Comeback Dengan Album EP Pertamanya, Tak Hanya Gandeng Musisi Ternama, JAY B Juga Bawa Sentuhan R&B Yang Apik

Editor KapanLagi.com   | Jum'at, 27 Agustus 2021 18:52 WIB
Comeback Dengan Album EP Pertamanya, Tak Hanya Gandeng Musisi Ternama, JAY B Juga Bawa Sentuhan R&B Yang Apik
JAY B dalam video musik B.T.W (credit: youtube.com/c/H1GHRMUSICOFFICIAL)

Kapanlagi.com - Leader dari GOT7, JAY B, pada tanggal 26 Agustus 2021 yang lalu baru saja merilis EP pertamanya semenjak ia menandatangani kontrak bersama label rekaman H1GHR MUSIC. EP tersebut berjudul SOMO: FUME dan tidak tanggung-tanggung JAY B pun merilis 7 lagu terbarunya di dalam EP pertamanya tersebut.

Kabar comebacknya ini disambut begitu antusias oleh para penggemar yang kian setia menanti seorang JAY B merilis karya barunya semenjak ia berkarier solo bersama H1GHR MUSIC. Beberapa minggu sebelum kabar EP nya tersebar, JAY B bahkan telah memberikan petunjuk-petunjuk berupa hashtag foto dari judul EP nya tersebut.

Kejutan-kejutan terus bermunculan semenjak kabar EP nya akan dirilis, mulai dari jumlah lagu hingga musisi-musisi yang digandengnya untuk berkolaborasi dalam karya terbarunya itu. Tidak hanya menyajikan lagu-lagu yang ear catching, EP terbarunya ini juga begitu memancarkan gaya musik yang JAY B banget! Apa saja nih fakta-fakta menarik dari perilisan EP milik JAY B ini, coba kita intip dalamnya:

1. EP Pertama Sejak Comeback

Setelah resmi bergabung bersama label H1GHR MUSIC, Jay B telah merilis single pertama comebacknya pada bulan Mei 2021 lalu dan pada akhirnya kini berkesempatan untuk merilis EP pertamanya, SOMO: FUME. Ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi para penggemar JAY B terutama para Agase atau penggemar dari GOT7. 

EP yang berwarna utama putih, hitam dan abu-abu ini begitu menggambarkan karakter musik dari JAY B sendiri. 'SOMO' merupakan singkatan dari 'style of my own' dan 'FUME' merupakan representasi dari sebuah kehadiran yang tertinggal, itulah mengapa di bawah judul EP tersebut kita bisa melihat tulisan 'Style of my own: FUME'.

2. Gandeng Musisi-musisi Ternama Korea Selatan

Tidak hanya tampil solo, JAY B juga menambah warna dalam lagu-lagu barunya dengan menggandeng para musisi kenamaan Korea Selatan. Mulai dari Jay Park, Whee In Mamamoo, JUNNY, g1nger, hingga sokodomo, semuanya jadi pelengkap yang sempurna dalam EP pertama JAY B ini. Melihat dari berbagai musisi dengan gaya musik yang saling berbeda tersebut, sudah bisa dipastikan pasti setiap lagu akan punya karakternya masing-masing. 

Semenjak teaser dari EP ini rilis dengan nama-nama penyanyi yang tercantum berkolaborasi dalamnya, para penggemar begitu heboh dan mulai menebak-nebak jenis lagu apa yang akan dibawakan mereka. Lagu-lagunya tersebut kini sudah rilis di berbagai platform musik yang tersedia dan siap didengarkan bahkan sudah mulai menaiki tangga lagu Korea juga lho. KL Lovers yang Agase sudah streaming belum nih?

3. Kolaborasi Dengan Produser Musik Dari Label Yang Sama

Semenjak bergabungnya JAY B dengan H1GHR MUSIC tentu banyak yang menantikan kolaborasi-kolaborasinya bersama labelmatenya dari H1GHR. Sudah bisa ditebak, dalam EP nya kali ini, semua lagu bahkan diproduseri oleh para produser dari H1GHR MUSIC sendiri dan juga dari AOMG yang mana dua label ini saling bersaudara. Mulai dari Cha Cha Malone, GRAY, WOOGIE, hingga duo produser GroovyRoom pun digandengnya dalam perilisan EP pertamanya ini.

Produser-produser tersebut punya warna mereka masing-masing dan sudah terbukti menghasilkan banyak lagu-lagu yang hits banget! Hal ini menambah euforia dari para penggemar terutama bagi mereka penikmat musik K-R&B dan Khiphop yang pastinya tidak asing dengan produser-produser tersebut. Sudah siap ber-'i need a cha cha beat boy', 'gray', 'woogie on and on' sama ber-'groovy everywhere' belum?

4. Punya Dua Title Track Dan Satu Lagu Eksklusif

Dalam perilisan sebuah album tentunya salah satu hal yang paling dinanti adalah lagu apa yang akan jadi title track dari album tersebut. Di dalam SOMO: FUME ini terdapat dua title tracks dari total 7 lagu yang dirilis oleh JAY B. Lagu pertama berjudul B.T.W yang merupakan kolaborasi JAY B dan Jay Park, wah duo Jaebom nih. Lagu kedua adalah lagu kolaborasinya dengan JUNNY yang berjudul FAME. B.T.W dan FAME sendiri sudah ada video musik dan audio nya loh KL Lovers!

Selain punya dua title tracks, ada satu lagu yang ternyata secara eksklusif rilis dan hanya bisa didengarkan melalui CD nya saja. Lagu solonya yang diproduseri oleh GroovyRoom itu tidak memiliki artis kolaborasi loh pasti spesial banget! Judul dari lagu tersebut adalah Paranoia. Jika hanya mendengarkan dari platform musik digital maka hanya ada enam lagu yang muncul dan bisa dinikmati, namun jika membeli album fisik maka pendengar berkesempatan untuk mendengarkan lagu JAY B berjudul Paranoia tersebut. Penasaran gak nih?

5. Nuansa Kental R&B

Para penggemar yang sudah lama mengikuti JAY B pasti sudah tahu kalau dirinya ini kerap kali bermusik dengan gaya lagu R&B dan hip-hop. Dalam EP terbarunya ini nampaknya nuansa R&B nya begitu terasa hingga menampakkan karakter JAY B yang sesungguhnya bahkan beberapa pendengar juga berkomentar bahwa mereka merasa ada sentuhan Def. (nama b-boying JAY B yang ia gunakan saat merilis mixtapes dan hal-hal lain yang ia inginkan) dalam musik terbarunya ini.

Nampaknya para penggemar pun sampai tidak bisa memilih mana lagu favorit mereka dari keseluruhan lagu yang sudah di rilis. Jay Park selaku CEO H1GHR MUSIC pun sudah berkomentar melalui akun twitternya @JAYBUMAOM bahwa album baru dari JAY B ini adalah untuk para pencinta musik R&B dan di balas oleh JAY B sendiri dengan akun @jaybnow_hr dengan "facts...". Waduh lagunya enak semua!

Kembalinya JAY B dengan album EP pertamanya ini jadi kabar yang begitu menyenangkan bagi para penggemarnya. Selain mereka bisa melihat progress dari seorang JAY B, melalui EP ini pun bisa terlihat ia begitu total mengekspresikan dirinya. Musik-musik yang dihasilkannya pun sangat jempolan dengan kolaborasi apik bersama para musisi lainnya. Yuk dukung terus karier bermusik JAY B, selamat atas album barunya!

Artikel ini ditulis oleh: Elisabeth Marie N. D.

 

Editor:   Editor KapanLagi.com