Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kronologi Seungri Dituntut 5 Tahun Penjara Terkait Prostitusi, Sampai Nangis Tapi Netizen Bilang Kurang Lama

Renisya Satya Putri   | Jum'at, 02 Juli 2021 11:00 WIB
Kronologi Seungri Dituntut 5 Tahun Penjara Terkait Prostitusi, Sampai Nangis Tapi Netizen Bilang Kurang Lama
Seungri 5 tahun penjara © TPG Images

Kapanlagi.com - Investigasi terhadap kasus yang melibatkan Seungri masih bergulir bahkan saat sedang menjalani eks member Big Bang ini wajib militer. Seungri mengikuti rangkaian investigasi dan juga menghadiri sidang yang digelar di pengadilan militer.

Dalam persidangan putusan yang digelar pada Kamis (1/7), pihak penuntut mengajukan tuntutan berdasarkan keseriusan kejahatan Seungri. Atas sembilan dakwaan, termasuk prostitusi, penggelapan, dan penyerangan khusus, Seungri dituntut dengan hukuman lima tahun penjara dan denda sebesar 20 juta won (sekitar Rp 256,8 juta).

1. Sebut Pesan Untuk Jung Joon Young 'Typo'

Gambar

Saat diinterogasi persidangan ke-24 di pengadilan militer pada Rabu (30/6), Seungri ditanya tentang chat di grup katalk Jung Joon Young di mana kenalan asingnya mengunjungi klub bersama teman-temannya. Saat berbicara dengan MD klub, salah satu anggota obrolan grup bertanya tentang menghibur orang asing dan Seungri menjawab, "Siapa wanita-wanita itu? Apakah mereka melakukannya dengan baik?"

Seungri pun menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut. Pria kelahiran 12 Desember 1990 itu mengklaim bahwa pesan teks terkait penyediaan pelacur di katalk yang dialamatkan kepada Jung Joon Young sebenarnya adalah typo alias salah ketik.

"Itu adalah katalks dari 7 tahun yang lalu. Saya ingat bertanya apakah mereka 'bermain dengan baik (bersenang-senang di pesta)'. Saya menggunakan iPhone jadi saya pikir kesalahan ketik itu disebabkan karena koreksi otomatis. Saya minta maaf karena menyebabkan kebingungan, tetapi saya tidak mengatur pelacuran," ujarnya, seperti dilansir dari Daily Naver.

2. Bantah Tuntutan

Lebih lanjut, Seungri juga membela diri dengan keras dan menyangkal semua tuduhan prostitusi, pembuatan film ilegal, perjudian dan penggelapan yang ditujukan padanya. Dalam persidangan ini, orangtua Seungri juga hadir dan menyaksikan jaksa menginterogasi putranya dari bagian audiensi.

Seungri menegaskan bahwa semua tuduhan perdagangan seks dipimpin oleh mantan CEO Yuri Holdings Yoo In Seok dan menyatakan bahwa dia menjadi co-CEO di perusahaan karena diminta oleh sosok yang dimaksud.

Ketika ditanya tentang kesaksian dari 2 wanita A & B bahwa mereka dilacurkan di rumahnya, Seungri menyatakan, "Saya aktif berpromosi pada saat itu sehingga tidak mungkin saya membayar prostitusi untuk seks. Orangtua dan adik saya hidup di sebelah rumah saya dan berkunjung dari waktu ke waktu karena mereka memiliki kata sandi ke rumah saya. Apakah saya akan melakukannya meski mengetahui orangtua saya bisa masuk kapan saja?"

Ketika ditanya tentang Yoo In Seok yang menghadiahkan pelacur ke rumahnya, Seungri menyatakan, "Saya tidak ingat aktivitas apapun yang berkaitan dengan pelacuran."

3. Mengaku Diperlakukan Tidak Adil

Karena banyaknya dakwaan yang ditujukan pada Seunri, sidang ke-24 yang digelar pada Rabu (30/6) dilanjut dalam sidang tambahan pada Kamis (1/7) sore. Mengenai tuduhan 'Burning Sun' yang mencakup penggelapan, pelanggaran Undang-Undang Sanitasi Makanan, kamera tersembunyi, penyerangan, prostitusi, dll. Seungri menyatakan bahwa dirinya berada pada posisi yang tidak diuntungkan karena investigasi dilakukan dengan cara yang hanya dapat mengarah pada penangkapan.

"Intensitas penyelidikan polisi di luar imajinasi saya. Ada 9 tuduhan yang entah bagaimana dibuat selama tahap penyelidikan polisi. Ada masalah kolusi polisi dengan 'kepala polisi' sehingga perintah investigasi yang ketat dikeluarkan dari atasan," ungkap Seungri yang telah diselidiki lebih dari 50 kali oleh polisi.

