Film dan Aktor Korea Terburuk Sepanjang Tahun 2020 Versi Raspberry Film Festival

Renisya Satya Putri   | Kamis, 17 Desember 2020 08:18 WIB
Film dan Aktor Korea Terburuk Sepanjang Tahun 2020 Versi Raspberry Film Festival
Raspberry Film Festival © istimewa

Kapanlagi.com - Penghargaan tidak hanya diberikan kepada film dengan pencapaian gemilang, tapi juga sebaliknya. Jika di Amerika Serikat ada Golden Raspberry Awards (Razzies) yang memilih film dengan sinematik terburuk, Korea Selatan memiliki Raspberry Film Festival yang memberikan piala untuk film terburuk di negeri ginseng.

Untuk Raspberry Film Festival sendiri, survei dilakukan terhadap 25 reporter yang bertanggung jawab atas industri film untuk memilih film terburuk yang dirilis mulai 1 Desember 2019 hingga 30 November 2020. Setiap reporter diberikan tiga kategori untuk memilih film terburuk, aktor dengan akting terburuk, dan juga aktor dengan perilaku terburuk.

1. Film Terburuk

Di tahun 2020, gelar film terburuk dianugerahkan kepada THE GOLDEN HOLIDAY. Buat kamu-kamu yang belum nonton, film komedi laga ini ditulis dan disutradarai oleh Kim Bong Han, serta dibintangi oleh Kwak Do Won, Kim Dae Myung, Kim Sang Ho dan Kim Hee Won.

Para reporter yang memilih THE GOLDEN HOLIDAY sebagai film terburuk sepakat bahwa film ini nggak lucu dan alur ceritanya jauh dari kata menarik. Sembilan dari dua puluh lima reporter yang memilih film ini dengan mengatakan "Produksi filmnya dieksekusi dengan buruk," "Filmnya nggak lucu dan nggak menyenangkan," dan "Nggak ada alasan untuk keluar uang demi menonton film ini." Dengan biaya produksi sekitar 9,1 miliar won (sekitar Rp 117,6 miliar), THE GOLDEN HOLIDAY hampir nggak mampu mendatangkan 530.000 penonton di box office. Beberapa alasan mereka termasuk

Film kedua dalam daftar ini adalah film ROAD FAMILY yang dipilih oleh delapan dari dua puluh lima reporter. Film yang tayang perdana pada bulan Juli ini kurang sukses menarik perhatian penonton dan hanya mendatangkan 5.477 penonton di box office.

2. Aktor dengan Akting Terburuk

Kategori berikutnya adalah aktor dengan akting terburuk sepanjang tahun 2020 yang jatuh pada Chorong A Pink. Chorong debut di industri film melalui ROAD FAMILY, sembilan tahun sejak debutnya bareng A Pink tahun 2011 silam.

Idol cantik ini mendapat kritik pedas karena aktingnya yang 'seperti robot' karena nggak bisa menggambarkan atau menyampaikan emosi yang dalam dalam film tersebut. Kritik yang ditujukan pada Chorong termasuk "Ini adalah akting terburuk dari member grup idol," dan "Dia benar-benar membutuhkan latihan akting."

Sementara itu, aktor yang menduduki urutan kedua kategori ini adalah Bae Jung Nam. Aktor ini membintangi MR. ZOO: THE MISSING VIP dan OKAY! MADAM.

3. Aktor dengan Perilaku Terburuk

Terakhir, Raspberry Film Festival juga memilih aktor dengan perilaku terburuk, yaitu kategori yang meneliti tentang sikap, perilaku, dan kepribadian aktor. Meski dikenal karena kemampuan aktingnya yang luar biasa, aktor Kwak Do Won terpilih sebagai yang terburuk tahun ini.

Kwak Do Won memainkan karakter utama dalam dua film tahun ini, yakni THE GOLDEN HOLIDAY dan STEEL RAIN 2: SUMMIT. Menjadi pemeran utama di dua film tersebut, Kwak Do Won nggak pernah muncul dalam wawancara apapun tentang proyeknya. Setelah terlibat dalam rumor penyerangan anggota staf syuting pada bulan Juni lalu, dia nggak pernah menanggapi wawancara promosi untuk filmnya.

Di sisi lain, Kwak Do Wong tampil dalam berbagai variety show yang menampilkan citranya secara berbeda. Dia dikritik karena "tampil di acara televisi tanpa penjelasan apa pun tentang insiden penyerangan dan menggambarkan dirinya sebagai orang yang baik hati."

Editor:   Renisya Satya Putri

Topik Terkait