Jalani Investigasi Pajak, YG Entertainment Akhirnya Rilis Pernyataan Resmi

Kistin Septiyani | 21 Maret 2019, 11:12 WIB
Jalani Investigasi Pajak, YG Entertainment Akhirnya Rilis Pernyataan Resmi

Kapanlagi.com - YG Entertainment akhirnya angkat bicara terkait penyelidikan pajak yang dilakukan oleh Pelayanan Pajak Nasional (NTS). Meski pada awalnya membantah adanya penyelidikan khusus, agensi yang menaungi Big Bang ini menyatakan akan bekerja sama dalam penyelidikan dan investigasi tersebut.

"Kami akan bekerja sama dengan investigasi pajak dari Pelayanan Pajak Nasional," tulis YG Entertainment, dikutip dari Allkpop pada Kamis (21/3/2019).

Rumor terkait investigasi pajak ini mencuat pada awal bulan lalu. Hal ini muncul setelah klub malam milik Yang Hyun Suk dan saudaranya dikabarkan terjerat masalah pembayaran pajak. Kabar ini kemudian dibantah oleh pihak YG Entertainment.

Yang Hyun Suk © AllkpopYang Hyun Suk © Allkpop

Pada 18 Maret 2019 lalu, YG Entertainment secara resmi mengeluarkan pernyataan yang menyangkal perkara penyelidikan pajak tersebut. Mereka menyatakan bahwa pihak agensi tidak menerima pemberitahuan apapun terkait investigasi pajak tersebut.

Namun pada Rabu (20/3/2019) kemarin, NTS mengirimkan penyelidik ke kantor YG Entertainment yang berada di Distrik Mapo, Seoul. Penyelidik ini dikirim untuk melakukan penyitaan dokumen yang terkait dengan pembayaran pajak. Dilaporkan hampir seratus penyelidik dikirim pada saat itu.

YG Entertainment sebelumnya telah menerima investigasi pajak rutin pada 2016 silam. Pemeriksaan pajak ini biasanya dilakukan dalam kurun waktu lima tahun sekali. Investigasi kali ini merupakan penyelidikan khusus yang dipimpin oleh Biro Investigasi ke-4 Kantor Pelayanan Pajak Nasional Seoul.

Penyelidikan ini menginvestigasi aspek perusahaan yang lebih luas. Tak hanya terkait masalah keuangan, investigasi ini juga akan memeriksa berbagai departemen yang ada dalam perusahaan seperti marketing dan lain-lain.

(kpl/TIN)

Editor:  

Kistin Septiyani