Fans K-Pop Khawatir Soal Rencana Kebijakan Baru Impor Barang, Beli Album Idol dan Skincare Korea Bisa Makin Mahal

Ayu Srikhandi   | Kamis, 26 Desember 2019 14:55 WIB
Fans K-Pop Khawatir Soal Rencana Kebijakan Baru Impor Barang, Beli Album Idol dan Skincare Korea Bisa Makin Mahal

Kapanlagi.com - Fans K-Pop dan pecinta makeup & skincare Korea sedang merasa khawatir dengan rencana baru soal impor barang oleh Kemenkeu. Lewat Twitter resmi, Bea Cukai mengungkapkan kalau batas pembebasan (de minimis value) diturunkan drastis.

"@kemenkeuRI akan mengubah aturan tentang pembebasan (de minimis value) barang kiriman semula USD75 menjadi USD3," tulis akun resmi Bea Cukai.

1 dari 2 halaman

1. Bikin Pajak Impor Makin Mahal

Bikin Pajak Impor Makin Mahal © twitter.com/beacukaiRI
Maksud dari cuitan ini sendiri adalah, barang dengan nilai US$ 3 (dan lebih) otomatis akan terkena pajak saat masuk ke Indonesia. Hal ini berbeda jauh dengan kebijakan saat ini, di mana ketentuannya barang dengan nilai US$ 75 (dan lebih) baru akan dipungut pajak.

Jadi kalau selama ini penggemar K-Pop biasa ikut membeli album dari Korea langsung untuk mendukung artis idola, siap-siap harganya akan naik. Begitu juga dengan skincare dan makeup, karena cukup jarang yang harganya di bawah US$ 3.

2 dari 2 halaman

2. Pajak yang Harus Dibayarkan

Pajak yang Harus Dibayarkan © twitter.com/beacukaiRI
Ketentuan lebih lanjut soal Bea Masuk yang harus dibayarkan jika membeli barang dari luar negeri seperti berikut.

"Nah selain Bea Masuk, pemerintah juga menyesuaikan tarif pungutan Pajak Dalam Rangka Impor, meliputi:
Bea Masuk: 7,5% (tetap)
PPN 10% (tetap)
PPh 0% (semula 10% dengan NPWP atau 20% tanpa NPWP)," lanjut cuitan Bea Cukai.

Jadi kalau kamu membeli album idol K-Pop dari Korea, yang biasanya dipatok harga kisaran US$ 17 (238 ribu), berarti kamu haru menambahkan Bea masuk sebesar 7,5% dan PPN sebesar 10% dari harga album. Sehingga kamu harus membayar Bea Masuk US$ 1,3 (18,2 ribu) ditambah PPN US$ 1,7 (24 ribu). Tentunya belum termasuk ongkos kirim.

Nah kalau kamu membeli tas, tekstil, dan sepatu dari luar negeri, pajak yang diberlakukan berbeda ya. Sampai saat ini, kebijakan di atas masih rencana dan belum dipastikan kapan akan diberlakukan.

Kamu juga bisa membaca detail lebih lengkap soal rencana kebijakan baru soal impor ini dan apa alasan ada kebijakan tersebut ke Twitter official @beacukaiRI.

(kpl/jje)

Editor:  

Ayu Srikhandi

TOPIK TERKAIT