Melindungi Kru - Donasi Miliaran, 10 Bintang Korea Paling Baik Hati Sepanjang 2018

Ayu Srikhandi | Jum'at, 14 Desember 2018 11:25 WIB
Melindungi Kru - Donasi Miliaran, 10 Bintang Korea Paling Baik Hati Sepanjang 2018

Kapanlagi.com - Sepanjang 2018 ini, banyak banget kejadian yang membuat penggemar fans drama maupun idol Korea bangga banget. Pasalnya, banyak seleb yang memiliki hati baik bak malaikat. Donasi sudah menjadi kebiasaan dan bagian dari hidup mereka, tak hanya itu mereka juga perhatian pada kru, hingga melakukan sukarelawan dalam berbagai kesempatan nih.

Jelang akhir tahun 2018, KapanLagi.com membuat daftar 10 bintang korea yang dianggap paling baik hati dan bikin fansnya bangga banget. Yap, di sela-sela kesibukan dan di tengah gemerlapnya kehidupan selebriti, bintang-bintang ini nggak lupa untuk tetap peduli ke sesama dan membantu meringankan beban orang-orang yang kurang beruntung.

1 dari 10 halaman

1. IU

IU IU © IU Official Facebook
Di tahun 2018 ini, IU melakukan perpanjangan kontrak dengan agensi yang menaunginya, Kakao M (dulunya dikenal dengan LOEN Entertainment). Sebelum memperpanjang kontraknya, penyanyi yang juga aktris ini punya persyaratan khusus yang membuatnya jadi pembicaraan. Kebanyakan artis akan meminta kenaikan gaji saat perpanjangan kontrak, tapi tidak begitu lho dengan IU.

IU justru meminta agensi untuk menaikkan semua gaji kru yang bekerja dengannya. Ia juga menjelaskan kalau tidak perlu bayaran naik atau pembayaran di depan, yang penting para 40 staff yang sudah dianggapnya sebagai keluarga memiliki gaji yang lebih layak.

Tak hanya perhatian pada orang-orang di sekitarnya, sepanjang 2018 ini IU juga telah melakukan berbagai donasi. Maret lalu, bintang 25 tahun ini melakukan donasi sebesar 50 juta Won atau sebesar Rp 646,8 juta setelah terinspirasi karakter yang dimainkannya dalam MY AHJUSSI. Saat belajar bahasa isyarat, ia merasakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh para tuna rungu. Karena itu bintang bernama asli Lee Ji Eun ingin meringankan sedikit beban mereka.

September lalu, IU merayakan debut anniversary ke-10. IU dan UEANA (sebutan fans IU) menyumbangkan 100 juta Won (Rp 1,3 miliar) lewat Green Umbrella Children's Foundation untuk beasiswa anak-anak yang dibesarkan oleh kakek-nenek, serta anak-anak dari keluarga berpendapatan rendah. Seperti yang diketahui, IU dulunya juga dibesarkan oleh nenek karena ekonomi keluarganya tidak terlalu bagus.

2 dari 10 halaman

2. Yoo Jae Suk

Yoo Jae Suk Yoo Jae Suk © soompi.com
Bisa dibilang, donasi yang dilakukan oleh Yoo Jae Suk sudah tidak pernah mengejutkan penggemar lagi karena hal itu selalu dilakukan olehnya dalam berbagai kesempatan. Bahkan ia mendapat julukan sebagai Dewa Donasi karena seringnya memberikan bantuan.

April lalu terungkap Yoo Jae Suk mengirimkan bantuan untuk comfort women yang dipaksa melayani militer Jepang sedang 1930-an hingga akhir Perang Dunia Kedua. Saat rumah bantuan ini sedang melakukan pembukuan rutin, terungkap kalau Yoo Jae Suk mengirimkan sebesar 50 juta won (Rp 646,8 juta). Sejak pertama kali mengirimkan donasi pada mereka di tahun 2014, totalnya komedian, host, dan bintang variety show tersebut telah mengeluarkan donasi hingga 260 juta Won atau Rp 3,4 miliar.

Yoo Jae Suk juga diketahui selalu memberikan donasi untuk Utoro Village sejak tahun 2015, di mana orang-orang Korea di bawa ke sana di masa penjajahan Jepang untuk kerja paksa. Agustus lalu, bitang RUNNING MAN itu mengirimkan bantuan sebesar Rp 646,8 juta.

Jelang musim dingin, Yoo Jae Suk juga kembali melakukan donasi. Kali ini ia mengirimkan 50 juta Won (Rp 646,8 juta) dalam bentuk 71.500 batu bara ke Coal Bank. Ini merupakan kedua kalinya di tahun 2018 Yoo Jae Suk mengirimkan bantuan batu bara dan dengan jumlah yang sama.

