Kronologi Kasus Dugaan Narkoba Wonho Eks Monsta X, Diperiksa Polisi Sejak September

Ayu Srikhandi | Jum'at, 01 November 2019 14:20 WIB
Kronologi Kasus Dugaan Narkoba Wonho Eks Monsta X, Diperiksa Polisi Sejak September

Kapanlagi.com - Setelah secara resmi Starship mengumumkan Wonho keluar dari Monsta X, Dispatch merilis kasus dugaan sang idol pernah memakai narkoba sebelum debut. Media Korea ini bahkan menyebut kalau September 2019 lalu pihak kepolisian bahkan sempat mendatangi Wonho untuk melakukan tes narkoba.

Diungkapkan, Wonho pernah memakai ganja bareng Jung Da Eun di tahun 2013 saat belum debut jadi idol. Jo yang merupakan MD Burning Sun adalah saksi yang mengetahui kalau dua orang itu memang memakai narkoba bersama.

1 dari 8 halaman

1. Bertemu dengan Wonho

Bertemu dengan Wonho © dispatch.co.kr
Kejadian berawal pada Oktober 2013 lalu, di mana Wonho dan Jung Da Eun bertemu setelah sekian lama di sebuah cafe dekat Yeoksam-dong. Sebuah foto jadi bukti pertemuan mereka di mana tampak topi milik Wonho di meja sebelah yang ditempati Jung Da Eun.

Saat keduanya bertemu, Jung Da Eun mendapat telepon dari seorang kakak pria bernama Jo. Diketahui, Jo ini kemudian jadi MD Burning Sun dan ditangkap karena kasus narkoba pada awal 2019.

2 dari 8 halaman

2. Wonho Bawa Ganja

Wonho Bawa Ganja © dispatch.co.kr
Saat masih di cafe, Jung Da Eun masih ters mengobrol dengan Wonho yang mendadak mengeluarkan sesuatu dari sakunya.

Wonho: Pernah merokok ini?
Jung Da Eun: Dari mana kamu mendapatkannya?

Diungkapkan Dispatch, terdapat ganja di kantong yang dibawa sang idol. Keduanya kemudian meninggalkan cafe dan pergi ke rumah Jung Da Eun dan mereka merokok ganja bareng di ruang tengah tanpa tahu kalau masih ada Jo di dalam closet Jung Da Eun.

3 dari 8 halaman

3. Jo Pergi ke Rumah Jung Da Eun

Jo Pergi ke Rumah Jung Da Eun © dispatch.co.kr
Ternyata Jo menghubungi Jung Da Eun untuk meminjam ikat pinggang Balmain. Karena sedang berada di cafe, mantan ulzzang itu memberikan password rumahnya agar Jo bisa datang dan mencarinya sendiri di closet pakaian miliknya.

Pria ini kemudian memang langsung datang ke rumah Jung Da Eun dan karena tidak ada orang di rumah, ia mencarinya sendiri. Saat sedang mencari ikat pinggang yang dimaksud, dia pun mendengar suara Jung Da Eun bersama seorang pria, awalnya ia bingung harus keluar ke ruang tengah atau tidak dan berakhir mendengar percakapan mereka.

4 dari 8 halaman

4. Ketahuan Pakai Ganja

Tak lama setelah itu, HP Wonho berbunyi dan ia memilih untuk berbicara di luar rumah. Saat itu lah Jo kemudian keluar dan membuat Jung Da Eun terkejut.

Jo pun kemudian bertanya apa yang mereka lakukan dan Jung Da Eun memintanya untuk pura-pura tak melihat. Wanita yang dikenal dengan dandanan cowok itu kemudian menyebut kalau pria yang bersamanya bernama Ho Seok (nama asli Wonho) dan merupakan seorang trainee. Jo kemudian pergi meninggalkan rumah.

5 dari 8 halaman

5. Kasus Sudah Ditangani Polisi

Kasus Sudah Ditangani Polisi © dispatch.co.kr
Dari laporkan Dispatch, polisi sudah menangani kasus Wonho. Namun karena ditangani oleh dua tim, kasus ini jadi lebih membingungkan. Polisi mulai menyelidiki Wonho karena statement dari Jo ang saat itu ditahan di Penjara Seoul. Mereka mendapatkan kesaksian tambahan dari Jung Da Eun yang saat itu ditahan di Penjara Gwangju. Meski di tempat berbeda, mereka punya statement yang sama.

Sedangkan tim lain mendapatkan kecurigaan pada Wonho karena statement seoang teman SMA Wonho, yang sempat ditahan di tahun 2008 karena tindakan kriminal anak di bawah umur, yang dulu dilakukan bersama mantan member Monsta X tersebut.

Akhir September 2019 lalu, saat MONSTA X pulang dari menggelar konser di German seorang polisi sudah menunggu Wonho di Bandara Incheon untuk meminta sample rambutnya agar bisa dilakukan tes narkoba.

6 dari 8 halaman

6. Kesaksian Jo

Kesaksian Jo © dispatch.co.kr
Setelah mengetahui kalau polisi memeriksa Wonho, Oktober 2019 Dispatch bertemu dengan Jo yang sedang ditahan. Seperti ini statement yang diberikan:

"Oktober 2013, Wonho dan Jung Da Eun merokok ganja bersama saat aku di dalam closet. Aku sedang mencari ikat pinggang Balmain di salam sana. Mendadak ada yang masuk ke rumah. Da Eun dan seorang pria yang masuk. Da Eun memanggil pria itu 'Ho Seok'," jelas Jo.

Ia menambahkan, "Mereka membahas soal ganja. Tak beberapa lama kemudian, aku mendengar suara batuk-batuk. Tercium juga bau ganja dari ruang tengah. Setelah itu, si pria keluar rumah. Jadi aku juga kemudian keluar dari closet."

7 dari 8 halaman

7. Kesaksian Jung Da Eun

Kesaksian Jung Da Eun © dispatch.co.kr
Dispatch juga menemui Jung Da Eun, yakni pada 2 Oktober 2019 untuk meminta statement terkait kasus dugaan pemakaian ganja Wonho.

"Kami bertemu di cafe dekat rumahku. Wonho mengeluarkan tas dan menunjukkannya padaku. Ada ganja di dalamnya. Kami kemudian pulang ke rumah. Aku bertanya padanya dari mana mendapatkan itu, katanya rahasia. Tapi aku bisa menebak siapa yang menjual padanya," jelas Jung Da Eun.

Mengaku ikut merokok bersama, "Iya benar. Aku merokok ganja bersamanya. Tapi itu memang terjadi. Juga sebenarnya ada Jo yang berada di dalam closet dan mendengarnya."

8 dari 8 halaman

8. Waktu Polisi Hanya 1 Tahun Lagi

Lamanya pemeriksaan untuk kasus narkoba adalah 7 tahun, sehingga polisi hanya menyisakan waktu satu tahun untuk menyelesaikan kasus dugaan ganja pada Wonho.

"Karena polisi sudah mengamankan dua kesaksian, mereka harus cepat menginvestigasi kasus ini. Kalau Wonho mangkir dari panggilan, bisa jadi masa berlaku kasusnya kadaluwarsa," jelas Pengacara Jung Chan dari Firma Hukum Teheran.

Hingga saat ini, pihak kepolisian belum merilis hasil tes narkoba Wonho eks MONSTA X ataupun melakukan panggilan padanya.

(dis/jje)


Editor:  

Ayu Srikhandi

↑