Kisah Cynthia Author 'Atuy Galon', Berawal dari AU Lokal NCT yang Kini Ceritanya Dibuat Komik

Luthfia Miranda Putri   | Senin, 18 Oktober 2021 12:01 WIB
Kisah Cynthia Author 'Atuy Galon', Berawal dari AU Lokal NCT yang Kini Ceritanya Dibuat Komik
Komik Atuy Galon © Bukune

Kapanlagi.com - Alternate Universe (AU) kini menjadi trend dikalangan anak muda penggemar K-Pop. Tak jauh beda dengan fanfiction, AU juga merupakan cerita fiksi buatan fans namun ditulis dalam media sosial Twitter. Tampilannya juga dibuat kekinian berupa narasi dan chat palsu untuk menambah rasa dalam cerita.

Cynthia adalah salah satu penulis AU (author) yang belum lama ini viral. Ceritanya yang berjudul Atuy Galon dengan memakai visual Yuta NCT sukses menarik perhatian. Dikemas dalam cerita yang menarik, sosok bernama Atuy ini dikisahkan sebagai penjual galon dengan ciri khas typing lucu dan sering menawarkan galon kepada para pelanggannya yang tak kalah kocak.

KapanLagi.com sempat menghubungi Cynthia atau yang akrab disapa Cyn, ia mengaku awalnya hanya iseng saja menulis AU. Cyn tak menyangka kalau tulisannya menjadi viral dan banyak yang terhibur.

"Sebenernya waktu itu pure iseng aja, ngga ada niatan bikin au, cuma bercandaan biasa sama temen, tapi pas update banyak yang suka jadi aku lanjutin jadi cerita deh terus ternyata viral dan banyak yang terhibur," kata wanita berusia 25 tahun ini saat dihubungi (16/10).

1. Tak Pernah Ketemu Tukang Galon

Wanita yang kini bekerja di salah satu perusahaan BUMN ini mengaku tak pernah bertemu tukang galon. Ide AU yang ditulis Cyn berasal dari dirinya yang suka mendengarkan cerita teman-temannya.

"Jujur malah sebenernya jarang dan bahkan ngga pernah ketemu tukang galon hahaha cuma emang sering dengerin cerita temen-temen aja, kalo ngefans (Yuta  NCT) iya aku ngefans banget," ungkap Cyn.

Kemudian cerita itu dikumpulkan dan akhirnya menjadi inspirasinya untuk menulis AU. Memilih Atuy sebagai tokoh utama, Cyn memang sudah dari dulu ngefans dengan Yuta NCT. Maka dibuatlah Yuta dalam kemasan lokal sehingga banyak netizen yang merasa related dengan ceritanya.

"Yang aku tau kebanyakan yang baca au ini bilang ceritanya relate sama kehidupan sehari-hari dan lucu," tambahnya.

2. Dicetak dalam Bentuk Komik

Keberhasilan Cynthia tak hanya menjadi viral dan menghibur para netizen, namun AU ini berlanjut dicetak dalam bentuk komik oleh Penerbit Bukune. Pada awalnya Cyn memang sudah berniat membuat AU ini dibuat komik karena ingin menggambarkan visual dan persona tiap tokohnya agar terasa lebih dekat dengan pembaca.

"Kalau buat Atuy Galon ini emang dari awal ditawarin buat terbit aku udah kepikiran buat dijadiin komik aja dan ternyata pihak penerbitnya juga tanya gimana kalau komik, ya sepemikiran lah kita. Kalau alasan aku Atuy Galon dibuat komik karena aku pengen orang-orang bisa liat visualisasi dan persona tokoh-tokoh yang aku buat dan Ilustrator yang gambar komik Atuy Galon, namanya Nunu, dia jago banget ngehidupin karakter-karakter di AU ini dalam gambarnya," ungkap Cyn.

Adapun dalam proses pembuatan komiknya Cyn sempat menemui hambatan. Ia sempat merasa down dan memilih vakum dari media sosial karena menemui masalah beberapa waktu lalu. Hingga akhirnya Cyn bisa kembali bangkit dan menjalin komunikasi lebih lanjut dengan penerbit.

"Jujur cepet banget (prosesnya), karena aku sempet vakum juga ya karena ada pro kontra tentang cerita ini waktu itu ada beberapa penerbit yang DM aku buat nerbitin buku tapi belum ada yang aku tanggepin. Aku tanya ke orang tua aku gimana baiknya, orang tua aku ngga setuju karena masalah yang waktu itu sempet rame bikin aku down banget dan situasinya juga belum kondusif. Sampe pas akhirnya aku udah baikan ada salah satu penerbit yang DM aku, penerbit Bukune dan aku kebetulan familiar sama penerbit ini dan suka sama beberapa karya yang diterbitin. Aku akhirnya minta saran lagi dan temen-temenku juga banyak yang ngeyakinin aku gitu kayak kesempatan besar kayak gini belum tentu dateng dua kali, ngga ada salahnya dicoba, jadi aku mengiyakan deh," jelasnya.

3. Cara Menulis dan Membangun Karakter

Cyn mengaku jarang memikirkan ide dan konsep lantaran dirinya lebih nyaman spontan saat menulis. Dibalik tiap karakternya yang kocak, Cyn mengatakan kalau inspirasinya berasal dari dirinya sendiri karena ia sering disebut humoris oleh teman-temannya.

