5 Fakta Dita Karang Secret Number dan Perjuangan Menjadi Idol K-Pop Pertama dari Indonesia

Anik Setiyaningrum   | Kamis, 28 Oktober 2021 13:11 WIB
5 Fakta Dita Karang Secret Number dan Perjuangan Menjadi Idol K-Pop Pertama dari Indonesia
Dita Karang Secret Number (Credit: Instagram/dita.karang_new)

Kapanlagi.com - Dita Karang Secret Number merupakan idol K-Pop yang berasal dari Indonesia. Ketertarikannya pada kesenian, terutama seni tari sejak belia dan kerja keras telah membawanya menjadi bintang yang begitu bersinar seperti sekarang.

Fakta Dita Karang Secret Number terus menjadi perbincangan sejak awal debutnya. Selain karena skill yang mumpuni hingga dipercaya menempati posisi main dancer di grup, Dita Karang juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, terutama para penggemar K-Pop.

Meski awalnya cukup kesulitan dalam berbahasa Korea, kini dia justru menjadi jembatan bagi member lain untuk mengenal bahasa dan kuliner Indonesia. Nah, jika kalian ingin mengetahui lebih jauh tentang fakta Dita Karang Secret Number, langsung saja simak informasi berikut ini.

1. Dita Karang Secret Number, Idol K-Pop Pertama dari Indonesia

Sebelum Dita Karang Secret Number sebenarnya sudah ada Loudi yang debut bersama grup 14U pada tahun 2017 dan Vanya yang debut bersama grup Z-GIRLS pada tahun 2019 di Korea Selatan. Namun, Dita Karang kemudian dianggap sebagai idol K-Pop pertama yang berasal dari Indonesia. Ada beberapa hal yang konon disebut sebagai alasan lahirnya anggapan tersebut.

Meski berasal dari Indonesia, Loudi yang kini grupnya sudah bubar merupakan keturunan Korea-China. Sementara itu, Z-GIRLS, grup Vanya tersebut dianggap sebagai grup yang terinspirasi dari K-Pop alih-alih K-Pop itu sendiri. Sebab alasan-alasan tersebut, Dita Karang disebut-sebut sebagai idol K-Pop pertama dari Indonesia secara etnis.

2. Dita Karang Secret Number Pernah Menempuh Pendidikan di Amerika

Dita Karang Secret Number diketahui melanjutkan pendidikan di American and Dramatic Academy, New York setelah lulus SMA. Dita Karang mengambil jurusan Seni Tari dan Pertunjukan. Setelah lulus pada tahun 2017, dia mengikuti audisi dan diterima.

Selanjutnya, dia menjalani trainee di Born Star Training Center di New York. Tak hanya itu, ternyata dia juga sempat bergabung dengan komunitas tari ternama di Korea Selatan, yakni 1MILLION Dance Studio.

Tak heran jika kemampuan dance Dita Karang begitu luar biasa, dia sudah mulai berlatih sejak belia dan memutuskan secara serius untuk jadi perfomer sejak SMA. Dia pun sudah mengikuti lomba dance cover bersama teman-temannya untuk menyalurkan hobi tersebut.

3. Dita Karang Secret Number Mendapat Dukungan dari Dian Sastrowardoyo

Kabar bahwa Dita Karang yang debut sebagai member Secret Number tak hanya menghebohkan netizen dan penggemar K-Pop di Indonesia. Bahkan, Dian Sastrowardoyo, aktris yang telah membintangi banyak film itu juga turut bersorak bangga. Melihat respons Dian, netizen jadi bertanya-tanya tentang hubungan istimewa antara keduanya.

Hingga akhirnya diketahui bahwa Dian memang sudah mengenal idol asal Yogyakarta itu sejak lama. Hal tersebut terbuka setelah keduanya melakukan Instagram Live pada 24 Mei 2020 silam. Tak hanya itu, Dian bahkan bersaksi bahwa Dita Karang memang sudah menunjukkan bakatnya sejak kecil.

"Aku tahu betul dari masih piyik masih SD dia perjuangannya las les tari tiap hari kaya apa, dari yang namanya ballet, ballroom dance, terus ini anak memberanikan diri jatuh bangun mengadu nasib di dunia musical theatre di Broadway NewYork, terus dengan jam terbang dia keluar masuk audisi bertahun-tahun, urusan ditolak dan gak dapet peran itu udah makanan sehari-hari," tulis Dian di Instagram miliknya.

Kedekatan mereka berdua bermula saat Dian sedang menjalani proses pembuatan film DRUPADI di Yogyakarta. Dian mengatakan bahwa seperti anak kos yang sempat tinggal di rumah Dita Karang saat di Yogyakarta.

"Jadi aku sempet jadi kayak anak kos di rumahnya Dita," kata Dian.

4. Dita Karang Secret Number Sering Gagal Audisi, Termasuk Audisi JKT48

Sebelum menjadi bintang yang bersinar seperti sekarang, Dita Karang sudah melewati perjalanan yang begitu keras dan panjang. Saat di Amerika, misalnya, dia melamar di berbagai agensi drama musikal dan gagal berulang kali. Persaingan dengan ratusan pelamar lain memang tak mudah.

Tak hanya di Amerika, Dita Karang ternyata sempat kepikiran untuk berkarier di Indonesia dan mencoba mewujudkannya melalui audisi JKT48. Sayang sekali, Dita Karang tak lolos dalam audisi tersebut. Meski begitu, Dita Karang tak pernah menyerah dan terus melanjutkan perjuangannya untuk berkarier di dunia hiburan.

Akhirnya, dia memutuskan untuk berkarier sebagai idol K-Pop, musik yang sebenarnya sudah akrab dengannya sejak belia. Mimpinya perlahan terwujud saat dia bernaung di agensi VINE Entertainment dan menjalani training selama dua tahun sebelum akhirnya debut dengan Secret Number pada 2020 silam.

5. Dita Karang Secret Number Jadi Jembatan Bagi Member Lain Mengenal Bahasa dan Kuliner Indonesia

Meski awal kedatangan Dita Karang ke Korea Selatan menjadi hari-hari yang berat karena harus belajar bahasa setiap hari, kini dia malah jadi jembatan bagi member lain untuk mengenal bahasa Indonesia.

Karena kesulitan awal itu, Dita sempat dikira pendiam oleh Soodam karena tampak tak banyak bicara. Padahal dia memang belum mahir berbahasa Korea. Bahkan, Dita Karang juga merasa gugup saat debut karena merasa bahwa pengucapannya dalam bahasa Korea belum selancar member lain. Kesulitan juga dia dapat saat rekaman.

Dita berkata, "Waktu recording, sempat kayak enggak bisa, karena part aku juga kayak cepat banget kan, vocabulary enggak keluar, diulang-ulang terus kok enggak bisa."

Kini, kemampuan berbahasanya tak perlu diragukan. Bahkan, dia malah mengajari member lain yang ingin mengenal bahasa Indonesia. Dia juga sering memasak menu Indonesia untuk para member.

"Untuk teman-teman yang lain juga aku pernah masakin masakan Indonesia waktu itu, mereka pada suka, paling suka waktu itu balado, nasi goreng, bakwan jagung," kata Dita.

Nah, KLovers, itulah sejumlah fakta Dita Karang Secret Number yang dianggap sebagai idol K-Pop pertama dari Indonesia.

Editor:   Anik Setiyaningrum