Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Detail Pernyataan Teman-Teman Kim Seon Ho dan Sang Mantan, Sempat Putus dan Rayakan Kehamilan Sebelum Sepakat Buat Aborsi

Selasa, 26 Oktober 2021 13:45 WIB
Detail Pernyataan Teman-Teman Kim Seon Ho dan Sang Mantan, Sempat Putus dan Rayakan Kehamilan Sebelum Sepakat Buat Aborsi
Kim Seon Ho (credit: tvN)

Kapanlagi.com - Setelah seminggu lebih, skandal Kim Seon Ho menggemparkan per-drakor-an termasuk di Indonesia, Dispatch merilis investigasi mereka terkait hubungan sang aktor dengan sang mantan pacarnya yang disebut sebagai Choi Young Ah. Selain mengungkap timeline bagaimana keduanya bertemu hingga Choi Young Ah membuat postingan yang menjatuhkan karier Kim Seon Ho, Dispatch juga mewawancarai teman-teman dari kedua belah pihak. Dispatch juga mempertanyakan pernyataan Choi Young Ah yang menurut mereka tidak sesuai dengan fakta.

Dan berikut detailnya (siap-siap karena panjang banget)!

1. Permintaan Maaf Choi Young Ah dan Minta Balikan

Gambar

Kim Seon Ho dan Choi Young Ah pertama kali putus pada tanggal 7 Juli 2020. Sehari kemudian, Choi Young Ah mengirimkan pesan panjang untuk meminta maaf atas kebohongan yang dia buat. Inilah isi permintaan maaf dari Choi Young Ah:

"Aku minta maaf mengirimkan pesan ini, Seon Ho, saat kamu sedang syuting. Aku cinta kamu dan ingin yang terbaik buat kita tapi aku sadar ini tak bisa membenarkan kalau aku sudah bohong. Aku tahu apa saja kesalahanku. Aku ingin kita bahagia, makanya aku membohongimu. Tapi sekarang aku tahu itu membuatmu sakit hati dan menderita. Aku sangat patah hati sekarang, tapi ini memang salahku. Jadi aku akan belajar dari ini semua dan menerima semua rasa sakit ini.

Aku tahu kamu nggak mau mendengarkan aku sekarang dan mungkin nggak akan percaya apapun yang aku katakan. Tapi kamu segalanya buatku, jadi aku mau minta maaf dari lubuk hati terdalam. Aku minta maaf buat saat-saat yang membuatmu sakit hati.

Aku ada di rumah sejak kemarin malam dan berpikir apa jadinya kalau aku tidak berbuat begini. Aku juga berpikir, apa yang kamu rasakan dan apa yang bisa aku lakukan sekarang. Aku memutuskan untuk berubah dan lebih jujur padamu. Aku dulu selalu berpikir, aku orang yang rumit dan tak bisa berbagi banyak hal tentang diriku, tapi sekarang aku sadar aku sebenarnya bisa memilih untuk terbuka padamu. Memalukan memang karena baru sekarang aku tahu kalau itu semua sebenarnya mida karena kamu pernah meyakinkan aku tapi aku yang nggak mengerti.

Ini bukan berarti aku nggak keberatan berbohong. Aku melakukan ini karena sangat mencintaimu. Kenyataannya, yang aku rasakan buatmu lebih dari sekedar cinta. Aku menghargaimu dan selalu ingin melindungimu. Dan inilah yang menurutku membuatku membuat keputusan yang salah.

Kemarin, kamu mencoba memberiku kesempatan kedua supaya aku bisa membuat kita baikan. Aku tahu aku sudah mengecewakanmu lebih dari yang bisa kita perbaiki sekarang, tapi kalau kamu merasa di hatimu ada kesempatan agar aku bisa mencoba lagi, aku akan memberikan yang terbaik.

Berbohong bukanlah kebiasaanku. Aku membuat kesalahan karena kita sering bertengkar belakangan ini dan aku nggak mau membuat kita semakin tidak nyaman. Aku bodoh sudah membuat keputusan itu, tapi sejujurnya aku cuma mau kita bahagia. Itu saja. Aku nggak sedang mencari alasan buat keputusan yang sudah aku buat. Aku cuma bilang aku melakukan apa yang terbaik buat kita. Aku sangat menyesalinya sekarang.

