yang pastinya lebih pagi dari kami. That dedication tho!

Kami menunggu di sana sampai sekitar pukul 14.00 WIB tanpa ada tanda kapan oppa-oppa ganteng ini datang. Setelah terasa jutaan tahun lamanya, ternyata faktanya mereka nggak ke Keraton. Info baru yang beredar di media sosial, TVXQ dan Super Junior malah ke daerah Lava Tour. Jeng jeng! Haruskah kami berlari ke sana demi para Oppa?

Kecewa? Pasti. Tapi karena rasa lapar lebih besar dari kecewa, kami memutuskan untuk makan dulu. Karena kalau lapar nanti makin halu.

Malamnya kami menuju Malioboro, ya siapa tahu kan setelah naik jeep di Lava Tour, Super Junior dan TVXQ lanjut ke sana. Kalau di Keraton panas, maka Malioboro diguyur hujan kala malam. Para fans sudah berkumpul memenuhi Malioboro. Bahkan, di sore hari sebelum kami hadir, para fans juga sempat 'tertipu' ketika ada rombongan pria ganteng yang lewat. Dikira Super Junior, ternyata Randy Martin! Sudah terlanjur heboh, ya sudah foto bareng dan salaman sekalian.

Fans Super Junior & TVXQ Memadati Kawasan Malioboro. Credit: twitter.com/gyvmingsFans Super Junior & TVXQ Memadati Kawasan Malioboro. Credit: twitter.com/gyvmings

Lalu bagaimana nasib kami? Nampaknya keberuntungan belum menjadi milik kami. Suasana Malioboro terasa semakin dingin karena oppa-oppa yang dinantikan untuk memberikan kehangatan ternyata juga tak ke sana.

Hari Kedua, Jumat (22/3/2019)

Super Junior dan TVXQ ternyata benar-benar syuting di kawasan Goa Jomblang dan Kalisuci pada hari itu, sesuai dengan jadwal. Tapi kami tidak ke sana, dengan pertimbangan jauh dari hotel dan takutnya ketika sampai, Suju dan TVXQ malah selesai syuting. Apa kami gagal bertemu mereka lagi? Well, you have to believe there is something called miracle.

Salah satu kegiatan wajib kami selama di Jogja adalah cari informasi di media sosial. Dan miracle itu datang saat teman saya tanpa sengaja mendapat info kalau Super Junior dan TVXQ akan syuting di sebuah cafe di kawasan Bukit Bintang, Gunungkidul pada malam harinya setelah dari Kalisuci. Info itu diunggah sendiri oleh akun cafe tersebut, nggak lama sih karena buru-buru dihapus postingan-nya atas permintaan fans.

Dengan modal nekad dan ketidakpastian kami pun menuju cafe tersebut. Ketika sampai nggak ada tanda-tanda kehadiran oppa dong! Akhirnya kami menyempatkan makan dulu dan menikmati pemandangan alam dari cafe tersebut yang memang so beautiful.

Suju dan TVXQ menikmati keindahan Yogya dari spot bulan bintang di Cafe The Manglung ini. Kapan memandang bintang bersamaku? Credit: Instagram.com/themanglungSuju dan TVXQ menikmati keindahan Yogya dari spot bulan bintang di Cafe The Manglung ini. Kapan memandang bintang bersamaku? Credit: Instagram.com/themanglung


Setelah satu jam di sana, harapan itu pun muncul saat seorang ahjussi lengkap memasuki dan melihat-lihat area cafe. Lalu satu per satu berdatangan orang-orang Korea membawa peralatan syuting. Saat itu lah kami yakin Super Junior dan TVXQ benar-benar mau syuting di sana. Pihak pemilik cafe pun sudah meminta agar pengunjung (yang sebagian besar fans) untuk tetap di tempat dan tidak bersuara selama syuting berlangsung. Dan entah kenapa perasaan deg-degan itu tiba-tiba muncul di dalam hati.

Sebelum TVXQ dan Super Junior muncul, saya berulang kali bilang dalam hati: "Ingat, kamu di sini buat kerja. So behave, be classy, be cool!"

Super Junior dan TVXQ pun datang serta memulai syuting dengan berfoto di salah satu spot paling cantik di cafe tersebut. Saya kebetulan berdiri tidak jauh dari mereka, sekitar 2 - 3 meter lah. Saya pernah bertemu Super Junior sebelumnya tapi saat konser dan melihat mereka dengan pakaian seperti orang kebanyakan bukan kostum di atas panggung, membuat Donghae dkk terlihat begitu boyfriend-able.

Changmin dan Yunho dari TVXQ juga nggak kalah ganteng nih. Sampai saya menulis catatan editorial ini, salah satu yang paling nggak bisa saya lupakan adalah punggung Changmin yang hug-able dan sender-able banget.

Ketika syuting di spot itu selesai, satu per satu member TVXQ dan Super Junior pun menuju tempat pengambilan gambar berikutnya (masih dalam lingkup cafe tersebut). Kebetulan yang terakhir meninggalkan spot awal adalah Donghae, bias saya di Super Junior.

