Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Detail Satu Tahun Perjalanan Karir aespa yang Begitu Cemerlang, Mulai Dari Debut 'Black Mamba' Sampai Mega Hits 'Savage'

Gogor Subyakto   | Senin, 22 November 2021 19:16 WIB
Detail Satu Tahun Perjalanan Karir aespa yang Begitu Cemerlang, Mulai Dari Debut 'Black Mamba' Sampai Mega Hits 'Savage'
Perjalanan karir aespa yang cemerlang. Credit: SM Entertainment

Kapanlagi.com - Debut pada tanggal 17 November 2020, belum lama ini aespa baru saja merayakan annivesary pertama mereka. aespa menarik perhatian dunia dengan dunia metaverse mereka yang unik, hingga menjadi half-million seller sebagai pendatang baru. Mari kita lihat kembali 1 tahun aespa yang gemilang.

Perjalanan karir dari aespa sendiri memang tak langsung ramai jadi perhatian. Mulai dari konsep AE yang begitu unik, sampai lagu-lagu mereka yang ikonik banget.

Meraih kesuksesan yang begitu cemerlang, aespa berhasil meraih berbagai prestasi di setiap comeback-nya. Apalagi kalau sudah membahas soal lagu 'Next Level' yang begitu viral.

Nah, berikut ada detail satu tahun perjalanan karir aespa, grup K-Pop rookie dari SM Entertainment yang begitu mempesona.

1. 3 Mega Hits: Black Mamba

Gambar

aespa membuat rekor mereka sendiri dengan lagu-lagu mereka, mulai dari lagu debut 'Black Mamba', 'Next Level', hingga 'Savage', bahkan menjadi representatif generasi ke-4 girl group K-Pop dengan pencapaian mereka yang luar biasa.

Lagu debut aespa, 'Black Mamba', berhasil memasuki 4 tangga lagu Billboard hanya dalam tiga hari setelah perilisan.

Video musik dari lagu tersebut pun juga berhasil meraih 100 juta views dalam waktu tersingkat di sejarah video musik debut grup K-Pop.

2. 3 Mega Hits: Next Level

Gambar

Tidak hanya itu, aespa juga berhasil menjadi girlgroup pertama yang menduduki puncak '24Hits' Melon setelah adanya reorganisasi grafik dengan lagu 'Next Level'.

aespa bahkan memecahkan rekor mereka sendiri dengan video musik 'Next Level' dan meraih 100 juta views di YouTube dalam 19 hari lebih cepat dari 'Black Mamba'.

3. 3 Mega Hits: Savage

Gambar

Sedangkan, lagu 'Savage' yang dirilis pada tanggal 5 Oktober 2021 ini berhasil menduduki puncak tangga lagu utama di Korea Selatan dan luar negeri, bahkan hingga hari ini.

'Savage' juga berhasil masuk dalam 10 kategori tangga lagu Billboard, seperti peringkat 20 'Billboard 200', 'Artist 100', 'World Album', 'Independent Album', 'Top Album Sales', 'Top Current Album Sales', 'Tastemaker Album', 'World Digital Song Sales', 'Billboard Global (kecuali Amerika Serikat)', 'Billboard Global 200'.

Video musik dari lagu 'Savage' pun berhasil meraih 100 juta views dalam 17 hari setelah perilisan.

4. Half Million Seller

Gambar

aespa juga berhasil mendapat predikat half-million seller dengan penjualan mini-album pertama 'Savage' yang mencapai lebih dari 510.000 copy dalam waktu 15 hari.

Lagu 'Next Level' dan 'Savage' bahkan masuk sebagai nominasi pertama di berbagai program musik dalam waktu yang bersamaan, dan memberikan aespa 7 kemenangan.

Tidak hanya itu, majalah Forbes juga menyoroti aespa dengan menyatakan, "aespa menuliskan rekor penjualan di Amerika Serikat dengan mini-album pertama 'Savage'."

Majalah PEOPLE pun juga menyoroti aespa dengan memilih aespa sebagai salah satu 'Bintang baru Hollywood di tahun 2021'.

5. Konsep Metaverse

Gambar

aespa adalah nama yang dibuat dengan menggabungkan 'ae', yang berarti 'Avatar X Experience', dan kata bahasa Inggris 'aspect', yang berarti kedua belah pihak.

aespa menarik banyak perhatian sejak debut dengan konsep pandangan dunia 'bertemu avatar yang merupakan diri sendiri, dan menjalani dunia baru'.

aespa mendapatkan respon yang baik dengan memanfaatkan konsep mereka untuk berbagai konten aespa, seperti video panggung pertunjukan di mana aespa menari dengan avatar 'ae' dan video SMCU yang menampilkan narasi cerita pandangan dunia aespa secara sekilas.

6. Dunia aespa yang Unik

Gambar

Berbagai istilah pandangan dunia aespa yang unik, seperti lirik 'aespa adalah aku, tak bisa ada dua', 'ae-00', 'KWANGYA', 'SYNK', dan 'P.O.S' menjadi populer secara online sebagai meme.

Koreografi di mana aespa membentuk huruf D dalam alfabet Korea di lagu 'Next Level' dan saat aespa menyanyikan lirik 'Zuzuzuzu' dalam lagu 'Savage' pun juga menyebar secara viral sebagai dance challenge.

Konsep unik aespa adalah memperluas genre dunia maya yaitu metaverse ke entertainment, dan menyasar generasi digital native yang sudah familiar dengan berbagai konten digital, sejalan dengan era non-face to face.

7. Karir Internasional

Gambar

aespa diperkirakan akan menghabiskan akhir tahun dengan jadwal yang padat dengan menghadiri berbagai panggung dan acara penghargaan.

aespa akan bertemu dengan penggemar di Amerika Serikat untuk pertama kalinya dengan menghadiri 'Macy's Thanksgiving Day Parade' yang merupakan festival Thanksgiving terbesar Amerika Serikat yang diadakan di New York pada tanggal 25 November 2021.

aespa juga telah menandatangani kontrak dengan Creative Artists Agency(CAA), agensi terbesar di Amerika Serikat, pada bulan Juli 2021 dan menargetkan penggemar musik di seluruh dunia dengan tampil di berbagai panggung di Korea Selatan dan negara-negara lainnya.

https://www.newshub.id/interactive2/2664

Editor:   Gogor Subyakto