Aku tahu seandainya jujur, mungkin kamu bakal bilang semuanya baik-baik saja. Tapi aku rasa, aku takut kamu merasa khawatir di hatimu. Dan aku cuma ingin kamu merasa benar-benar aman bersamaku. Kalau aku pikirkan lagi, aku nggak tahu apakah akan melakukan hal yang sama kalau ada di posisimu. Aku tahu kamu sudah mencoba dengan keras untuk mengerti dari mana aku berasal. Aku juga tahu kamu sudah membantuku mengambil keputusan yang benar. Makanya kemarin aku merasa akhirnya bisa mengakui, aku merasa bisa mengatakan semuanya dan mengawali dari awal dengan baik. Mungkin ini memang bikin kamu kaget, aku tahu bagaimana kamu merasa tersinggung dan bingung.

Aku sangat egois, tapi saat bersamamu membuatku berharap masa depan yang megah buat kita. Tapi ini juga membuatku takut sejak kamu menjadi lebih populer dengan karier di acara televisi, film, dan lainnya. Aku mulai merasa tertekan, rasanya aku harus menjadi manusia yang lebih baik juga supaya layak ada di sisimu, agar kita bisa memiliki masa depan yang kita impikan.

Itulah alasan kenapa aku jadi gegabah dalam banyak hal belakangan ini. Aku gegabah dengan kontrak dan Youtube. Itu semua bukan buat uang atau kesuksesan kok. Itu karena aku ingin menjadi seseorang yang pantas bersamamu.

Kamu pasti merasa sangat marah dan terkhianati sekarang. Tapi aku nggak pernah ada niat sama sekali membuatmu merasa begitu. Aku cuma ingin kita bahagia. Aku harusnya tahu mana yang baik. Bisakah kamu membiarkan aku memperbaiki ini semua? Aku janji, aku akan mendapatkan kepercayaanmu lagi. Aku tahu kamu kecewa karena aku terus melakukan kesalahan yang sama dan di dalam hatimu sudah tidak ada alasan untuk memercayaiku lagi. Aku juga tahu mungkin kamu sudah tak mau ada urusan denganku lagi, tapi tolong berikan aku satu kesempatan. Apapun akan aku lakukan untuk memperbaiki semua ini denganmu dan aku ingin memberikan kesempatan buat kita untuk mencoba lagi.

Kamu satu-satunya yang aku punya, Seon Ho. Kalau kamu meninggalkan aku juga, aku akan siap untuk itu, karena aku mencintaimu. Sebesar itulah rasa cintaku dan betapa serius aku denganmu. Tapi kalau kamu memberikan satu kesempatan untuk membuat ini semua menjadi baik, aku akan melakukannya. Bisakah kamu mengingat hal-hal indah tentang kita dan membiarkan kita mencoba lagi? Aku tak akan pernah menyembunyikan apapun darimu lagi dan aku juga tak akan pernah membenarkan kesalahanku."

2. Kim Seon Ho Curhat Soal Choi Young Ah Pada Teman

Gambar

Setelah mendapatkan permintaan maaf dari Choi Young Ah, Kim Seon Ho curhat kepada temannya (kita sebut sebagai Teman A). Ini isi chat tersebut.

Kim Seon Ho: Aku baru putus. Ini benar-benar lucu.

Teman A: Pagi tadi?

Kim Seon Ho: Aku tahu dia berbohong kemarin. Sebelumnya memberi kesempatan. Tapi dia bohong lagi, ngomongnya nggak keluar dengan pria lain, padahal iya.

Kim Seon Ho: Yang lebih buruk, waktu aku tanya, dia mikirnya aku lagi bahas soal lain. Jadinya dia malah cerita soal pria lain yang ditemuinya.

Teman A: Pasti dia ketemu banyak pria

Kim Seon Ho: Dia ketemu pria-pria itu buat kerjaan, tapi dia nggak mau bilang padaku

Kim Seon Ho: Aku bilang dia boleh ke club dan ketemu para pria. Aku bilang nggak akan marah asal dia bilang ada di mana dan chat aku saat di rumah. Tapi itu aja dia nggak bisa.

Teman A: Itu yang selalu kita mau, tapi nggak pernah kita dapat

Kim Seon Ho: Pernah ya aku selesai syuting lebih awal. Jadi aku tanya dia lagi ngapain, katanya tidur. Aku ke rumahnya bawa hadiah, tapi dia ternyata nggak di rumah. Mobilnya juga nggak ada. Setelah itu dia bilang nggak akan bohong lagi. Aku marah banget

Teman A: Harusnya kamu pacaran sama orang lain. Jangan pacaran sama yang bikin kamu stres

Kim Seon Ho: (mengirimkan teks permintaan maaf Choi Young Ah)

Teman A: Gimana pendapatmu?

