Komedian Senior Jepang, Ken Shimura Meninggal Dunia Karena Virus Corona

Selasa, 07 April 2020 19:35 WIB
Komedian Senior Jepang, Ken Shimura Meninggal Dunia Karena Virus Corona

Kapanlagi.com - Sebuah kabar duka datang dari Jepang. Aktor dan komedian senior, Ken Shimura diberitakan meninggal dunia di usia 70 tahun setelah seminggu dinyatakan positif terpapar virus corona.

Pria yang dijuluki sebagai Robin William-nya Jepang itu dimakamkan di kampung halamannya di Tokyo. Kepergian Ken tentu meninggalkan duka yang begitu mendalam bagi seluruh warga Jepang, mengingat sosoknya memang begitu menginspirasi banyak orang.

"Dia itu dikenal banyak orang dari berbagai generasi. Dia adalah sumber kebanggaan lokal nomor 1," ungkap Minoru Hasegawa, salah satu kerabat sang almarhum, seperti dilansir dari situs Japan Times.

1 dari 3 halaman

1. Artis Pertama di Jepang yang Terpapar Virus Corona

Artis Pertama di Jepang yang Terpapar Virus Corona Credit: Instagram/asahi_photoarc
Tanggal 20 Maret, Ken dilarikan ke rumah sakit karena didiagnosa kena pneumonia setelah demam berkepanjangan. Namun setelah diperiksa lebih lanjut, Ia dinyatakan positif terpapar virus corona, tepatnya pada tanggal 23 Maret.

Ken adalah artis Jepang pertama yang diberitakan positif terkena corona, pun meninggal karenanya. Hingga berita ini diturunkan, di Jepang sendiri sudah ada 3817 pasien positif corona, sementara 592 sudah sembuh dan 80 orang meninggal.

2 dari 3 halaman

2. Sejarah Ken Shimura

Sejarah Ken Shimura Credit: Instagram/irodori_coloryourlife
Sedikit flashback, Ken Shimura dikenal karena aksi parodinya dan juga 'Mustache Dance'. Setelah lulus dari SMA, Ia bergabung dengan grup komedi populer di Jepang, The Drifters, tepatnya pada 1974. Saat ini, para personel The Drifters lainnya masih hidup, namun terlalu takut untuk berkomentar mengenai meninggalnya Ken.

"Aku yakin dia telah bekerja sangat keras membawa misi untuk membuat orang lain tertawa. Aku yakin Ia tak akan berpikir bakal meninggal seperti ini," ungkap seorang perwakilan dari agensi sang almarhum.

3 dari 3 halaman

3. Pembawa Obor di Olimpiade Tokyo 2020

Ken sejatinya sudah dijadwalkan untuk jadi salah satu pembawa obor marathon untuk Olimpiade Tokyo 2020. Namun seperti diketahui, ajang olahraga terbesar ini harus ditunda karena pandemi Covid-19.

"Aku tak bisa berpikir apa-apa saat ini. Aku tak bisa lagi melihat Ken-chan. Ini terlalu sedih," tulis penyanyi Naoko Ken di salah satu cuitannya.

(jap/gtr)