Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Ditahan Sebagai Tersangka Kasus Pemerkosaan, Kris Wu Terancam 10 Tahun Penjara - Akun Resmi dan Lagu-Lagunya Dihapus Weibo

Renisya Satya Putri   | Selasa, 03 Agustus 2021 21:00 WIB
Ditahan Sebagai Tersangka Kasus Pemerkosaan, Kris Wu Terancam 10 Tahun Penjara - Akun Resmi dan Lagu-Lagunya Dihapus Weibo
Kris Wu ditahan (Weibo)

Kapanlagi.com - Sejak bulan Juli 2021, nama Kris Wu menjadi sorotan di China bahkan fans di seluruh dunia. Pasalnya, aktris Du Meizhu menyebut eks personel EXO tersebut berselingkuh bahkan suka memaksa hubungan seks pada cewek-cewek.

Sehubungan dengan kontroversi tersebut, keamanan publik distrik Chaoyang di Beijing pada Sabtu (31/7) lalu mengungkapkan bahwa Kris Wu telah ditangkap untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Menanggapi tuduhan bahwa Kris Wu telah berulang kali mengeksploitasi wanita muda untuk melakukan seks, polisi telah menangkap Wu yang memiliki kewarganegaraan Kanada untuk penyelidikan lebih lanjut atas tuduhan pemerkosaannya," ungkap pihak keamanan publik distrik Chaoyang di Beijing, melansir dari Allkpop.

Meski sudah diamankan, polisi belum mengungkapkan rincian tuduhan yang ditujukan pada Kris. Namun, beberapa media pemberitaan China melaporkan pendapat dan prediksi mereka tentang kasus tersebut.

1. Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Gambar

Salah satu media pemerintah Tiongkok memberikan petunjuk bahwa ada kemungkinan Kris Wu akan dijatuhi hukuman sepuluh tahun penjara atas tuduhan pemerkosaan. Outlet media pemberitaan yang dikelola pemerintah, Global Times, menambahkan bahwa Kris Wu tetap bisa dijatuhi hukuman berdasarkan hukum yang berlaku di China terlepas dari kewarganegaraannya.

"Meskipun Kris Wu memiliki kewarganegaraan Kanada, dia dapat dihukum berdasarkan hukum China karena diduga telah melakukan kejahatan di China," tulis Global Times pada Senin (2/8).

Selain itu, besar kemungkinan bagi Kris Wu untuk dideportasi dari China setelah menjalani hukumannya di penjara jika dia terbukti bersalah atas kejahatan tersebut. Lebih parah lagi, China memiliki hukuman maksimum hingga hukuman mati bagi siapa pun yang dituduh melakukan penyerangan seksual atau pemerkosaan.

People's Daily, menyatakan bahwa Kris Wu tidak akan mendapat pengecualian hukuman karena popularitasnya sebagai seorang selebritis. Jika kasus pemerkosaan yang ditujukan padanya benar, maka akan menjadi pembelajaran bahwa hukum berlaku sama bagi semua orang.

"Tidak akan ada pengampunan khusus, tidak peduli seberapa terkenalnya dia. Seseorang yang melanggar hukum akan dihukum sesuai dengan hukum," tulis koran resmi Partai Komunis tersebut.

"Kasus ini bukan sekadar rumor di industri hiburan lagi tetapi telah menjadi kasus nyata. Semakin populer seseorang, mereka harus lebih mematuhi hukum. Ini akan memberikan pelajaran tegas bahwa semua orang sama di mata hukum," sambung mereka.

2. Respon Netizen Terkait Hukuman Kris Wu

Berita penangkapan Kris Wu sontak menjadi sorotan netizen seluruh dunia, tak terkecuali di Korea Selatan. Khususnya, mereka menyoroti jika hukuman mati atas kasus pemerkosaan terhadap anak di bawah umur sesuai dengan undang-undang China benar-benar diterapkan untuk kasus Kris Wu.

Banyak yang setuju bahwa Kris Wu harus dijatuhi hukuman seberat-beratnya atas tindakan yang dilakukannya, jika akhirnya benar terbukti. Meski terdengar kejam, tak sedikit netizen yang justru setuju jika Kris Wu dieksekusi. Karena menurut mereka, orang yang melakukan kejahatan sekelas pemerkosaan tidak akan berubah meski mendapat hukuman terberat sekali pun.

