Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

MAX CHANGMIN Ungkap Apa Kesamaan Dirinya dengan Film Terbaru SPIDER-MAN

Sabtu, 15 Januari 2022 16:45 WIB
MAX CHANGMIN Ungkap Apa Kesamaan Dirinya dengan Film Terbaru SPIDER-MAN
Changmin saat sesi presscon jelang perilisan DEVIL. © SM Entertainment

Kapanlagi.com - MAX CHANGMIN merilis mini album kedua DEVIL, 13 Januari 2021. Member TVXQ ini pun membahas soal pesona vocalnya yang khas dan semakin berkembang di 18 tahun karirnya sebagai seorang idol.

"Rasanya sedikit malu untuk membahas soal pesona vokalku, tapi di film terbaru SPIDER-MAN, kostum Spider-Man berubah dan makin canggih dengan bantuan sains dan teknologi. Seperti fungsi kostumnya itu lah, aku juga percaya diri untuk mengatakan kalau aku mampu mengekspresikan diriku lewat berbagai cara dan menunjukkan berbagai kemampuan vokal," ungkap Changmin saat presscon DEVIL, Kamis 13 Januari 2021.

1. Gaya Menyanyi yang Berubah

Gambar

Debut sebagai idol di usia remaja hingga kini berusia 33 tahun dan sudah menikah, sang idol mengakui banyaknya perubahan. Changmin mengungkapkan kalau gaya menyanyinya pun berubah mengingat musik industri yang terus berkembang dengan pesat.

"Seperti kalau dulu kostum Iron Man dan sekarang Spider-Man, aku rasanya bisa menunjukkan penampilan dan pesona vokalku seperti bunglon. Juga, penting untuk menerima gaya menyanyi yang berubah dengan berjalannya waktu, dan kita tidak boleh mengabaikannya, yang lebih penting adalah belajar untuk mengikuti perkembangan industri musik yang cepat dan menjadi grup pemimpin," jelasnya.

2. MAX CHANGMIN Menulis Sendiri Lirik 'Devil'

Gambar

MAX CHANGMIN merilis mini album keduanya DEVIL, Kamis (13/1/2020). Lewat comebacknya, member TVXQ tersebut terungkap ikut menulis dua lirik dari dua track dalam album yakni, Devil dan Alien.

Ini memang bukan kali pertama Changmin merilis lirik lagunya sendiri, seperti yang diketahui sang idol banyak menulis lirik untuk lagunya sendiri maupun lagu TVXQ. Untuk title track comebacknya, ia pun diminta untuk menulis sendiri lirik lagu Devil.

"Aku sebelumnya memang sudah menulis lirik dan karena ini untuk title track album, produser YOO YOUNG JIN menyarankan aku untuk mencoba menulis liriknya. Beruntung banget karena kita bisa memproses lirik yang kutulis karena hasilnya memuaskan dan cocok untuk vibe lagunya," jelas Changmin saat prescon jelang perilisan albumnya dipandu teman satu grupnya, Yunho TVXQ sebagai MC, Kamis (13/1/2020).

3. Soal Lirik Devil

Gambar

Diakui Changmin, ia mengubah liriknya dengan pesan tersendiri. Lirik asli dari lagunya adalah iblis yang memiliki kekuatan mengerikan, tapi ia berhasil mengubahnya dan tetap membawa vibe dark.

"Lagu aslinya soal bagaimana iblis begitu mengerikan, tapi kupikir energi yang luar biasa ini akan cocok juga dengan ide bagaimana kalau kamu berhasil tidak mendengar bisikan iblis, dan itu lah pesan yang ingin kusampaikan," jelasnya.

4. Menulis 2 Lagu di Mini-album ke-2 ‘Devil’

Gambar

Mini-album ke-2 MAX CHANGMIN ‘Devil' yang berisi total 6 lagu dengan berbagai genre, termasuk lagu ‘Devil' dan ‘Alien' yang liriknya ditulis oleh MAX CHANGMIN.

‘Devil' merupakan lagu slow R&B dengan iringan drum yang groovy, bass riff, dan accapella di bagian chorus-nya. Lirik dari lagu ini membuat pendengar merasakan karisma yang kuat dengan keinginan untuk maju dengan percaya diri tanpa menyerah pada bisikan iblis, bahkan dalam kenyataan yang sulit.

Sedangkan ‘Alien' merupakan lagu medium pop dance yang mengekspresikan cinta pada pandangan pertama dengan cara yang menggemaskan, membandingkannya dengan pertemuan dengan alien untuk pertama kalinya di sebuah tempat yang misterius. Range vokal MAX CHANGMIN yang diperdengarkan melalui lagu ini menambah daya tarik lagu.

Sebelumnya, MAX CHANGMIN juga ikut berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu-lagu yang telah dirilis sebelumnya, seperti ‘Chocolate', ‘No Tomorrow', dan ‘All That Love'.

 

5. Comeback Solo

Gambar

Album ini merupakan album solo ke-2 MAX CHANGMIN yang dirilis menyusul mini-album pertama ‘Chocolate' yang dirilis pada bulan April 2021. Mini-album ke-2 ‘Devil' ini berisi total 6 lagu dengan berbagai genre, termasuk title track ‘Devil'.

MAX CHANGMIN tidak hanya aktif sebagai penyanyi bersama TVXQ! maupun solo, tapi juga aktif sebagai MC, aktor, dan entertainer. Dengan berbagai kegiatan yang menjadikannya sebagai all-rounder artist, ekspektasi yang besar diberikan untuk album terbaru MAX CHANGMIN.