Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Dikecam Netizen Karena Gunakan Audio Adzan Versi Remix di 'Street Woman Fighter', Pihak Mnet Minta Maaf

Kamis, 09 September 2021 14:00 WIB
Dikecam Netizen Karena Gunakan Audio Adzan Versi Remix di 'Street Woman Fighter', Pihak Mnet Minta Maaf
Mnet Street Woman Fighter

Kapanlagi.com - Mnet, channel TV Korea Selatan yang menggelar acara kompetisi Street Woman Fighter, didesak oleh pemirsa untuk meminta maaf atas dugaan penggunaan adzan dalam soundtrack acara mereka. Pemirsa dan netizen yang memeluk agama Islam menyadari menyadari bahwa musik pengiring dalam pembukaan acara merupakan versi remix dari adzan.

Banyak yang mengungkapkan kekecewaan mereka pada penggunaan praktik keagamaan untuk "tujuan estetika". Mereka pun mengecam Mnet untuk mengubah soundtrack dan juga meminta maaf atas tindakan mereka yang dianggap sebagai cultural appropriation atau pengambilan budaya lain tanpa memperhatikan konteks budaya aslinya.

Ini bukan pertama kalinya Mnet atau perusahaan K-Pop lainnya dikritik karena cultural appropriation. Ketidaksetujuan pada editor karena me-remix adzan pun ramai digaungkan dengan tagar #MnetApologize di media sosial.

1. Netizen Temukan Lagu Aslinya

Gambar

Tak lama setelah geger penggunaan adzan versi remix, netizen menemukan bahwa lagu yang digunakan dalam pembukaan acara tidak dibuat oleh Mnet. Ternyata, audio tersebut berasal dari lagu berjudul Azan yang dipopulerkan oleh band Inggris LOSERS.

Lagu Azan sendiri dirilis oleh band LOSERS pada 2010 dalam album berjudul Beautiful Losers. Ungkapan kekecewaan atas cultural appropriation juga terlihat membanjiri kolom komentar video klip lagu tersebut di YouTube.

Namun, terlepas dari asal lagunya, netizen tetap menuntut Mnet untuk membuat pernyataan atas tindakan mereka. Kekesalan netizen ini pun akhirnya mendapat respon dari pihak Mnet.

2. Permintaan Maaf Mnet

Dengan banyaknya kecaman dari netizen di media sosial, Mnet pun merilis permintaan maaf secara online mengenai masalah ini. Permintaan maaf resmi dari pihak Mnet diunggah di akun Instagram resmi mereka @mnet_dance pada Kamis (9/9) hari ini.

Dalam permintaan maaf resmi mereka, Mnet juga mengungkapkan sudut pandang dari pihak mereka terkait penggunaan lagu tersebut. Mereka juga akan mengunggah ulang klip kontroversial yang dikritik netizen setelah mengganti musik latarnya.

"Pemirsa yang terhormat, atas nama tim produksi Mnet Street Woman Fighter, kami menyampaikan permintaan maaf yang tulus terkait soundtrack yang digunakan dalam pembukaan episode pertama Street Woman Fighter. Lagu tersebut merupakan soundtrack elektronik yang terdaftar resmi di situs streaming resmi. Tim produksi berpendapat bahwa suara elektronik dari lagu tersebut cocok sebagai musik latar program. Kami tentu tidak memiliki niat lain. Kami meminta maaf dengan tulus atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kemiripan dengan sajak tertentu. Menghargai kritik dari Anda, video akan diunggah ulang setelah mengganti musik latar. Mnet akan terus mendengarkan pendapat pemirsa di seluruh dunia. Kami menghargai ketertarikan Anda pada Mnet Street Woman Fighter," tulis pihak Mnet.

Buat KLovers yang belum mengikuti acaranya, Street Woman Fighter tayang setiap hari Selasa pukul 22.20 waktu setempat.

 

Topik Terkait