"Saya tidak bisa melupakan rasa takut yang harus saya alami selama penyelidikan. Semua departemen kepolisian menyelidiki saya dan Biro Pelayanan Pajak Nasional ke-4 bahkan memberi tahu bahwa saya adalah orang pertama yang pernah mereka selidiki sebagai individu. Polisi berusaha memasukkan (menangkap) saya karena narkoba, bagaimana mungkin menangkap seseorang hanya karena narkoba..?" imbuhnya.

Menurut pernyatan Seungri, dia seakan disudutkan dengan pertanyaan dari pihak kepolisian selama proses investigasi.

"Polisi bilang saya adalah 'ahli narkoba dengan wajah pecandu narkoba.' Kedua kalinya mereka memanggil saya, mereka bertanya kepada saya tentang transaksi rekening senilai 10 tahun transaksi. Ketiga kalinya mereka bertanya kepada saya, 'Apakah Anda benar-benar tidak menggunakan narkoba? Beritahu kami pengedar narkoba di kalangan selebritas.' Saya menjadi sasaran penyelidikan paksa yang tampaknya memiliki hasil yang direncanakan sebelumnya," ujarnya.

"Tidak ada yang tahu karena polisi tidak pernah membuat pengumuman resmi bahwa saya tidak menggunakan narkoba. Meskipun persidangan belum berakhir, saya menjalani kehidupan militer saya sebagai 'idol kriminal.' Detektif mengatakan kepada saya, 'Kami akan menangkap Anda tanpa syarat dan menelanjangi Anda sehingga kalian semua akan jatuh seperti kartu domino. Mengakulah kepada pengacara Anda. 'Sebagai seorang figur publik, saya pantas menerima kritik itu, tetapi sebagai pribadi, itu sangat sulit untuk ditanggung. Itu sangat sulit, tetapi saya menunggu hari ini untuk berbicara," sambungnya.

4. Minta Maaf dan Membungkuk

Seungri juga membantah klaim bahwa dia kabur dengan wamil untuk menghindari penyelidikan.

"Saya menerima pemberitahuan wajib militer pada November 2018 dan insiden Burning Sun terjadi pada Januari 2019. Tanggal masuk wajib militer waktu itu 25 Maret 2019. Mereka terus mengatakan saya sedang berusaha untuk menghindar dengan wajib militer jadi saya mengajukan penundaan untuk bekerja sama dengan penyelidikan dan menghadiri 52 panggilan untuk penyelidikan. Saya digerebek dan digeledah dan diselidiki sepanjang minggu sebelum masuk wajib militer," tuturnya.

"Sebagai publik figur dan orang tersayang, wajar kalau saya dikritik karena diduga terlibat hal-hal yang tidak senonoh seperti itu, tapi itu tidak benar. Saya minta maaf. Saya ingin meminta maaf atas chat yang terungkap dan berbagai penemuan. Saya minta maaf. Aku malu dan menyesal," pungkasnya ditutup dengan menundukkan kepala.

5. Nangis Saat Tahu Dituntut 5 Tahun

Pada Kamis (1/7) pagi harinya, Hakim Kolonel Min Je Hwang mengadakan persidangan ke-25 untuk kasus prostitusi Seungri dan tuduhan 'Burning Sun' lainnya. Sidang digelar setelah rekor interogasi 17 jam yang berlangsung selama dua hari berturut-turut.

Meski Seungri menegaskan kembali posisinya dan menyangkal semua tuduhan yang dialamatkan padanya, jaksa tetap pada tuntutan awal. Jaksa meminta pengadilan untuk memberikan hukuman 5 tahun penjara dan denda 20 juta lantaran kualitas kejahatan Seungri yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun tidak bagus. Seungri adalah orang yang diuntungkan dari kejahatan itu, tapi dia tetap tidak mau mengaku dan terus menyalahkan orang lain yang terlibat.

Mendengar tuntutan tersebut, Seungri meneteskan air mata dan menyatakan, "Saya berjanji untuk lahir kembali. Saya minta maaf kepada mantan rekan kerja, mantan pejabat agensi, dan keluarga yang harus melalui masa sulit karena saya."

Di sisi lain, netizen justru merasa bahwa hukuman 5 tahun penjara tidak sepadan dengan kejahatan yang dilakukan oleh Seungri. Banyak yang setuju kalau Seungri mendekam di balik jeruji besi lebih lama untuk menebus 9 dakwaan yang ditujukan padanya.

Editor:   Renisya Satya Putri