"Jadi dia mati??" ujar salah satu netizen Korea di forum online.

"Pemerkosa dieksekusi??? Itu hal yang saya sukai tentang China," ungkap netizen lain.

3. Masih Banyak yang Mendukung

Di sisi lain, masih ada saja sejumlah penggemar Kris Wu yang masih setia mendukung sang idola. Mereka bahkan mengatakan ingin "menyelamatkan" Kris Wu dari penjara dan masih mempercayai bahwa idola mereka tersebut tidak bersalah.

Berbagai macam kegiatan yang dianggap tak masuk akal pun mereka lakukan. Beberapa penggemar bahkan membuat grup chat untuk membahas cara "mengunjungi Kris Wu di penjara" dan mengatakan "sampai jumpa di Beijing besok."

Beberapa selebritas terkenal termasuk penulis skenario Liuliu dan pendebat Ma Weiwei juga sempat membela Kris Wu. Ketika Kris Wu dikabarkan memanfaatkan pengaruhnya untuk 'tidur' dengan para penggemarnya, penulis skenario Liuliu berkata, "Wu Yifan terlihat sangat tampan, seharusnya suatu kehormatan bisa tidur dengannya."

Di sisi lain, Ma mengatakan bahwa bisa 'tidur' dengan Kris Wu merupakan sebuah "kesejahteraan. Namun, keduanya telah meminta maaf atas perkataan mereka tersebut.

Akun Weibo Ma telah ditangguhkan setelah Kris Wu ditahan. Dia meminta maaf pada hari Minggu (1/8) dari akun lain atas pernyataan sebelumnya, mengatakan "Saya pernah menjadi wanita yang bercerai dan tidak memiliki apa-apa, para wanita lah yang membantu saya," dan memposting video permintaan maafnya dengan penuh air mata.

4. Akun Resmi Dihapus Weibo

Yup, perusahaan media sosial China Weibo tak tinggal diam terkait kasus yang melibatkan artis 30 tahun tersebut. Akun resmi Kris Wu dan labelnya telah dihapus dan tidak lagi dapat diakses di Weibo.

Pada Minggu (1/8) lalu, Weibo mengumumkan bahwa mereka telah menutup 108 akun dan 789 grup yang melanggar pedoman komunitas mereka. Tindakan tegas ini tak pandang bulu, mengingat tingkat keparahan kasus yang menjerat Kris Wu.

Menurut daftar yang terungkap, akun-akun yang membela Kris Wu dan komunitas penggemarnya juga telah dihapus atau ditangguhkan. Nasib yang sama juga dialami oleh akun selebritas yang mendukung Kris maupun menyebut apa pun yang berkaitan dengannya.

Dalam berita terkait, sebagian besar lagu Kris Wu juga telah dihapus di situs streaming musik. Hanya tersisa 2 atau 3 lagu saja yang masih dapat diakses.

5. Patung Lilin Kris Wu Pakai Baju Tahanan

Sejak ditahan oleh polisi Beijing karena dugaan pemerkosaan, topik terkait tentang Kris Wu memicu diskusi luas di internet China. Tagar "Patung lilin Kris Wu" pun memperoleh lebih dari 310 juta pembacaan di Sina Weibo pada waktu perilisan pers.

Sebuah foto patung lilin Kris Wu mengenakan seragam penjara tersebar luas di internet. Namun, foto tersebut dikonfirmasi palsu oleh staf pekerja dari museum lilin Madame Tussauds Shanghai yang dikonfirmasi kepada Global Times pada Senin (1/8).

Seperti diketahui, patung lilin Kris Wu diperkenalkan oleh Madame Tussauds Shanghai pada tahun 2015 silam.

Sebelum menghilang dari peredaran, foto patung lilin Kris Wu mengenakan seragam penjara tersebut sempat dijadikan bahan candaan oleh beberapa netizen sebagai peringatan bagi selebriti lain. Mereka juga berkomentar bahwa Kris Wu juga harus mengubah gaya rambutnya agar sesuai dengan pakaiannya.

Bagaimana menurut KLovers?

Editor:   Renisya Satya Putri