Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Komunitas Fans BTS Rilis Buku Tentang Kesehatan Mental, Luruskan Salah Paham Tentang Kata 'Healing'

Senin, 30 Mei 2022 11:50 WIB
Komunitas Fans BTS Rilis Buku Tentang Kesehatan Mental, Luruskan Salah Paham Tentang Kata 'Healing'
ARMY Help Center Indonesia rilis buku 'A Healing Corner' / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Ungkapan 'healing' dalam beberapa waktu terakhir ini kerap kali muncul dan digunakan oleh publik, meski masih banyak dari mereka yang belum paham betul makna aslinya. Hal itu lantas membaut sebagian orang menyalah artikan healing'sebagai hal yang memberikan dampak tidak baik, seperti boros belanja atau jalan-jalan menghabiskan uang.

Berangkat dari fakta di atas, ARMY Help Center Indonesia (AHC) punya inisiatif untuk mengenalkan lebih jauh tentang healing. Seperti diketahui, ARMY Help Center Indonesia merupakan komunitas yang bergerak di bidang kesehatan mental.

Berdirinya komunitas AHC berawal dari sebuah keinginan besar seorang ARMY yang berasal dari Prancis untuk menyediakan wadah bagi ARMY untuk bercerita tanpa merasa terintimidasi, saling memberikan dukungan, dan sekaligus menjadi media penyembuhan (healing) karena bisa mengekspresikan perasaan secara tertutup dan rahasia. Karena antusias ARMY yang begitu besar dan sejalan dengan pesan-pesan dalam lagu-lagu BTS mengenai kesehatan mental, AHC mulai mengembangkan komunitasnya hingga ke negara-negara lainnya, termasuk Indonesia.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Healing Bersama BTS

Gambar

Dalam buku perdana mereka yang berjudul A Healing Corner, AHC Indonesia membantu pembaca untuk mengeksplorasi diri agar lebih mengenal diri mereka. Buku tersebut juga menjabarkan elemen-elemen penting dalam healing, misalnya mencintai diri sendiri, keterhubungan, kasih sayang, dan lainnya. Mereka menghubungkan semua elemen tersebut dengan anggota BTS.

Selain itu, A Healing Corner juga memuat cerita-cerita ARMY mengenai perjalanan mereka dalam meraih penyembuhan dan langkah-langkah interaktif yang bisa dilakukan pembaca di buku.

"Buku ini seperti panduan komplet, karena mulai dari hal-hal dasar apa saja yang cukup penting untuk dilakukan untuk lebih mengenal dan mencintai diri, sampai ke langkah-langkah praktis dan interaktif yang bisa dikerjakan langsung di buku ini," tutur Ina Luthfie, seorang psikoterapis dan founder @soundmind.id yang menjadi pembaca pertama.

2. Terbit Awal Bulan Juni 2022

Gambar

Perwakilan AHC Indonesia, Sharon, menjelaskan bahwa buku ini adalah persembahan dari komunitas mereka untuk ARMY di Indonesia juga sebagai hadiah hari jadi BTS yang ke-9.

"Kami melihat adanya kesalahan dalam pemaknaan dari kata 'healing' maupun 'self-love' di tengah masyarakat saat ini yang cukup membuat kami yang berusaha menyuarakan pentingnya kesadaran akan kesehatan mental. Maka dari itu, kami tertarik untuk menerbitkan buku ini agar Army maupun pembaca secara umum bisa lebih mengenal diri mereka sendiri, memiliki pemahaman yang tepat tentang healing dan diharapkan untuk berproses dalam menjalani hidup bagi diri sendiri maupun orang lain," jelas Sharon.

A Healing Corner dijadwalkan akan terbit awal bulan Juni. Buku ini nantinya juga jadi sebuah pembuktian perjalanan momen terindah dalam hidup untuk BTS dan juga ARMY yang sudah bersama selama 9 tahun lamanya.

 

https://www.newshub.id/interactive2/3291