I-LAND Hadirkan Monitoring Online Para Peserta Lewat CCTV, Fans: Serasa Jadi Sasaeng

Iwan Tantomi   | Rabu, 01 Juli 2020 22:00 WIB
I-LAND Hadirkan Monitoring Online Para Peserta Lewat CCTV, Fans: Serasa Jadi Sasaeng

Kapanlagi.com - I-LAND menghadirkan banyak sekali kejutan sejak rilis episode 1 pada 26 Juni 2020. Selain bangunan kompetisi yang futuristik, ternyata kegiatan peserta selama di I-LAND juga bisa dipantau lewat monitoring online di laman resmi I-LAND.

Menariknya, monitoring tersebut dapat diketahui dari beberapa CCTV yang dipasang di setiap sudut ruang I-LAND. Dari lobi, kamar tidur, pantry hingga tempat latihan.

1 dari 2 halaman

1. Fans Bisa Tahu Kegiatan Para Peserta I-LAND

Fans Bisa Tahu Kegiatan Para Peserta I-LAND credit via Mnet I-LAND
Inovasi ini pun menghadirkan pengalaman baru bagi fans. Terlebih dengan belasan atau bahkan puluhan CCTV yang dipasang di berbagai lokasi, fans bisa memantau kegiatan apa saja yang dilakukan para peserta I-LAND.

Seperti diketahui, bangunan I-LAND terbagi menjadi tiga bagian. Lantai dasar, lantai tengah dan lantai atas. Semua terhubung lewat lift yang canggih berbentuk serupa telur.

Sayangnya, hanya ada 12 orang yang bisa berada di I-LAND, sehingga peserta dengan performa terburuk setiap minggunya, akan dikirim ke GROUND, bangunan di luar I-LAND. Peserta yang berada di GROUND pun dipastikan nggak bisa debut bersama I-LAND, jika enggan bekerja keras untuk menampilkan performa terbaik.

2 dari 2 halaman

2. Sensasi Jadi Sasaeng?

Sensasi Jadi Sasaeng? credit via Mnet I-LAND
Di sisi lain, kecanggihan yang dihadirkan I-LAND ini pun juga menjadi bercandaan sendiri di kalangan fans. Betapa tidak, dengan kamera CCTV di mana-mana, dan semua kegiatan detail para peserta bisa dipantau terus, fans pun berkelakar jika mereka seolah jadi sasaeng.

Bagi yang belum tahu, sasaeng sendiri termasuk istilah yang cukup ngetren di dunia KPOP. Secara gampang, sasaeng ini bisa diartikan sebagai penguntit kehidupan para idol. Mereka rela berbuat nekat demi memuaskan hasrat atau obesisi berlebihan untuk berjumpa sang idola.

Bahkan, mereka rela bayar mahal untuk menyuap oknum yang bisa memberikan informasi, khususnya berupa video kehidupan pribadi sang idola. Tentu saja tindakan ini nggak dibenarkan dan bisa kena hukuman di Korea.

Namun, untuk I-LAND tentunya dokumentasi yang dihadirkan sudah melalui kesepakatan bersama, terlebih ini hanyalah sebuah reality show. Jadi, apa yang disampaikan fans pun semata-mata sebagai lelucon belaka dan nggak merugikan pihak manapun termasuk idola. 

Gimana tertarik jadi sasaeng ala-ala di I-LAND? Tonton acaranya secara livestreaming setiap Jumat jam 11 malam KST (9 malam WIB) hanya di channel YouTube Mnet, Big Hit Labels atau JOOX.

(kly/tmi)

Reporter:  

Iwan Tantomi

TOPIK TERKAIT