Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Fakta STAYC, Dinobatkan Sebagai Best Rookie - Banjir Tawaran Iklan Setelah Debut

Selasa, 02 November 2021 12:33 WIB
5 Fakta STAYC, Dinobatkan Sebagai Best Rookie - Banjir Tawaran Iklan Setelah Debut
STAYC (Credit: Twitter/@weverseofficial)

Kapanlagi.com - STAYC atau Star To A Young Culture merupakan girl group baru asal Korea Selatan. Sejak kemunculannya pada November 2020, mereka terus melaju kencang meraih popularitasnya hingga kini. Mereka merilis single debut Star to a Young Culture yang juga merupakan kepanjangan nama grup dalam naungan High Up Entertainment tersebut.

Kini, bahkan belum genap satu tahun debut, mereka telah mendulang popularitas. Dinominasikan dalam berbagai penghargaan hingga mendapat tawaran iklan. Grup yang berisi Sumin, J, Sieun, Isa, Yoon, dan Seeun ini pun disebut-sebut sebagai girl group generasi keempat, bersama aespa dan ITZY.

Pada tahun 2021, STAYC pun comeback dengan konsep yang segar dan makna lagu yang dalam. Nah, bagi kalian yang ingin mengenal grup yang disebut sebagai Best Rookie ini, silakan simak fakta STAYC yang dilansir melalui berbagai sumber berikut ini.

1. Pradebut STAYC

Gambar

Dahulu, pada masa pradebut, STAYC dikenal sebagai 'High Up Girls'. Nama itu sesuai dengan nama agensi mereka, yakni Hig Up Entertainment.

Sebelum debut, mereka melakukan promosi di kanal Youtube 1theK. Para member menampilkan cover dance lagu dari grup populer, seperti BTS, BLACKPINK, dan Stray Kids.

Selanjutnya, pada September 2020, Black Eyed Pilseung dari High Up Entertainment membuat pengumuman bahwa Sieun merupakan member dari STAYC. Single album mereka, Star to a Young Culture pun digarap oleh duo produser yang terdiri dari Song Joo-young dan Choi Kyu-sung itu.

Mereka merupakan produser yang dikenal telah menggarap lagu-lagu hits sebelumnya, sepertu TT TWICE dan Touch My Body SISTAR.

2. STAYC Debut dan Banjir Tawaran Iklan

Gambar

Debut pada November 2020 silam, STAYC bisa dikatakan masih sangat baru terjun di industri K-Pop. Mereka debut dengan album Star to a Young Culture yang berisi dua lagu, yakni So Bad dan Like This.

Setelah itu, pada April 2021 atau lima bulan setelah debut, mereka melakukan comeback dengan album kedua berjudul Staydom. Tak hanya meraih kesuksesan dengan ASAP, lagu utama album tersebut, pada lima bulan debut mereka mendapatkan banyak tawaran iklan.

Meski baru seumur jagung, STAYC menjadi endorser LG Household and Health Care. Setelah itu, setiap member STAYC bahkan diumumkan menjadi model brand produk kecantikan Korea yang berbeda. J menjadi model The Faceshop, brand produk perawatan, kosmetik, dan kulit. Yoon, Isa, dan Sumin STAYC menjadi model brand makeup Code Glokolor.

3. STAYC Dinobatkan Sebagai Best Rookie

Gambar

STAYC dinobatkan sebagai Best Rookie oleh Billboard Korea. Sebutan itu rasanya memang pantas disematkan kepada STAYC. Pasalnya, mereka segera mendulang popularitas dan berhasil memenangkan penghargaan tak lama setelah debut.

Pada gelaran ajang Brand Customer Loyalty Award 2021, STAYC berhasil menang dalam kategori Female Rookie. Pada acara penghargaan lain, seperti Gaon Chart Music Awards 2021, album mereka juga masuk dalam nominasi Artist of the Year-Digital.

Bahkan, pada ajang Seoul Music Awards 2021, mereka masuk pada tiga nominasi sekaligus, yakni Rookie of the Year, K-wave Popularity Award, Popularity Award. Bicara soal popularitas tersebut, Sieun merasa bersyukur ketika sejumlah pihak menyebut STAYC sebagai girl group generasi keempat. Bahkan, mereka juga disandingkan dengan aespa dan ITZY.

Melansir dari Soompi, Sieun berkata, "Kami bersyukur dipanggil seperti itu. Hal itu menjadi motivasi bagi kami untuk bekerja sesuai dengan nama itu, tetapi ini adalah tekanan yang membahagiakan".

Pada bulan Oktober lalu dalam gelaran he Fact Music Awards 2021, STAYC berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Next Leader. Mereka benar-benar membuktikan bahwa lagu ASAP dan Stereotype berhasil meraih popularitas dan pencapaian yang memuaskan di chart musik digital.

4. Member STAYC yang Sudah Populer Sebelum Debut

Gambar

Terdapat member STAYC yang sudah meraih popularitas sebagai aktris di berbagai drama. Dia adalah Sieun yang juga merupakan putri dari penyanyi veteran Korea, Park Nam Jung. Wajar jika Sieun kemudian menempati posisi sebagai vokalis utama, bakatnya dalam tarik suara diwarisi dari ayahnya.

Judul drama yang dibintangi oleh Sieun pun tak sedikit. Wajar pula jika dia dikatakan sudah populer, bahkan sebelum debut sebagai idol. Judul drama yang pernah dia bintangi, antara lain SIGNAL, MYSTIC POP-UP BAR, DO YOU LIKE BRAHMS. Perlu kalian ketahui juga bahwa pada tahun 2018, dia berhasil memenangkan penghargaan 'Youth Acting Award' di SBS Drama Awards melalui perannya dalam drama STILL 17.

5. STAYC Comeback 2021 Bertajuk 'Stereotype'

Gambar

Setelah berbagai prestasi yang mereka raih sejak awal debut, STAYC masih terus melaju dan masih terus mencuri perhatian dari para penggemar K-Pop. Mereka dianggap punya karakter vokal tiap member dan itu membuat lagu mereka jadi easy listening.

Pada 6 September 2021 yang lalu, STAYC baru merilis album mini berjudul 'Stereotype'. Album mini ini berisi empat lagu, yakni Stereotype, I'll Be There, Slow Down, dan Complex. Comeback kali ini mengusung konsep teen fresh yang tentu saja, membuat para penggemar gemas.

Tak hanya bikin gemas, lagu Stereotype sebenarnya membawa pesan yang mendalam, yakni untuk tak berprasangka kepada orang hanya karena penampilannya. Kabar gembira, penjualan album STAYC kali ini juga memecahkan rekor penjualan album sebelumnya. Apalagi, MV mereka juga sempat trending 1 di Youtube Korea Selatan.

Nah, KLovers itulah sejumlah fakta STAYC sebagai girl group baru yang telah berhasil menorehkan banyak prestasi, bahkan sejak awal kemunculannya.