Gelar Aksi Sosial Besar-Besaran, Sederet Fandom Ini Memiliki Kemurahan Hati yang Tinggi

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 14 Oktober 2021 16:01 WIB
Gelar Aksi Sosial Besar-Besaran, Sederet Fandom Ini Memiliki Kemurahan Hati yang Tinggi
BTS credit: BIGHIT Entertainment

Kapanlagi.com - Industri hiburan Korea selalu menyuguhkan selebritis-selebritis yang memiliki kualitas yang baik dengan talenta dan kemampuan yang dimilikinya. Hal inilah yang membuat industri hiburan di sana dapat berkembang cukup pesat, bahkan tak jarang yang juga go international. Karena hal itu pula, idola-idola di sana memiliki penggemar yang tersebar luas tidak hanya di Korea Selatan, tetapi juga di seluruh dunia. 

Fandom dari para idola Korea yang tersebar luas tersebut, jika bersatu akan memiliki kekuatan pengaruh yang tidak main-main. Walaupun tak jarang juga kita mendengar cibiran mengenai aksi mereka yang terkadang anarkis, tetapi ada juga beberapa penggemar yang mana tergabung dalam suatu fanbase K-Pop tertentu justru memperbaiki pandangan tersebut dengan melakukan aksi sosial kemanusiaan yang patut diacungi jempol.

Aksi-aksi sosial kemanusiaan yang dilakukan oleh suatu fandom K-Pop cukup beragam. Ada yang memang mereka menginisiasi sendiri, ada juga yang terinspirasi dari aksi yang dilakukan oleh para idola mereka. Kira-kira apa saja ya kegiatan sosial kemanusiaan yang pernah dilakukan oleh para fandom K-Pop? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasinya di bawah ini:

1. ARMY - Blacklivesmatter

Salah satu kelompok fanbase yang terinspirasi idolanya untuk melakukan kegiatan sosial besar-besaran adalah ARMY. ARMY sendiri merupakan fandom dari boy group yang sedang naik daun dan tengah mencapai beberapa prestasi membanggakan, yaitu BTS. 

Pada tahun 2020 lalu, ARMY berhasil menggalang dana untuk mendukung gerakan Black Lives Matter sebesar US$ 1 juta. ARMY melakukan aksi sosial ini setelah BTS dan agensi memutuskan untuk melanjutkan dalam mendukung gerakan Black Lives Matter

2. Fans Kang Daniel - Donasi Korban Perbudakan Seksual

Tidak hanya berasal dari fanbase idol group saja, tetapi kelompok penggemar dari idol perseorangan juga tak mau kalah untuk menggelar aksi sosial besar-besaran. Para penggemar Kang Daniel contohnya. Mereka melakukan aksi sosial dan donasi dengan mengatasnamakan idola mereka. Aksi ini dilakukan pada tahun 2017 silam.

Ternyata aksi sosial ini dilakukan oleh para penggemar dalam merayakan hari jadi dari idola mereka yakni Kang Daniel. Donasi yang telah terkumpul didonasikan kepada dewan untuk korban perbudakan seks oleh militer Jepang atau yang biasa disebut dengan Korean Council for the Women Drafted for Military Sexual Slavery by Japan. Mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar lebih dari Rp125 juta. 

3. Fanbase G Dragon - Donasi Rutin Tahunan

Tak jauh berbeda dengan fanbase dari Kang Daniel, kelompok penggemar dari G Dragon juga melakukan donasi untuk merayakan hari jadi dari sang idola. Mereka melakukan aksi donasi ini pada tahun 2017 silam, yaitu tepatnya pada tanggal 18 Agustus. 

Para penggemar dari G Dragon melakukan penggalangan dana sebesar 8,18 juta won, yang diberikan pada Purme Foundation. Purme Foundation sendiri merupakan suatu organisasi non-profit yang bergerak pada isu dan membantu kaum difabel yang ada di Seoul, Korea Selatan. Dari gerakan sosial ini, penggemar G Dragon ini sampai mendapat apresiasi berupa penghargaan dari Asosiasi Seni dan Kebudayaan Kota Seoul. 

4. Hottest - Aksi Peduli Hewan Terlantar

Fanbase selanjutnya yang melakukan aksi sosial besar-besaran adalah Hottest. Hottest sendiri merupakan fandom dari 2PM. Ternyata, mereka melakukan penggalangan dana ini bertujuan untuk perayaan ulang tahun Jun K dan Junho 2PM di 2021 ini.

Galang dana ini dilakukan fanbase 2PM yang tergabung di AIHU (All Indonesian Hottest United) dan disalurkan kepada salah satu tempat penitipan hewan terlantar yang ada di Jakarta. Yang menjadi menarik adalah, dalam aksi galang dana ini, Hottest yang menyumbangkan uangnya juga akan berkesempatan mendapat hadiah menarik dari AIHU.

5. ELF - Galang Dana Covid-19

Hampir sama seperti fanbase dari idol K-Pop yang sebelumnya, ELF juga melakukan aksi sosial penggalangan dana untuk melakukan perayaan hari jadi salah satu member mereka, yakni Eunhyuk Super Junior. Penggalangan dana yang dilakukan oleh para ELF ini nantinya ditujukan untuk rumah saki rujukan pasien COVID-19. 

Aksi sosial yang mereka lakukan ini berlangsung sejak akhir bulan Februari hingga tanggal 30 Maret 2021. Tentunya hal ini menjadi aksi yang membanggakan sekaligus membuktikan bahwa para penggemar idol K-Pop tidak hanya sering melakukan hal kontroversial, tetapi juga dapat beraksi yang memiliki dampak besar bagi sekelilingnya.

Itu tadi adalah beberapa fandom dari idol K-Pop yang jalankan aksi sosial dan memberikan dampak yang positif bagi sekeliling mereka. Ada yang memang mendukung isu-isu khusus dalam aksi sosial yang dijalankan, ada juga yang menjalankannya dalam rangka perayaan hari jadi dari idolanya. Jadi, apakah kamu termasuk fandom-fandom yang membanggakan di atas, KLovers?

Ditulis oleh : Muhammad Ancah

 

Editor:   Editor KapanLagi.com