Fakta Leeteuk si Best Leader Super Junior yang Punya Masa Lalu Suram - Berteman dengan J-Hope BTS

Anik Setiyaningrum   | Jum'at, 22 Oktober 2021 11:44 WIB
Fakta Leeteuk si Best Leader Super Junior yang Punya Masa Lalu Suram - Berteman dengan J-Hope BTS
Leeteuk (Credit: Instagram/xxteukxx)

Kapanlagi.com - Leeteuk yang punya nama asli Park Jung-soo merupakan seorang idol dan presenter dari Korea Selatan. Kariernya sebagai MC sudah dimulai sejak dia debut bersama Super Junior pada tahun 2005. Saat itu, dia memandu acara MNET'S M! COUNTDOWN bersama Kangin dan Shindong Super Junior.

Tak lama setelah itu, pada tahun 2007, Leeteuk punya acara sendiri yang berjudul LEETEUK'S LOVE FIGHTER. Acara tersebut diadakan untuk membantu masalah percintaan yang dihadapi oleh bintang tamu. Berkat itu, idol yang lahir pada 1 Juli 1983 ini diganjar penghargaan "Star King Best Newcomer Strong Heart Award" di ajang SBS Entertainment Awards 2009" dan "Star King Excellence Award (Talk Show Division)" di SBS Entertainment Awards 2011.

Meski kariernya tampak gemilang hingga kini, ada fakta Leeteuk mengenai masa lalu yang suram. Jika kalian ingin mengetahuinya lebih jauh, langsung saja simak informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Leeteuk si Best Leader Super Junior

Sebagai member yang menjalani masa trainee paling lama dan usia paling tua, Leeteuk dipercaya untuk menjadi leader Super Junior. Pada sebuah reality show di masa lalu, Leeteuk ditanya mengapa dirinya bisa menjadi leader? Dia menjawab karena usianya yang paling tua di antara member lain.

Namun, Eunhyuk membantah hal tersebut dan berkata bahwa Leeteuk dipilih karena kepribadiannya yang baik. Hal itu terbukti pada usaha dan tanggung jawabnya dalam berbagai momen yang dilalui Super Junior. Dahulu, Super Junior sempat akan dibubarkan jika tak berhasil dalam promosi lagu Miracle.

Namun, Leeteuk menyembunyikan rencana ini dari para member dan menanggung beban sendirian. Hal itu dia lakukan agar mereka tak kehilangan semangat dalam berlatih dan promosi. Terbukti, lagu tersebut berhasil mengangkat Super Junior sebagai grup senior yang bahkan, masih jadi panutan bagi para idol junior hingga kini.

Barangkali, karena jiwa kepemimpinan si Leader yang luar biasa inilah, Super Junior pun bisa bertahan hingga sekarang berusia 16 tahun.

2. Leeteuk si Pencetus Gaon Chart Music Awards

Selain kemampuannya sebagai idol dan leader yang membanggakan, ternyata Leeteuk merupakan inisiator dalam berbagai hal besar, salah satunya yakni 'GAON CHART MUSIC AWARDS' pada 2011 silam. Dia bertemu dengan Menteri Korea Selatan dan mengatakan bahwa para musisi memerlukan wadah yang kredibel untuk mengapresiasi K-Pop.

"Halo, saya yang berdiri di tengah K-Pop, Leeteuk. Saya telah memikirkan juga tentang hal-hal apa yang kita butuhkan (untuk hallyu wave) dan dapat berjalan dalam jangka panjang. Dengan itu saya memikirkan agar bisa berlanjut dalam jangka panjang, saya rasa kita membutuhkan bantuan dari seluruh bangsa," kata Leeteuk dalam pertemuan tersebut.

Leeteuk melanjutkan, "Bukan hanya untuk kota, tetapi juga para junior yang bekerja keras. Jika kita menerima minat yang besar dari seluruh bangsa dan masyarakat Korea Korea Selatan bukankah budaya negara kita akan mendapatkan pengakuan besar si seluruh dunia dan menjadi kekuatan biaya yang hebat." Sejak saat itu, pemerintah Korea Selatan memberi dukungan secara resmi kepada para musisi.