Kim Seon Ho: Aku masih suka dia, tapi aku tahu ke mana hubungan ini nantinya

Kim Seon Ho: Dan aku tahu dia akan mulai bohong lagi

Teman A: Iya sih kemungkin begitu lebih besar

Teman A: Kamu bisa melihat masa depan bersamanya?

Kim Seon Ho: Nggak yakin sih

Kim Seon Ho: Dia menuliskan perasaannya di teks itu, tapi ya...duh

Teman A: Sedih ya lihat orang lain punya hubungan yang mudah. Jatuh cinta, pacaran, bahkan menikah. Tapi kok susah buat kita

Teman A: Kalau aku lihat-lihat sih, dia bakal terus melakukan kesalahan yang sama

Kim Seon Ho: Kepalaku sakit. Aku nggak yakin dia bisa berubah

Teman A: Yang kamu tunjukkan ini kayak THE WORLD OF MARRIED dan LOVE & WEAR. Drama itu beneran nyata

Kim Seon Ho: Saat aku coba mikir dari sudut pandang orang lain, masuk akal sih. Dan aku ada di antara ini semua, rasanya mau tenggelam

Kim Seon Ho: Aku nggak bisa mikir jernih dan sangat frustrasi

Teman A: Kamu tahu dia mempermainkanmu, tapi kamu biarin aja

3. Kim Seon Ho Memaafkan dan Balikan dengan Choi Young Ah

Sehari setelah Choi Young Ah meminta maaf, Kim Seon Ho akhirnya memberikan kesempatan, setelah curhat dengan rekan aktor yang lebih muda dan teman lainnya (yang selanjutnya kita sebut dengan Teman B). Teman B ini adalah aktor teater yang sebelumnya disebut Choi Young Ah di postingan-nya (yang katanya menemaninya menggugurkan kandungan). Kim Seon Ho dan Teman B ini teman baik dan saling percaya satu sama lain.

"Dia (Choi Young Ah) berjanji nggak akan melakukan itu lagi. Coba lihat ketulusan di permintaan maafnya dan terima lah," kata Teman B kala itu, yang ditirukannya saat ditemui Dispatch.

4. Kehamilan Choi Young Ah

Choi Young Ah mengetahui kalau dia hamil pada tanggal 24 Juli 2020. Saat telepon untuk memberitahukan soal ini kepada Kim Seon Ho, Choi Young Ah disebut sangat emosional. Kalau di pernyataannya, Choi Young Ah bilang Kim Seon Ho memberikan reaksi negatif, Teman B mengatakan justru aktor START-UP itu bilang kehamilan adalah berkah dan meminta sang kekasih untuk tidak menangis.

"Awalnya mereka merayakan kehamilan itu. Kim Seon Ho bilang itu hal baik yang terjadi buat mereka. Padahal aslinya, dia takut dan sangat memikirkan soal ini. Sayangnya, keduanya lalu setuju untuk menggugurkan kandungan dan dia berhati-hati saat menceritakan soal ini padaku," kata Teman B.

5. Gugurkan Kandungan

Tanggal 27 Juli 2020 adalah hari Choi Young Ah menggugurkan kandungan. Teman B menunggu di klinik sedangkan Kim Seon Ho dan Choi Young Ah ada di parkiran. Mereka berdua ngobrol dan Choi Young Ah sempat berubah pikiran. Tapi akhirnya mereka turun dari mobil dan menemui Teman B untuk melanjutkan rencana menggugurkan kandungan.

"Mereka turun dengan mata bengkak. Pastinya ini kesempatan yang nggak mudah buat mereka. Saat aku ke rumah sakit bersama Choi Young Ah, Kim Seon Ho membeli bahan-bahan sup rumput laut, padahal dia nggak bisa masak," kata Teman B.

Setelah Choi Young Ah menggugurkan kandungan, Kim Seon Ho memang disebut membuat sup rumput laut buat sang kekasih selama dua minggu. Di Korea, sup rumput laut ini katanya baik buat wanita yang baru melahirkan. Di salah satu episode 2 Day 1 Night, Kim Seon Ho pernah menunjukkan keahlian membuat sup rumput laut dan bilang kalau dia baru saja memasaknya di rumah.