Sebelum menyusul yang lain, Donghae sempat melihat ke arah saya dan fans lainnya. Dan tanpa sadar, mulut saya yang awalnya diam, mendadak setengah teriak, "Oppa!". Gagal sudah keinginan untuk classy dan cool setelah dipandang oleh Donghae. Sebagai gantinya saya langsung disuruh diam oleh fans lainnya gara-gara mendadak fangirling-an :(

Hari Ketiga, Sabtu (23/3/2019)

Di hari itu, Super Junior dan TVXQ melakukan syuting ke daerah Parangtritis yang oleh orang Jogja biasa disebut dengan Paris. Kami memutuskan untuk tidak menempuh perjalanan yang cukup panjang ke Paris dan lebih memilih untuk segera menuliskan berita-berita dari hari sebelumnya yang sudah tak sabar kami bagikan kepada KLovers. So oke langsung skip ke hari keempat alias hari terakhir saja ya karena di Sabtu ini kami ada liputan lain non-kpop jadi nggak seru kalau diceritakan di sini yang beda pembahasan! :)

Hari Keempat, Minggu (24/3/2019)

Sudah lama saya tidak ke Candi Prambanan (terakhir sepertinya waktu SD). Berkat Super Junior dan TVXQ akhirnya saya punya kesempatan ke sana lagi. Dengan membawa barang karena setelah liputan langsung meninggalkan Jogja, nggak sempat sarapan, dan gerimis; kami pun akhirnya tiba di Prambanan. Tetap masih banyak fans yang datang lebih dulu dari kami kok.

Sengaja kami menunggu di parkiran, ingin melihat saat Super Junior dan TVXQ turun dari mobil. Sempat ada tipuan sih katanya para oppa sudah ada di dalam area candi setelah masuk pintu lain. Banyak yang percaya dan berbondong-bondong masuk, untungnya kami sudah 'tua' jadi nggak mudah ditipu.

Sambil menunggu, pihak informasi mengumumkan kalau bakal ada fan meeting setelah Super Junior dan TVXQ selesai syuting, dengan catatan penggemar nggak menganggu jalannya pengambilan gambar. Wah ikut bahagia juga nih kita jadinya, di sela-sela liputan bisa dapat fan meeting gratis.

Sekitar pukul 1 PM WIB, Super Junior dan TVXQ akhirnya datang. Begitu mobil yang mereka tumpangi hendak parkir di depan pintu masuk, mata ini langsung tertuju pada Eunhyuk yang duduk paling belakang dekat jendela. Dalam mobil saja si dancing machine ini udah kelihatan kinclong (jadi pengen nangis nih kalau ingat huhu).

Super Junior dan TVXQ saat tiba di Prambanan © KapanLagi.com®/Mita AnandayuSuper Junior dan TVXQ saat tiba di Prambanan © KapanLagi.com®/Mita Anandayu

Satu per satu pun turun dari mobil dan bikin fans yang masih di area parkir heboh berebutan untuk mengabadikan sang idola. Walau cuma sebentar tapi mereka senang lho bisa melihat TVXQ dan Super Junior dari dekat. Bahkan ada yang berpelukan terharu karena akhirnya ketemu dengan oppa-nya.

Selanjutnya setelah syuting Super Junior dan TVXQ di area candi utama, mereka memenuhi janji untuk memenuhi penggemar yang sudah duduk rapi di lapangan Siwa. Begitu para oppa muncul sambil melambaikan tangan, teriakan heboh pun terdengar. Sampai-sampai Super Junior dan TVXQ harus pakai toa nih biar bisa didengar. Shindong bilang 'Terima kasih' dan 'Apa kabar?', Eunhyuk bilang 'Aku cinta kamu (and yes Oppa, aku cinta kamu juga!) dan Leeteuk memperkenalkan diri sebagai Kadir :)

Super Junior dan TVXQ saat fan meeting di Prambanan © KapanLagi.com®/Mita AnandayuSuper Junior dan TVXQ saat fan meeting di Prambanan © KapanLagi.com®/Mita Anandayu

Sayangnya singkat nih fan meeting-nya. Dari yang dijadwalkan berlangsung 10 menit, ternyata hanya berjalan 3 menit. Tapi nggak apa-apa lah yang penting mereka ganteng jadi dimaafkan #ugh.

Lalu setelah fan meeting di Prambanan selesai, apakah perjuangan kami selesai? Tentu saja tidak! Demi mendapatkan tambahan berita dan siapa tahu ketemu lagi, kami pun menuju Terminal A Bandara Adi Sucipto. Sampai sana sekitar pukul 3 PM WIB dan sudah pasti para fans pun banyaaaak banget yang telah menunggu.

Sayangnya sih meski sempat ada keributan sedikit antara fans, Super Junior dan TVXQ ini lewat jalur lain. Jadi penggemar yang sudah menunggu di bandara harus sabar karena nggak bisa melihat dan say goodbye sama sang idola. Dari Jogja, Super Junior dan TVXQ menuju Bali dulu baru pulang ke negaranya.

Fans di bandara © KapanLagi.com®/Rahmi SafitriFans di bandara © KapanLagi.com®/Rahmi Safitri

Well, kami juga menunggu di bandara sampai jam 8 malam. Capek, nyaris ketinggalan kereta, dan udah lah lepek banget rasanya badan. Tapi pengalaman yang didapat banyak banget dan so pasti ketemu Super Junior - TVXQ adalah hal paling indah dalam perjalanan ini.

Thank you, Jogja!

Thank you, Super Junior dan TVXQ, semoga bisa ketemu lagi di lain kesempatan. Konser SMTOWN Indonesia, maybe? Hehehehe mari kita AMINKAN bersama :)

Terima kasih Jogja, for the memories © KapanLagi.com®/Rahmi SafitriTerima kasih Jogja, for the memories © KapanLagi.com®/Rahmi Safitri

 

 

 

 

(kpl/pit)

Reporter:  

Rahmi Safitri