Fakta Mahkota Emas Kuno Seperti di Drama Queen Seon Deok, Terbanyak di Dunia - Punya Arti di Tiap Ornamennya

Mita Anandayu   | Sabtu, 04 April 2020 19:15 WIB
Fakta Mahkota Emas Kuno Seperti di Drama Queen Seon Deok, Terbanyak di Dunia - Punya Arti di Tiap Ornamennya

Kapanlagi.com - Siapa yang pernah menonton drama Korea Queen Seon Deok? Masih ingat bagaimana mahkota yang dipakai sama sang ratu? Kalau kamu ingat bagaimana bentuknya, mahkota tersebut ternyata punya fakta menarik lho.

Drama Queen Seon Deok menceritakan tentang kerajaan Silla. Begitupun mahkota yang digunakan oleh sang ratu punya sejarah dari kerajaan Silla. Queen Seon Deok merupakan ratu pertama di Silla. Sedangkan mahkotanya sendiri kini menjadi mahkota emas kuno terbanyak di Dunia.

Drama Korea Queen Seon Deok © MBCDrama Korea Queen Seon Deok © MBC

1 dari 4 halaman

1. Mahkota Emas Kuno Terbanyak di Dunia

Mahkota Emas Kuno Terbanyak di Dunia Cheonmachong © Badan Urusan Warisan Seni Budaya via KBS World
Tahukah kamu? Di antara 13 mahkota emas kuno yang ditemukan di seluruh dunia, tujuh berasal dari Kerajaan Silla Korea kuno (tahun 57 SM-935 SM). Inilah yang juga menjadi alasan Silla dikenal sebagai kerajaan mahkota emas. Silla dianggap sebagai yang terdepan dalam produksi mahkota emas di masa kuno. Nggak main-main, mahkota emas tersebut terbuat dari emas murni!

Awalnya, sebuah mahkota ditemukan saat penggalian di tumulus (sebuah gundukan tanah dan batu yang dibangun di atas makam) Cheonmachong pada tahun 1973. Menurut KBS World, Makam Cheonmachong yang dibangun sejak akhir abad ke-5 hingga awal abad ke-6 adalah satu-satunya makam yang ruang dalamnya terbuka di antara makam-makam di Kompleks Daereungwon. Makam tersebut dijuluki Cheonmachong karena penemuan hasil penggalian berupa peralatan kuda yang bergambar 'kuda terbang di langit'. Mahkota emas yang ditemukan di makam ini mewakili budaya emas Silla karena penampilannya paling mewah dan besar di antara mahkota emas Silla yang ditemukan hingga saat ini.

Lukisan kuda surga (cheonmado) © Badan Urusan Warisan Seni Budaya via KBS WorldLukisan kuda surga (cheonmado) © Badan Urusan Warisan Seni Budaya via KBS World

Seperti yang dikutip dari korea.net, selain mahkota juga ditemukan gelang dan perhiasan lainnya saat itu. Pada saat ditemukan, mahkota emas setinggi 32,5 cm tersebut dikenakan di kepala dari tubuh yang dimakamkan di makam tersebut.

2 dari 4 halaman

2. Ornamen Tanduk Rusa dan Ranting Pohon, Apa Artinya?

Ornamen Tanduk Rusa dan Ranting Pohon, Apa Artinya? Mahkota Emas Kuno Kerajaan Silla © Korea.net
Mahkota emas sangat berarti bagi orang-orang Kerajaan Silla. Seperti yang dikutip dari prkorea.com, mahkota Silla dihiasi dengan ornamen yang menyerupai tanduk rusa dan ranting pohon. Mengapa harus rusa dan ranting pohon?

Jadi, saat itu rusa dianggap sebagai binatang suci. Orang Silla kuno melihat rusa sebagai objek yang umum dalam karya seni serta pembawa pesan surga. Sedangkan ranting pohon dianggap sebagai lambang kehidupan abadi karena selalu memanjakan diri dan juga jalur menuju surga. Lalu, sedangkan emas sendiri menandakan keabadian.

3 dari 4 halaman

3. Bagian-bagian Mahkota Emas Kuno

Mahkota Emas Kuno Kerajaan Silla terdiri dari tiga bagian yang menyerupai ranting pohon, sedangan dua ornamen tanduk yang menonjol yang terbuat dari pita emas tebal di sekitar kepala. Giok melengkung dan emas yang menutupi ornamen memberikan tampilan yang mewah pada mahkota. Desain dengan giok melengkung seperti itu sering kali dikenakan oleh orang-orang Silla yang menunggang kuda, yang juga menyembah pohon.

Terdapat juga ratusan ornamen bulat yang dikaitkan dengan kawat emas. Selain itu, ada juga hiasan dari giok untuk menggantungkan ornamen-ornamen bulat tersebut. Lebih uniknya lagi, hiasan tersebut diukir seperti embrio yang merupakan lambang kesuburan, berlimpah, dan kehidupan yang abadi.

4 dari 4 halaman

4. Jadi Warisan Seni Budaya

Belum tahu berapa tepatnya mahkota tersebut dibuat, namun diperkirakan dibuat antara akhir 400-an dan awal 500-an. Hal ini dilihat dari peninggal lain yang ditemukan pada makam. Namun, belum bisa dipastikan siapa raja Silla yang memiliki mahkota tersebut.

Mengingat mahkota tersebut ditemukan di makam raja-raja, banyak yang memperkirakan bahwa mahkota tersebut melambangkan tekad raja Silla untuk melindungi rakyat bahkan setelah kematian. Kerajaan Silla berjaya selama 1000 tahun. Jarang menemukan dinasti yang berjaya selama ini karena rata-rata hanya akan berjaya sekitar 150 tahun.

Mahkota emas Silla mewakili warisan kerajaan yang bertahan selama ribuan tahun tersebut. Itulah sebabnya mahkota emas kuno kerajaan Silla masuk ke dalam daftar National Treasure No. 188.

(kpl/mit)

Editor:  

Mita Anandayu

TOPIK TERKAIT