6. Kim Seon Ho Mengenalkan Choi Young Ah Pada Orangtuanya

Di dalam salah satu postingannya, Choi Young Ah bilang kalau Kim Seon Ho berubah setelah ia menggugurkan kandungan. Choi Young Ah juga bilang, Kim Seon Ho menyembunyikan hubungannya dari orangtua. Tapi menurut teman Choi Young Ah (selanjutnya disebut Teman C) yang juga ditemui Dispatch, Kim Seon Ho ternyata pernah memperkenalkan sang kekasih kepada orangtua. Cuma sang aktor memang tidak cerita kalau Choi Young Ah adalah janda.

"Bahkan setelah aborsi, dia (Choi Young Ah) jadi dekat dengan orangtua Kim Seon Ho. Kim Seon Ho sangat mencoba agar bisa dipercaya. Dia bahkan mengadopsi anjing Shiba bernama Hoa supaya Choi Young Ah tidak merasa kesepian saat sedang sendiri," kata Teman C.

7. Choi Young Ah Disebut Suka Barang Mewah

Choi Young Ah sebelumnya menuliskan di postingan kalau Kim Seon Ho jadi buta uang dan hanya memberinya 2 juta won setelah aborsi, teman lainnya (Teman D) menceritakan hal lain kepada Dispatch.

"Kesukaannya memberi barang-barang mewah, membuat sulit Kim Seon Ho. Saat Natal, dia membawa tas mewah seharga 7 juta won. Dia pakai kartu kreditnya, tapi yang membayar tagihan Kim Seon Ho. Dia pamer soal ini, makanya kami semua tahu.

Aku kaget waktu dia bilang soal uang aborsi.

Aku nggak pernah melihat Choi Young Ah membayar apapun. Kim Seon Ho yang sering membayar barang-barangnya. Kim Seon Ho yang suka barang mewah? Please lah. Semua orang di sekitar Choi Young Ah tahu siapa yang sebenarnya terobsesi dengan barang mewah," kata Teman D.

"Choi Young Ah memang khawatir soal aborsi. Ya pastinya itu nggak mudah. Kim Seon Ho juga pasti cape dengan kebohongan. Ironis memang malah Choi Young Ah yang sekarang mengkritik, padahal dia juga posesif. Dia ngecek hape dan DM Kim Seon Ho. Dia juga pengen Kim Seon Ho bangkrut dan kembali padanya. Ya begitulah yang terjadi." kata C dan D.

8. Kesusahan yang Dialami Choi Young Ah

Teman Kim Seon Ho lainnya, Teman E, bilang kalau Choi Young Ah membuat aktor HOMETOWN CHA-CHA-CHA itu kewalahan. Dia ingat sebuah kejadian yang terjadi di awal 2021.

"Kim Seon Ho pernah bilang, dia kesusahan karena apa yang terjadi dengan Choi Young Ah. Sepertinya Choi Young Ah bilang dia dapat ancaman, dilecehkan gangster, di-bully istri baru mantan suaminya, dituntut dan sebagainya. Kim Seon Ho bilang dia tidak bisa menangani apa yang terjadi.

Kim Seon Ho dan Choi Young Ah pernah saling ngecek pesan di KakaoTalk masing-masing. Saat itu, Kim Seon Ho menemukan rekaman suara dan video dirinya yang disimpan Choi Young Ah. Kalau kita di posisi Kim Seon Ho, kan itu menakutkan?", kata Teman E.

9. Kenapa Kim Seon Ho Minta Maaf?

Gambar

Mengenai permintaan maaf Kim Seon Ho setelah skandal ini jadi perbincangan. Teman B menjelaskan alasan kenapa Kim Seon Ho mengeluarkan pernyataan tersebut.

"Kim Seon Ho bilang dia nggak mau melawan dengan disaksikan satu negara, karena memang benar dia tidak mempertahankan bayinya. Dia juga memahami, karena pernah ada masa dia mencintai Choi Young Ah. Makanya daripada melawan apa yang dibilang tentang dirinya, dia memilih minta maaf aja. Seperti itulah Kim Seon Ho yang aku tahu.

Hubungan mereka sebenarnya normal. Kim Seon Ho tidak pernah menyembunyikan Choi Young Ah. Itu sih yang aku tahu."

10. SALT Entertainment Menolak Berkomentar

Mengenai pernyataan Dispatch ini, SALT Entertainment menyatakan mereka tidak ada komentar. Choi Young Ah sendiri sampai sekarang masih mengunci akun Instagram-nya.

Bagaimana komentar KLovers?