Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kisah Bang Chan STRAY KIDS, Best Leader Multitalenta - Tuai Kontroversi Lewat Video Lawas yang Tersebar

Anik Setiyaningrum   | Senin, 04 Oktober 2021 15:11 WIB
Kisah Bang Chan STRAY KIDS,  Best Leader Multitalenta - Tuai Kontroversi Lewat Video Lawas yang Tersebar
Bang Chan STRAY KIDS (Credit: Instagram/bangchan.sk)

Kapanlagi.com - Bang Chan STRAY KIDS lahir di Korea Selatan pada 3 Oktober 1997, tapi dia tumbuh besar di Australia dengan nama Christopher Bang. Di sana, dia hidup bersama ayah, ibu, adik perempuan (Hannah), dan adik laki-laki (Lucas). Hal tersebut membuatnya memiliki dua kewarganegaraan yakni, Korea Selatan dan Australia.

Bang Chan STRAY KIDS sempat bersekolah di Newtown High School of the performing Art, Australia sebelum memutuskan pindah ke Korea Selatan. Dia pindah setelah dinyatakan lolos audisi JYP Entertainment di Australia pada tahun 2010. Saat itu, usia Bang Chan masih 13 tahun dan dia berhasil mengalahkan sekitar 800 peserta audisi lainnya.

Bicara mengenai jalan Bang Chan di jalur K-Pop, orangtuanya pun memberi dukungan penuh. Bang Chan pun merupakan pekerja keras. Dia menjalani masa trainee selama tujuh tahun sebelum debut bersama STRAY KIDS dan menjadi idol multitalenta seperti sekarang. Perjalanan karier Bang Chan pun tak selalu mulus, dia pernah tuai kontroversi lewat video lawas yang tersebar. Nah, untuk mengetahui kisah Bang Chan STRAY KIDS selengkapnya, kalian bisa simak informasi berikut ini.

1. Bang Chan STRAY KIDS Idol Multitalenta

Gambar

Memperhatikan Bang Chan STRAY KIDS, baik secara sekilas maupun saksama, tentu kalian bisa sepakat bahwa visualnya memang menawan. Namun, jika kalian mau melihat diri Bang Chan lebih dalam, kalian akan menemukan banyak hal mengejutkan darinya. Tak hanya tampan, dia juga juga seorang idol yang multitalenta!

Dalam grup, dia menempati posisi sebagai leader, produser, dancer, penulis lagu, vocalis, dan rapper. Segudang bakat itu tak diperoleh dengan mudah. Selain karena sudah berlatih dance dan balet sejak sekolah, Bang Chan menjalani masa trainee yang sangat lama, yakni tujuh tahun, sebelum akhirnya debut bersama STRAY KIDS pada tahun 2017.

Tak cuma bersinar di atas panggung, Bang Chan pun berbakat di lapangan dalam bidang olahraga. Hal tersebut bisa kalian lihat dari piagam yang muncul di inding SKZ season 1. Dia punya banyak piagam dari pertandingan lari dan renang. Kehidupannya benar-benar sesuai dengan resolusi masa depan yang dia ucapkan, yaitu, "Kerja keras untuk menjadi orang yang hebat."

2. Bang Chan STRAY KIDS Best Leader Bagi Para Member

Gambar

Bang Chan STRAY KIDS pantas disebut sebagai best leader karena dia memang begitu perhatian kepada para member. Bahkan, pada sebuah live dia pernah berkata bahwa apa saja bisa dia lakukan untuk para member.

"Apapun akan aku lakukan untuk Stray Kids, tidak ada yang tidak bisa aku lakukan untuk memberku, bahkan jika aku mati sekalipun," ucap Bang Chan.

Perkataan yang bikin terharu tak cuma berhenti di situ. Sebagai pemimpin, dia pun merasa harus selalu berada di belakang para member yang sudah seperti adik-adiknya karena Bang Chan memang member tertua dalam grup.

"Aku juga selalu jalan di belakang karena aku merasa aku harus melindungi mereka dan memastikan tidak ada yang ketinggalan. Itu sudah menjadi naluriku sebagai leader sepertinya," lanjut Bang Chan kemudian.

Bukan hanya soal member, dia pun sungguh perhatian kepada para penggemar. Hal itu bisa terlihat pada setiap live yang dia lakukan. Dia mau mendengarkan keluh kesah para penggemar di kolom komentar, juga memberi nasihat atau saran.

Bang Chan pun punya kebiasaan yang bikin gemas, yakni melakukan hug online dan ucapan terima kasih setiap kali mengakhiri live. Pantas saja dia jadi leader yang menerima banyak cinta!

3. Bang Chan STRAY KIDS Sempat Tuai Kontroversi Lewat Video Lawas

Gambar

Kontroversi ditimbulkan Bang Chan STRAY KIDS berasal dari video dance "This Is America" dari Childish Gambino di masa lalu. Pada akhir video tersebut, Bang Chan menirukan pose Jim Crow yang merupakan simbol atas sistem rasial yang berlaku di Amerika Serikat pada abad ke-19.

Melansir informasi di situs Museum Jim Crow dari Ferris State University, Jim Crow merupakan karakter yang diciptakan penghibur kulit putih Thomas Dartmouth Rice. Dia menari dan berakting dengan menirukan budak.

Saat menampilkan karakter ini, dia memakai riasan wajah hitam, bertingkah aneh, dan berbicara dengan logat berlebihan. Pada akhirnya, Jim Crow dianggap merepresentasikan rasialisme terhadap warga kulit hitam. Wajar, jika tingkah Bang Chan dalam video itu menyulut kekecewaan para penggemar. Mendengar kontroversi ini, dia pun langsung menyampaikan permintaan maaf lewat Bubble dan melakukan introspeksi diri.

"STAY~ sebagai anggota Stray Kids, slogan 'Stray Kids Everywhere All Around The World' sangat bermakna. Meski aku tak berniat menyinggung, hal ini tak ada artinya sama sekali karena ada orang di luar sana yang merasa sakit hati karena keputusanku," kata Bang Chan.

"Sekali lagi aku minta maaf dan memohon maaf dari mereka yang merasa tersinggung. Kami, Stray Kids, tidak mendukung rasialisme dalam bentuk apa pun," pungkasnya menegaskan penyesalannya bahwa seharusnya dia berpikir lebih dalam pada setiap langkah yang dilakukan.

Editor:   Anik Setiyaningrum