Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kronologi Kasus Video Seks Jung Joon Young: Status Tersangka - Pensiun Jadi Artis

Sora Soraya   | Kamis, 14 Maret 2019 18:05 WIB
Kronologi Kasus Video Seks Jung Joon Young: Status Tersangka - Pensiun Jadi Artis
Jung Joon Young © Ceci Magazine

Kapanlagi.com - Nama Jung Joon Young saat ini sedang ramai menjadi bahan perbincangan. Bukan tanpa alasan, pasalnya ia merupakan salah satu artis yang juga ikut terseret dalam kasus prostitusi dan narkoba yang melibatkan Seungri Big Bang.

Di saat Seungri Big Bang sudah ditetapkan menjadi tersangka, saat ini Jung Joon Young baru saja menjalani pemeriksaan polisi. Seperti yang kita tahu, sebelumnya bintang 2 Days & 1 Night ini mengaku akan bicara jujur dan bekerja sama dengan pihak berwajib untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Lantas, seperti apa kronologi kasus penyebaran video seks yang direkam secara ilegal oleh Jung Joon Young ini? Daripada makin penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini! ;)

1. Grup Chat Bareng Seungri

Gambar

Bersamaan dengan maraknya perbincangan soal kasus Seungri, nama Jung Joon Young terungkap berada dalam chatroom yang sama dengan eks member Big Bang itu. Ia pun diduga telah menyebarkan video seksnya yang direkam secara ilegal.

SBS 8 O'CLOCK News sempat mengklaim jika Jung Joon Young tidak hanya menyebarkan 1 video namun beberapa kali ke dalam grup chat tersebut. Mereka juga mengaku telah menemukan rekaman percakapan dalam grup chat dan bisa mengonfirmasi kalau setidaknya ada 10 korban yang direkam secara ilegal.

2. Isi Pesan Grup Chat

Gambar

Tak lama setelah kabar ini terkuak ke publik, Dispatch akhirnya merilis beberapa percakapan di grup chat yang melibatkan nama Jung Joon Young. Jung Joon Young disebutkan berkata pada seorang temannya yang bernama Kim kalau dia berhubungan badan dengan seseorang. Menjawab hal itu, Kim bertanya, "Punya videonya nggak?"

Tak pikir panjang, Jung Joon Young akhirnya mengunggah video berdurasi 3 detik saat sedang berhubungan intim. Ia dengan bangga memamerkan video ilegal yang direkam secara diam-diam tanpa sepengetahuan korban. Beberapa chat lainnya juga membahas percakapan yang tidak senonoh.

A: X baru saja tidur dengan Y (member girl group)
B: X, apakah Y longgar?
C: Aku bertemu Z kemarin.
D: Z benar-benar sudah kotor (sering tidur dengan orang lain)

Tidak berhenti sampai di situ, Jung Joon Young juga punya obrolan pribadi di luar grup bersama Yong Junhyung, yang sempat bergabung dalam Highlight.

Jung Joon Young: Apa judul lagu barumu?
Yong Junhyung: Judulnya? Ini....
Jung Joon Young: Oh jadi lagu untuk para Vag*na (untuk menyebut wanita).

3. Dipecat dari 3 Program TV

Gambar

Gara-gara kasus ini, Jung Joon Young harus rela kehilangan pekerjaan. Seperti yang dilansir dari Soompi, wajahnya tak akan lagi muncul dengan tayangan 2 Days & 1 Night, Salty Tour, dan 4 Wheeled Restaurant. Bukan sekedar rumor, kabar ini bahkan dikonfirmasi langsung dari tim produksi.

"Ini adalah statement tim produksi 2 Days & 1 Night terkait Jung Joon Young. Mempertimbangkan beratnya masalah ini, tim produksi memutuskan untuk menghentikan penampilan Jung Joon Young di 2 Days & 1 Night. Untuk 2 episode terakhir yang sudah selesai syuting, kami akan mengedit adegan yang menampilkan Jung Joon Young sebanyak mungkin. Kami mohon pengertiannya dari pemirsa," begitulah bunyi statement dari tim produksi variety show yang tayang di channel KBS2 itu.

Sementara itu, untuk 2 tayangan lain dari tvN, tim produksi menjelaskan, "Kami akan mengumumkan apa kata produser tvN soal Jung Joon Young di 4 Wheeled Restaurant dan Salty Tour. 4 Wheeled Restaurant: Season 3 awalnya telah melibatkan Jung Joon Young selama syuting di LA dan Lee Min Woo dalam syuting di San Francisco. Jung Joon Young telah kembali ke Korea setelah menyelesaikan jadwal syutingnya, jadi saat ini kami sedang di tengah-tengah kegiatan syuting di lokasi yang selanjutnya, San Francisco bersama Lee Min Woo. Karena produser paham benar ke mana arah masalah ini, mereka memutuskan untuk menghapus semua rekaman Jung Joon Young. Produser Salty Tour juga sedang memikirkan ke mana arah masalah ini, dan mereka juga memutuskan untuk menghapus Jung Joon Young dari Salty Tour. Mulai sekarang, acara tetap akan tayang tanpa rekaman Jung Joon Young. Kami mohon pengertiannya dari pemirsa."