3. Leeteuk Punya Masa Lalu yang Suram

Pada sebuah acara tv beberapa tahun silam, Leeteuk pernah mengungkapkan bahwa dirinya punya masa kecil yang tak bahagia. Ketidakbahagiaan itu berasal dari kedua orang tuanya yang sering bertengkar hingga akhirnya memutuskan untuk pisah. Bahkan ayahnya, Park Yong-in juga sering memukul Leeteuk dan membuatnya ketakutan pada sosok ayah, "Ayah sangat menakutkan bagi saya saat itu," kata Leeteuk.

Tak berhenti sampai di situ, pada tahun 2014 silam, saat dirinya sudah menjadi idol yang bersinar, kabar buruk kembali datang dari ayahnya. Ayahnya ditemukan gantung diri di kamar. Sebelum itu, sang ayah juga membunuh kedua orang tuanya dengan cara mencekik mereka. Leeteuk jelas sangat terpukul hingga dikabarkan mengalami depresi.

Selain itu, sang ayah juga meninggalkan utang yang berjumlah hingga puluhan miliar. Tentu, hal itu menambah beban bagi Leeteuk yang harus membayarnya.

4. Leeteuk Berteman dengan J-Hope BTS

Meski usia Leeteuk dan J-Hope BTS terpaut cukup jauh, sekitar 11 tahun, ternyata keduanya berteman dengan cukup dekat. Kedekatan mereka terungkap pada tahun 2019 silam, saat Leeteuk menjadi bintang tamu di acara Knowing Brothers. Dia mengatakan bahwa kenal baik dengan orang tua J-Hope BTS. Cerita perkenalan mereka sebenarnya cukup unik.

Ya, ternyata Leeteuk dan orangtua J-Hope bertetangga dan tinggal di kompleks apartemen yang sama. Dia tak sengaja berpapasan dengan ayah J-Hope saat akan pergi ke sauna. Ayah J-Hope menyapa dan bertanya apa benar dia adalah Leeteuk? Leeteuk mengiyakan dan ayah J-Hope memperkenalkan diri sambil berkata jika anaknya juga seorang selebritas. Saat itu, Leeteuk belum kenal dengan J-Hope.

Karena bertetangga, orangtua J-Hope mengirim makanan kepada Leeteuk. Dia pernah mengunggah foto kotak kiriman makanan yang dibungkus kain berwarna coklat muda dan menceritakan bahwa itu kimchi buatan ibu J-Hope.

"Keluarga J-Hope membuatkanku kimchi, karena sekarang musim dingin. Ibu J-Hope berbagi beberapa denganku. Aku akan sangat menikmati ini. Kami sangat sering bertemu akhir-akhir ini. Dia bilang aku bisa berbagi foto ke semua orang. Jadi aku rasa tidak apa-apa untuk mempostingnya serta membagikan betapa bersyukurnya diriku. Terima kasih banyak kepada ibu J-Hope karena membuat musim ini menyenangkan dengan beberapa cinta tetangga,"

Kini, tak hanya kenal dengan orangtuanya, tapi Leeteuk juga dekat dengan J-Hope. Bahkan, J-Hope memberi ucapan selamat ulang tahun kepadanya. Hal itu disampaikan Leeteuk saat melakukan siaran di channel Youtube pribadinya saat perayaan ulang tahun.

Ketika ditanya ada berapa banyak orang yang memberi ucapan, dia sempat menyebut nama J-Hope. Leeteuk bercerita jika saat itu, J-Hope berkata, "Hyung aku terlambat. Aku minta maaf. Selamat ulang tahun."

Nah, itulah sederet fakta Leeteuk si best leader Super Junior yang terus bersinar sejak debut hingga kini.

Editor:   Anik Setiyaningrum