Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kalahkan 'SPACE SWEEPERS' dan 'THE CALL', 'ESCAPE FROM MOGADISHU' Dominasi Nominasi Blue Dragon Film Awards ke-42!

Editor KapanLagi.com   | Selasa, 02 November 2021 20:33 WIB
Kalahkan 'SPACE SWEEPERS' dan 'THE CALL', 'ESCAPE FROM MOGADISHU' Dominasi Nominasi Blue Dragon Film Awards ke-42!
credit: imdb.com

Kapanlagi.com - Sukses raih kemenangan besar di BIFF (Best International Feature Film) 2021 lalu, film ESCAPE FROM MOGADISHU kembali masuk nominasi Blue Dragon Film Awards ke-42 tahun ini! Nggak tanggung-tanggung, film yang dibintangi Jo in-sung dan Kim Yoon-seok ini rambah 10 nominasi loh. Hal itu buat ESCAPE FROM MOGADISHU dinobatkan sebagai film yang paling banyak dinominasikan di Blue Dragon Film Awards tahun ini.

Nggak mengherankan sebenarnya kalau ESCAPE FROM MOGADISHU diantisipasi kemenangannya di Blue Dragon Film Awards 2021. Melihat track record memuaskan dari film garapan sutradara EXIT dan serial START UP, Ryoo Seung-wan, sudah kelihatan kok. Terlebih lagi pada tayangan perdananya pada 6 Agustus 2021 lalu sukses raup 1 juta penonton hanya dalam seminggu!

Sementara itu, Blue Dragon Film Awards sendiri kabarnya bakal dilaksanakan pada 26 November mendatang. Berikut berita selengkapnya!

1. 'ESCAPE FROM MOGADISHU' Masuk Ke Banyak Nominasi Penghargaan Bergengsi

Gambar

Penghargaan tahunan Blue Dragon Film Awards ke-42 mengungkapkan sederet nominasinya pada Senin kemarin, 1 November 2021. ESCAPE FROM MOGADISHU karya sutradara Ryoo Seung-wan jadi film yang paling banyak dinominasikan.

10 nominasi berhasil direbut film yang sukses raup jumlah penonton bioskop tertinggi di antara film-film Korea yang dirilis 2021 ini. Dari 10 nominasi, Film Terbaik dan Sutradara Terbaik adalah 2 kategori yang berhasil digaet ESCAPE FROM MOGADISHU.

Diangkat dari kisah nyata, ESCAPE FROM MOGADISHU ceritakan pekerja kedutaan Korea Selatan dan Korea Utara yang terdampar dan bekerja sama untuk melarikan diri dari Somalia selama perang saudara pada tahun 1991.

“Aksi berkualitas dan ketegangan yang dibikin ESCAPE FROM MOGADISHU, berhasil bikin penonton puas banget. Apalagi Ryoo Seung-wan memadukan kisah dramatis dari 2 negara yakni Korea Selatan dan Korea Utara," jelas Dewan Film Korea, terhadap alasan di balik film tersebut terpilih sebagai entri Oscar Korea tahun ini.

Aktor Kim Yoon-seok dan Jo In-sung masuk nominasi Aktor Terbaik, sementara Koo Kyo-hwan dinominasikan untuk Aktor Pendukung Terbaik. Film ini juga baru-baru ini terpilih untuk bersaing untuk Best International Feature Film di Academy Awards ke-94.

Lagi, film aksi satu ini juga diundang ke New York Asian Film Festival dan Korean Film Festival di Paris sebagai film pembuka loh! Dan berhasil gaet sekitar 3,61 juta penjualan tiket di box office pada bulan Juli 2021 lalu.

2. Film Hitam-Putih, 'THE BOOK OF FISH', Berhasil Kalahkan 'THE CALL'

Gambar

Menyusul ESCAPE FROM MOGADISHU adalah film THE BOOK OF FISH milik sutradara Lee Joon-ik, yang meraih 9 nominasi. Mulai dari Best Picture, Best Director, Best Editing, hingga Best Actor untuk Seol Kyung-gu dan Byun Yo-han.

THE BOOK OF FISH sendiri berpusat pada kisah seorang mendiang sarjana pada era Joseon, Jeong Yak-jeon, yang menulis buku tentang ikan dan kehidupan laut dengan bantuan seorang nelayan muda bernama Chang-dae saat tinggal di pengasingan. Tepatnya di Pulau Heuksan, Provinsi Jeolla Selatan.

Film biografi-sejarah tersebut memenangkan beberapa penghargaan tahun ini, termasuk pemenang utama di Baeksang Awards yang bergengsi bulan Mei 2021 lalu. Juga, menang sebagai film terbaik di Penghargaan Asosiasi Kritikus Film Korea pada bulan Oktober 2021 ini.

3. 'SPACE SWEEPERS' Yang Dibintangi Song Joong-ki Dapat Tempat Di Blue Dragon Film Awards 2021!

Gambar

Diurutan selanjutnya ada SPACE SWEEPERS milik Netflix. Film sci-fi ini meraih total 8 nominasi pada kategori Best Picture, Best Actor untuk Song Joong-ki, Best Supporting Actor untuk Jin Sun-kyu dan Best Art Direction.

Mengambil latar tahun 2092, SPACE SWEEPERS mengulik cerita 4 anggota awak pesawat ruang angkasa lusuh bernama The Victory, yang mengais puing-puing ruang untuk bertahan hidup. Setelah pertemuan mereka dengan humanoid misterius bernama Dorothy, yang mereka yakini sebagai senjata pemusnah massal, kuartet memulai kesepakatan berisiko yang mengarah pada konsekuensi tak terduga.

Sementara itu, film-film hits lainnya seperti MIRACLE, THE DAY I DIED: UNCLOSED CASE dan THE CALL masing-masing memperoleh 6 nominasi.
Untuk upacara Penghargaan Blue Dragon Film Awards ke-42 sendiri bakal digelar pada 26 November di KBS Hall, Seoul, Korea Selatan mendatang!

Artikel ini ditulis oleh: Salafi Mufida Hasna

https://www.newshub.id/interactive2/2480

Editor:   Editor KapanLagi.com