Debut Pada Tahun 2020, 5 Maknae Dari Berbagai Girl Group Ini Curi Perhatian! Ternyata Salah Satunya Berusia 15 Tahun

Selasa, 05 Oktober 2021 14:50 WIB
Debut Pada Tahun 2020, 5 Maknae Dari Berbagai Girl Group Ini Curi Perhatian! Ternyata Salah Satunya Berusia 15 Tahun
Ningning, Semi, J (credit:instagram)

Kapanlagi.com - Maknae secara bahas berarti lebih muda, istilah ini sering digunakan dalam group Korea yang berarti member paling muda dari group tersebut. Setiap member dalam sebuah group tentu memiliki kelebihan dan ciri khasnya masing-masing. Sebagai maknae yang sering dijuluki adik, mereka sering kali menjadi pusat perhatian penggemar.

Debut di tengah pandemi, beberapa girl group ini sukses melambungkan namanya di tahun 2020. Seolah mendapat angin segar dari industri musik Korea, beberapa girl group ini membawakan nuansa baru yang fresh dengan member-membernya yang masih berusia muda. Tidak main-main, bahkan ada di antara girl group tersebut yang usia maknaenya baru menginjak 15 tahun.

Sangat totalitas, idol Korea sudah mengikat kontrak dan berusaha semaksimal mungkin pada komitmen di usia dini. Siapa saja sih maknae dari girl group yang sukses debut pada tahun 2020? Dijamin kamu bakal salut banget!

1. SEMI-CIGNATURE

Cignature adalah girl group Korea Selatan yang dibentuk oleh C9 Entertainment dan dikelola di bawah sub-label J9 Entertainment. Cignature memulai debutnya pada 4 Februari 2020 lalu dengan single yang berjudul Nun Nu Nan Na. Awalnya Cignature beranggotakan 7 orang yaitu Seline, Belle, Jeewon, Semi, Chaesol, Ye Ah, Sunn namun Ye Ah dan Sunn meninggalkan group pada 2021 lalu. Kemudian J9 Entertainment mengumumkan penambahan 2 member baru yaitu Chloe dan Dohee.

Group ini berhasil debut dan meraih banyak perhatian KLover serta nominasi di berbagai penghargaan bergengsi. Semi adalah maknae dari Cignature yang lahir pada 10 April 2002, dirinya bergabung pada girl group Cignature pada usianya yang menginjak 18 tahun. Semi yang memiliki mata tajam dan memesona ini berperan sebagai vocal pada Cignature.

2. J-STAYC

STAYC yang merupakan singkatan dari Star To A Young Culture adalah girl group Korea Selatan yang dibentuk oleh High Up Entertainment. Girl group ini beranggotakan 6 orang yaitu Sumin, Sieun, Isa, Seeun, Yoon, dan J STAYC memulai debutnya pada tahun 2020 dengan single berjudul Star To A Young Culture.

Sejak debutnya, STAYC berhasil menyabet beberapa nominasi dan satu penghargaan yaitu Best Female Rookie Award dalam Brand Customer Loyalty Award 2021. J STAYC atau Jang Ye Eun adalah maknae girl group STAYC yang lahir pada 9 Desember 2004. Disebut-sebut mirip Yoona Girls Generation, J STAYC memiliki visual yang memukau dengan mata cantik, kulit putih, serta body goals. J STAYC bergabung debut di usianya yang baru menginjak 16 tahun dan berperan sebagai vocalist serta rapper.

3. ZOA-WEEKLY

Weekly adalah girl group Korea Selatan yang debut pada 30 Juni 2020 lalu di bawah naungan Play M Entertainment. Girl group ini merupakan grup vocal perempuan kedua milik Play M Entertainment dalam 10 tahun setelah Apink. Weekly beranggotakan Soeun, Zoa, Jaehee, Soojin, Jihan, Jiyoon, dan Monday.

Sejak debutnya dengan single Tag Me, Weekly meroket dengan memenangkan berbagai penghargaan salah satunya adalah Rising star Female Idol dalam Brand of the Year Awards 2021. Zoa adalah maknae dari Weekly lahir pada 31 Mei 2005 yang berarti dia telah melakukan debut pada umur 15 tahun. Pemiliki nama  Cho Hye Won ini memiliki posisi sebagai sub vocal pada Weekly. Salut banget!

4. DENISE-SECRET NUMBER

SECRET NUMBER, girl group Korea Selatan yang berada di bawah naungan Vine Entertainment. Grup ini menjadi kebanggaan Indonesia sebab terdapat satu member yang berasal dari Indonesia yaitu Dita Karang. Selain Dita Karang, SECRET NUMBER memiliki empat member lainnya yaitu Lea, Jinny, Soodam, dan Denise. Debut pada 19 Mei 2020 dengan single Who Dis? SECRET NUMBER Berhasil melambungkan namanya di industri musik Korea hingga internasional.

SECRET NUMBER telah berhasil menyabet berbagai penghargaan dan nominasi bergengsi, serta sukses menjadi Best Rookie 2021 di Billboard Korea. Denise SECRET NUMBER atau Denise Kim yang merupakan main vocal ini merupakan maknae SECRET NUMBER. Denise SECRET NUMBER lahir pada 11 Januari 2001, di umur 19 tahun dia sudah mampu memiliki vocal yang stabil dan dapat diandalkan saat live performance.

http://admin.kapanlagi.com/update_news.php?submit=Edit&id=675488

5. NING NING AESPA

Siapa yang tidak tahu Aespa? Girl group Korea Selatan yang langsung meroket ketika debut pada 17 November 2020 lalu. Berada di bawah naungan SM Entertainment, Aespa beranggotakan 4 orang yaitu Karina, Giselle, Winter, dan NingNing. Aespa membawakan single Black Mamba dalam debutnya dan berhasil meraih hati banyak penggemar melalui lagu ini.

Tidak perlu diragukan lagi, potensi dan visual Aespa memang juara. Aespa telah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi salah satunya adalah Rookie of the Year dalam Seoul Music Awards 2021. Ningning adalah member maknae dari Aespa yang lahir pada 23 Oktober 2002. Bergabung dengan Aespa di umur 18 tahun, Ningning memiliki karakter yang kuat dan berada di posisi main vocalist.

Kecil-kecil cabe rawit banget ya idol-idol Korea ini. Ternyata mereka rela berkomitmen untuk karir gemilang di usia remaja. Kehebatan akan talenta dan perjuangan para maknae ini sungguh patut diacungi jempol. Setuju nggak KLovers?

Ditulis Oleh : Salma Tsabita Wiradara