Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Sisi Lain dan Seputar Fakta NCT 127, Tersandung Kasus Plagiarisme Jelang Comeback

Anik Setiyaningrum   | Rabu, 01 September 2021 20:33 WIB
Sisi Lain dan Seputar Fakta NCT 127, Tersandung Kasus Plagiarisme Jelang Comeback
NCT 127 (Credit: Instagram/nct127)

Kapanlagi.com - NCT 127, grup K-Pop yang merupakan sub unit kedua NCT ini sedang bersiap untuk comeback pada 17 September mendatang. Grup yang dicintai NCTzen ini berisi 10 idol keren dan bertalenta, yakni, Taeyong NCT, Taeil NCT, Yuta NCT, Jaehyun NCT, Winwin NCT, Mark NCT, Haechan NCT, Johnny NCT, Doyoung NCT, dan Jungwoo NCT.

Perubahan-perubahan pada akun media sosial, hingga rilis album pun sudah tampak terkonsep dengan matang. Bahkan, NCTzen sudah menduga-duga konsep detail yang akan dibawa NCT 127 lewat comeback kali ini. Mereka sudah tak sabar menyaksikan kegemilangan hasil kerja keras NCT 127 yang bahkan sudah terjual 1,3 Juta copy lewat pre-order itu.

Meski dikenal gemilang sejak awal debutnya, bukan berarti NCT 127 tak pernah punya halangan. Bahkan, belum lama ini, mereka hampir terkena kasus plagiarisme. Bayangkan, kegaduhan itu muncul ketika jadwal mereka comeback sudah tinggal menghitung hari! Lalu, seperti apa kelanjutannya? Simak fakta NCT 127 serta informasi jelang debutnya berikut ini.

1. NCT 127 Sudah Gemilang Sejak Awal Debut

Gambar

Pada awal debutnya, NCT 127 tak beranggotakan 10 orang seperti sekarang, tapi hanya beranggotakan tujuh orang. Tujuh member tersebut adalah Taeil, Taeyong, Yuta, Mark, Winwin, dan Haechan. Mereka bertujuh debut dengan single Fire Truck dan Once Again pada 7 Juli 2016.

NCT 127 bisa dikatakan gemilang karena di awal debut itu sudah berhasil berada di peringkat dua Billboard World Album Chart. Pada tanggal 5 Desember atau lima bulan setelah debutnya, mereka mengeluarkan video dance yang berjudul 'Good Thing'. Tak disangka, kegemilangan NCT 127 teryata terus bertambah hingga sekarang lima tahun berjalan.

2. NCT 127 Rilis Teaser

Gambar

Dibuka dengan tulisan "NCT 127 Access into a Dream" dengan font khas coding berwarna hijau, video teaser "Who is STICKERS" comeback NCT 127 menampilkan berbagai kegiatan para member di dalam ruangan. Mereka semua punya kesibukan masing-masing.

Ada yang merekam menggunakan handycam, membuat minuman, sikat gigi, membaca, minum kopi, mengamati akuarium dan lain sebagainya. Kegiatan mereka yang mirip sekelompok mahasiswa dalam satu rumah itu seketika berubah setelah Jungwoo mengutak-atik suatu alat.

Segalanya berubah menjadi tampak lebih misterius, sekaligus canggih dengan sentuhan efek coding pada video. Video berdurasi 3:27 detik yang diunggah di Youtube resmi NCT 127 pada 20 Agustus itu telah ditonton lebih dari 2,5 juta kali. Apa kalian sudah menontonnya?

3. Sehari Dibuka, Pre-Order Album

Gambar

Kabar yang luar biasa datang dari pencapaian NCT 127. Sejak dibuka pada Senin, 23 Agustus 2021, NCT 127 berhasil meraih 1,3 pre-order album comeback 'STICKER' yang dijadwalkan pada 17 September mendatang. Sebenarnya, kabar perilisan album itu sudah dibocorkan pada saat gelaran fanmeeting mereka beberapa waktu yang lalu.

Tak hanya itu, rambu-rambu tentang comeback NCT 127 seolah juga disampaikan lewat penggantian logo profil Instagram menjadi logo NCIT: Neo Culture Institute of Technology. Deskripsi Instagram juga diubah menjadi NCDC:NCIT Coding Crew yang berlokasi di Neo Culture Institute of Technology. Wah, sebagai NCTzen militan, tentu kalian cukup terusik untuk menelusuri tanda tersebut kan?

Meski beberapa perubahan di Instagram itu belum jelas ada hubungannya dengan konsep comeback, tapi kata kunci seperti NCIT dan Coding Crew sempat menjadi trending topic di Twitter. Namun, setelah melihat video teaser "Who is STICKERS" konsep comeback kali ini makin tampak jelas, kan?

4. Jelang Comeback, NCT 127 Tersandung Kasus Plagiarisme Poster

Gambar

Pada 24 Agustus lalu, Downtown Boys, band asal Amerika mengatakan bahwa poster yang ada pada salah satu foto konsep NCT 127 terbaru terlihat mirip dengan salah satu poster mereka pada tahun 2016. Melihat pernyataan tersebut, NCTzen tentu khawatir jika idolanya terancam dituduh melakukan plagiarisme poster. Oleh karena itu, mereka pun meminta mendesak SM Entertainment selalu pihak agensi untuk memberikan penjelasan.

Tak lama setelah itu, perusahaan yang merancang properti dalam pemotretan NCT 127 mengatakan bahwa mereka memang ditugaskan untuk membuat ruangan khas mahasiswa. Oleh karena itu, mereka memberi properti poster pada dinding ruangan. Kronologi penciptaan poster yang membuat NCT 127 hampir dituduh melakukan plagiarisme itu berawal dari salah satu karyawan perusahaan yang mengidolakan Downtown Boys.

Setelah ia mengetahui bahwa konsep dekorasi pemotretan akan sesuai dengan poster Downtown Boys, mereka melakukan modifikasi dan memasang poster tersebut di dinding ruangan sebagai dekorasi. Setelah menyadari kesalahannya yang menggunakan karya orang lain tanpa izin, pihak perusahaan meminta maaf.

"Kami meminta maaf pada grup Downtown Boys serta desainer grafis mereka karena telah memodifikasi dan menggunakan poster tanpa izin," tulis perusahaan tersebut.

Tak hanya kepada desainer asli poster Downtown Boys, pihak perusahaan juga meminta maaf kepada SM Entertainment dan NCT 127 karena telah menyebabkan keributan.

Nah, itulah fakta NCT 127 yang meski gemilang sejak debut tetap saja pernah alami halangan bahkan jelang comeback-nya kali ini.

Editor:   Anik Setiyaningrum