Maggie Cheung Menangkan Artis Terbaik Channes

Editor KapanLagi.com | 25 Mei 2004, 16:43 WIB
Maggie Cheung Menangkan Artis Terbaik Channes

Kapanlagi.com - Komunitas film Hong Kong sangat bangga kemarin saat artisnya Maggie Cheung menangkan penghargaan Best Actress di Festival Film Channes.

Cheung menerima penghargaan atas perannya sebagai bintang rock yang jorok dalam CLEAN yang disutradarai mantan suaminya dari Perancis Olivier Assayas, kata pengkritik film terkenal Gary Pollard.

"Itu berita bagus buat Maggie Cheung. Saya sudah di Hong Kong selama lebih dari 20 tahun. Ketika ia mulai, saya pikir ia artis yang payah, tapi ia benar-benar bekerja keras dan menjadi artis yang jempolan dan kapabel,” kata Pollard.

Cheung, 39 tahun, mantan Ratu Kecantikan Miss Hong Kong memenangkan Best Actress di Berlin pada 1992 dan mendapat pujian atas perannya sebagai Wong, pada film IN THE MOOD FOR LOVE tahun 2000.

"Ini benar-benar momen yang luar biasa dalam hidupku,” kata Maggie dalam perayaan.

Ketika ditanya bagaimana ia bisa menampilkan penampilan terbaiknya ia mengatakan,”Sangat sulit untuk memerankannya tetapi tidak lebih sulit daripada teknik berbicaranya. Sangat sulit karena itu menyakitkan.

Sutradara lainnya mungkin membiarkan saya memerankan peran itu seorang sampah, tapi hanya Olivier yang memberi saya kepercayaan untuk memerankannya bila saya mau.”

Dalam film itu, Cheung berperang melawan kecanduan obatnya setelah kehilangan hak sebagai orang tua ketika suaminya meninggal akibat overdosis. Kakek yang merawat anaknya itu diperankan oleh Nick Nolte.

Kemenangan Cheung adalah penampilan terbaik kedua yang dimenangkan bintang Hong Kong. Tony Leung memerankan aktor terbaik dalam perannya sebagai IN THE MOOD FOR LOVE tahun 2000. (tdy/ine)

Editor:   Editor KapanLagi.com