Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Gandeng YouTube Dalam Penggarapan ‘Remastering Project' MV Lawas Idol Mereka, SM Entertainment Bagikan Alasan dan Kesulitan Pada Proyeknya Tersebut!

Editor KapanLagi.com   | Selasa, 09 November 2021 15:43 WIB
Gandeng YouTube Dalam Penggarapan ‘Remastering Project' MV Lawas Idol Mereka, SM Entertainment Bagikan Alasan dan Kesulitan Pada Proyeknya Tersebut!
Credit: SM Entertainment

Kapanlagi.com - SM Entertainment resmi mengumumkan akan melakukan Remastering Project dan juga berkolaborasi dengan YouTube dalam pelaksanaannya. Pengumuman ini resmi disampaikan mereka pada press conference yang dihelat pada tanggal 4 November 2021 lalu. Di dalam press conference ini, dihadiri oleh beberapa idola, CEO SM Entertainment, dan perwakilan dari pihak YouTube. Beberapa idola yang turut hadir di dalam press conference tersebut di antaranya ada, Karina dan Giselle AESPA

Di dalam press conference yang dilaksanakan secara online tersebut, mereka secara lengkap dan tuntas membahas mengenai Remastering Project ini. Diawali dengan memperkenalkan proyek ini, hingga menjelaskan mengapa hal tersebut cukup penting dilakukan oleh SM Entertainment. Rencananya, SM Entertainment juga akan segera memamerkan proyeknya tersebut ke masyarakat luas. 

Tak hanya menjelaskan alasan mengapa proyek ini menjadi hal yang krusial untuk dilakukan, khususnya pada MV Lawas Idol Mereka, SM Entertainment juga membagikan beberapa hal yang menjadi rintangan dan kesulitan di dalam prosesnya. Ingin tahu bagaimana alasan lengkap dan juga kesulitan apa saja yang dialami pihak SM Entertainment dan YouTube di dalam Remastering Project ini? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Alasan Kuat dan Penting Melakukan Remastering Project

Gambar

Di dalam konferensi tersebut, mereka dengan kompak menyampaikan bahwa sejarah dari SM Entertainment yang berhargalah yang mendasari projek ini. SM Entertainment adalah perusahaan hiburan pertama di Korea Selatan yang meluncurkan saluran YouTube resminya pada tahun 2009. 2009 adalah tahun yang sangat berarti bagi K-pop. Dari Gee Girls Generation dan SORRY, SORRY SUPER JUNIOR hingga MIROTIC TVXQ . Di tahun tersebut juga istilah K-Pop mendunia, sehingga tak ada alasan yang pantas untuk tidak mengunggah kembali karya-karya idol di masa lalu yang keren. Hal tersebut langsung disampaikan oleh Sun Lee yang merupakan Youtube Head of Music Partnerships Korea & Greater China.

Selain itu, mereka juga berpendapat bahwa kemajuan teknologi juga turut menjadi latar belakang Remastering Project ini ada. Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat itu juga dapat mendukung dalam pembuatan ulang karya-karya idol dengan kualitas yang lebih baik dan present-able. Tetapi, walaupun kemajuan teknologi secara pesat menjadi salah satu alasan dan latar belakang, Teknologi yang ada masih belum mampu untuk melakukan remastering ke semua karya yang ada. Jadi, hanya beberapa karya dengan popularitas dan yang paling banyak disukai lah yang akan dilakukan remastering ini.

2. Kesulitan dalam Remastering Project

Gambar

Walaupun kini perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan semakin canggih, mereka juga masih menemui beberapa kesulitan dalam menangani projek ini. Salah satunya adalah mendapatkan dokumen-dokumen dari masa yang cukup jauh. Seperti misalnya adalah dokumen dengan masa 20 tahun yang lalu. 

Tak hanya di situ saja, mereka juga mengalami beberapa kesulitan dalam melakukan remastering dokumen yang memang cukup tua. Hal ini dikarenakan oleh perbedaan format teknologi masa lampau dengan masa kini yang sangat drastis. Sehingga ada beberapa karya yang hasilnya memiliki kualitas yang dirasa masih kurang. Contohnya adalah mv dari H.O.T yang judulnya Age of Violence. 

Tentunya proyek ini menarik perhatian banyak orang pengguna YouTube dan pecinta musik K-Pop. Semoga dengan adanya proyek seperti ini akan membuat idol K-Pop semakin semangat dalam menciptakan karya-karya terbaik mereka. Jadi, apakah kamu salah satu yang sudah menikmati hasil Remastering Project yang dilakukan oleh SM Entertainment dan YouTube ini?

Editor:   Editor KapanLagi.com