"Setiap bikin cerita itu aku jarang mikir ide dan konsep sebenernya, kadang suka terbesit dan spontan aja yang ngga tau bisa kepikiran kayak gitu darimana tiba-tiba yaudah tiap aku ada ide yang 'kayaknya kalo ceritanya gini lucu deh' langsung buru-buru aku buat takut keburu lupa hahahaha," ujar Cyn.

AU Atuy Galon mengisahkan cerita komedi seorang tukang galon dengan pelanggannya. Maka tak heran kalau AU ini membuat banyak orang terhibur termasuk sang penulis. Cyn mengaku momen yang paling membuatnya tertawa saat menuliskan tokoh Teguh.

"Kayaknya hampir semuanya deh, karena sebenernya beberapa cerita di AU aku itu based on apa yang aku alamin sehari-hari, walaupun bukan sama tukang galon dan di AU ini aku kembangin ceritanya hahaha, paling ketawa pas Teguh kelolodan (tersedak) kangkung dan Teguh nebeng ke ATM," pungkasnya.

"Kalau karakter AU yang pernah kubuat dan jadi favorit itu Anton, aku dapet inspirasi Anton ini dari Asahi TREASURE yang awalnya aku ngga tau sama sekali ini siapa, aku mulai cari tau tentang dia karena banyak yang request buat dia dijadiin adiknya Atuy, akhirnya aku cari tau dan suka banget sama sifatnya, so funny," tambahnya.

4. Tips Nulis AU Komedi

Dalam dunia menulis, Cyn mengaku kalau ini menjadi momen pertama kalinya terjun. Sejauh ini dirinya belum menemukan kendala dan merasa masih perlu banyak belajar. Namun Cyn tak ragu saat memberikan tipsnya saat menulis AU bergenre komedi.

"Aku selalu dapet ide spontan tiap mood aku bagus. Karena genre Atuy Galon ini komedi terkadang alasan aku gak mau terlalu mikirin ide yang harus gini harus gitu itu, karena takut nanti ceritanya malah jadi nggak lucu karena terlalu dipaksain. Nikmatin aja prosesnya, let the words find you," ujarnya dengan yakin.

5. Harapan Cyn di Masa Depan

Untuk ke depannya, Cyn mengaku kalau dirinya ingin terus berkembang sebagai penulis. Bahkan ia juga membocorkan sedang merencanakan membuat Atuy Galon season 2.

"Karena ini aku ibarat udah terlanjur nyebur dan responnya juga sangat positif jadi sayang banget kalo aku ngga pake kesempatan ini untuk self development, niatnya setelah ini aku mau buat Atuy Galon season 2 dan aku mau mulai belajar nulis yang bener karena konsep yang pertama itu berantakan dan asal banget hahahaha selain itu karena aku masih baru banget di bidang ini aku juga masih buta banget dalam segala hal, aku mau memperbaiki hal-hal yang kurang di season sebelumnya. Sebelumnya kan aku bilang aku bukan tipe yang mikirin banget ide dan konsep harus gimana nah sekarang aku akan coba mikirin ide dan konsep ini deh tujuannya biar lebih terkonsep dan terarah terus biar rapi aja," jelas Cyn.

Tak hanya itu, Cyn juga ingin menyampaikan pesan kepada sesama penulis dan pembaca yang telah menikmati karyanya. Baginya, menulis itu prosesnya harus benar-benar dinikmati agar nantinya tidak merasa terpaksa dan akhirnya tertekan untuk melanjutkan cerita.

"Jujur sebenernya aku masih agak kaget dibilang penulis kayak 'masa sih iya gue penulis?' hahahaha, kalo mau ngasih motivasi kayaknya juga belom pantes ya hahahaha, pesannya apa ya, menurut aku nulis itu bener-bener harus dinikmati prosesnya, kadang kurang motivasi buat nulis dan mandek itu juga merupakan bagian dari proses dan menurutku kalo nulis itu baiknya write for yourself dulu karena kadang aku tiap nulis Atuy Galon tuh buat ngehibur diri sendiri, kalo terlalu mikirin tekanan orang lain buat cerita kita harus gini harus gitu menurutku itu malah jadi major block buat nerusin cerita yang lagi kita buat," kata Cyn.

"Aku juga mau berterimakasih buat semuanya yang udah suka sama karya yang aku buat, nggak nyangka sama respon kalian semua yang positif dan I've come this far tuh ya berkat kalian semua pokoknya terima kasih banyak, kalian juga salah satu motiasi aku buat nulis dan jadi yang lebih baik lagi," tutupnya.

Inspiratif banget ya kisah dari Cynthia author Atuy Galon. Untuk kamu yang sedang berjuang menuliskan karya jangan mudah menyerah hanya karena merasa ceritamu kurang menarik dan belum mendapat banyak pembaca. Dengan berusaha memberikan yang terbaik dan selalu berani mencoba, maka kesempatan itu akan selalu ada. Seperti kata Cynthia, menulis itu butuh proses yang harus benar-benar dinikmati sekaligus untuk menghibur diri.

https://www.newshub.id/interactive2/2409

Editor:   Luthfia Miranda Putri