4. Pulang Syuting & Resmi Jadi Tersangka

Gambar

Setelah menjalani proses syuting di Los Angeles, Jung Joon Young akhirnya kembali pulang ke Korea pada Selasa (12/3) lalu. Kedatangannya tentu saja berhasil menghebohkan bandara. Ratusan wartawan yang memenuhi Incheon International Airport pun berebut mengabadikan gambar Jung Joon Young dan meminta pernyataan.

Namun, baru beberapa jam setelah mendarat di Korea, Jung Joon Young pun resmi ditahan dan dinyatakan sebagai tersangka dalam investigasi kasus penyebaran video ilegal di grup chat. Perwakilan dari Kantor Polisi Metropolitan Seoul menyampaikan jika sang idol telah menyalahi UU tentang Kasus Khusus soal Kejahatan Kekerasan Seksual.

"Kami menyatakan Jung Joon Young dan lainnya ada kaitannya dalam penyebaran video yang diambil secara ilegal, sore ini. Kami tidak bisa membagikan identitas tersangka lainnya," tuturnya.

Gara-gara statusnya yang sudah menjadi tersangka, Jung Joon Young juga dilarang untuk pergi meninggalkan Korea Selatan. Pasalnya, proses investigasi yang dilakukan pihak kepolisian masih akan terus berlanjut sampai masalah ini diselesaikan secara hukum.

5. Pengakuan & Permohonan Maaf Jung Joon Young

Setelah dinyatakan menjadi tersangka, Jung Joon Young memutuskan untuk merilis statement resmi. Bintang tampan berusia 30 tahun ini memilih untuk mengakui segala tuduhan yang dilimpahkan padanya ke publik dan media.

"Aku menulis ini dengan perasaan malu dan bersalah. Aku, Jung Joon Young menyadari betapa seriusnya masalah ini setelah pulang ke Korea pada 12 Maret. Meskipun sudah terlambat, aku mohon maaf melalui surat ini untuk semua orang yang tertarik padaku dan mau memberikan kesempatan kedua. Sehubungan dengan apa yang dikatakan tentangku, aku mengakui semua kejahatanku. Aku merekam para wanita tanpa sepengetahuan mereka dan menyebarkannya ke media sosial via grup chat, saat melakukannya aku tak merasa bersalah sama sekali. Sebagai seorang public figure, itu adalah tindakan yang tidak etis dan layak dikritik, tindakan yang tidak bijak," tulisnya.

Di akhir postingannya, idol kelahiran Jakarta, Indonesia ini menyampaikan permohonan maaf pada publik khususnya fans, kerabat, agensi, hingga para korban yang direkamnya secara ilegal. Dengan sangat menyesal, Jung Joon Young juga mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari dunia hiburan.

6. Dipecat dari Agensi

Siap menerima segala hukuman dan konsekuensi atas perbuatannya, Jung Joon Young kembali harus menerima kenyataan pahit. Penyanyi ganteng yang punya tato di bagian dada ini baru saja dipecat dari agensinya sendiri, MAKEUS Entertainment.

Kabar ini pun langsung dikonfirmasi oleh mereka, "Halo, ini adalah MAKEUS Entertainment. Ini adalah statement terkait Jung Joon Young. Tadi malam, Jung Joon Young telah mengirimkan permohonan maaf pada agensi, dan kami menyiarkan statement Jung Joon Young tanpa perubahan. Dengan adanya insiden ini, agensi memutuskan untuk tak lagi melanjutkan kontrak bersama Jung Joon Young. Alhasil, perjanjian kami dengan penyanyi Jung Joon Young berakhir pada 13 Maret 2019, yang sebelumnya dikontrak oleh label kami, Label M pada Januari 2019."

"Meski begitu, kami merasa sangat bertanggung jawab atas kejadian ini karena melibatkan artis dari agensi kami, dan kami akan memenuhi tugas kami sampai akhirnya Jung Joon Young bisa bekerja sama dengan proses penyelidikan dan pengadilan seperti yang disampaikannya dalam surat permohonan maaf. Sekali lagi kami mohon maaf karena sudah menyebabkan masalah dalam situasi yang tidak menguntungkan ini," tutupnya.

7. Jalani Pemeriksaan Polisi

Gambar

Sesuai yang disampaikan sebelumnya, pemeriksaan polisi atas kasus Jung Joon Young dilakukan mulai hari ini, Kamis (14/3). Memenuhi panggilan tersebut, kamera media pun berhasil mengabadikan kemunculan Jung Joon Young di kantor Kepolisian Seoul.

Dari foto-foto yang beredar di media, Joon Young tampak muncul dalam balutan kemeja putih dan setelan jas berwarna hitam. Kehadirannya sukses jadi sorotan ratusan wartawan yang berebut mengambil gambarnya dan menunggu pernyataan dari polisi.

Saat tiba di sana, Joon Young pun langsung mengungkapkan penyesalannya. Dilansir dari Billboard, ia sempat menyampaikan, "Saya merasa sangat menyesal telah menimbulkan kekhawatiran kepada orang-orang dan akan dengan jujur menjalani penyelidikan."

Hingga saat ini, pihak kepolisian Seoul masih menjalani proses investigasi bersama Seungri Big Bang, Jung Joon Young, dan beberapa member grup chat lain yang identitasnya masih belum dirilis pada media. Seperti apa kelanjutan kasus penyebaran video panas ini, dan bagaimana sanksi hukum yang akan didapat oleh para pelaku? Simak terus update-nya hanya di KapanLagi.com®!

Editor:   Sora Soraya