Diungkapkan oleh Coal Bank, belakangan donasi menurun karena ekonomi Korea yang memburuk. Mereka pun berterima kasih pada Yoo Jae Suk yang terus memberikan bantuan, apalagi musim dingin di Korea tahun ini diprediksi bakal esktrem banget. Di sisi lain, selama enam tahun belakangan Yoo Jae Suk telah melakukan 9 kali donasi lewat Coal Bank dengan total 380 juta atau sebanyak Rp 4,9 miliar, dan telah membantu total 4.427 rumah.

3 dari 10 halaman

3. Yoona Girls Generation

Yoona Girls Generation Yoona Girls Generation © xportsnews.com
Selain cantik dan selalu sopan, Yoona Girls Generation juga merupakan salah satu seleb yang memiliki hati bak malaikat. Juli lalu, idol aktris tersebut diundang untuk makan siang bersama Ibu Negara KIm Jung Sook. Yoona diundang atas keterlibatannya sebagai salah satu donatur di Community Chest of Korea sejak tahun 2015, dan menjadi Honor Society Club di tahun 2015 karena telah mendonasikan lebih dari 100 juta Won Rp 1,3 miliar.

Awalnya, Yoona memang tidak mau mengungkap ke media tentang donasi yang dilakukannya. Namun karena ingin mengajak orang-orang untuk bisa membantu sesama, Yoona pun berbagi soal keterlibatannya dalam Community Chest of Korea.

4 dari 10 halaman

4. Goo Hye Sun

Sejak lama Goo Hye Sun terkenal sebagai public figure yang begitu peduli pada sesama. Tentunya masing ingat dong saat ia menikah dengan Ahn Jae Hyun pada 2016 lalu? Daripada membuat pesta pernikahan, pasangan tersebut lebih memilih untuk mendonasikan uang mereka ke rumah sakit anak-anak penderita penyakit kronis.

Belum lama ini, bintang 34 tahun itu kembali menuai pujian karena kebaikan hatinya. Meski sudah menikah dan sempat jatuh sakit beberapa waktu lalu, Goo Hye Sun menjadi relawan untuk UNICEF dan pergi ke Chad, sebuah negara di Afrika.

5 dari 10 halaman

5. Suzy

Suzy Suzy © inven,co.kr
Masih mudah dan sudah sukses dengan karir serta bergelimang harta, Suzy tidak menjadi sombong. Malah ia memanfaatkan kekayaannya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Terungkap kalau penyanyi yang juga aktris itu menyumbangkan 20 juta won (Rp 258,7 juta) untuk ibu-ibu tunggal di Korea pada April 2018.

Suzy juga merupakan donatur tetap di Community Chest of Korea dan telah mejadi Honor Society karena telah berdonasi lebih dari 100 juta Won atau Rp 1,3 miliar pada 2015 lalu. Yang lebih mengejutkan lagi, Suzy juga terdaftar sebagai donor organ sejak 2014 lewat Life Sharing Korea. Bintang 24 tahun ini juga sering banget melakukan donasi memakai nama orangtuanya agar tidak terendus media lho.

6 dari 10 halaman

6. Song Joong Ki

Song Joong Ki Song Joong Ki © Instagram.com/superyoungsun
Bintang lain yang juga menjadi pembicaraan karena kebaikannya adalah Song Joong Ki. Pasalnya, ia menghabiskan liburan Chuseok dengan melakukan aksi sosial di panti tuna wisma. Ia bersama beberapa seleb lain menyiapkan makanan untuk orang-orang yang tidak punya tempat tinggal itu. Padahal, Chuseok merupakan liburan terpenting di Korea karena kebanyakan orang akan pulang kampung untuk merayakannya bareng keluarga besar. Namun Song Joong Ki merelakan liburannya itu untuk membantu meringankan sedikit beban para tunawisma.

Di sisi lain, Song Joong Ki juga kerap mendapat julukan keturunan malaikat karena saking seringnya terjun ke aksi sosial dan memberikan donasi rutin.

7 dari 10 halaman

7. TVXQ

TVXQ TVXQ © SM Entertainment
Yunho dan Changmin TVXQ sama-sama orang yang aktif melakukan kegiatan sosial. Sejak awal berkarir hingga sekarang, Yunho merupakan donatur tetap memberikan beasiswa di SMA tempatnya bersekolah dulu. Ia juga sering terlibat dalam donasi untuk anak-anak atau pergi menjadi relawan.

Sedangkan Changmin TVXQ baru-baru ini membuat netizen jatuh hati dengan kebaikan hatinya. Idol 30 tahun tersebut memberikan donasi sebesar 50 juta Won atau sebesar Rp 646,8 juta. Seperti yang diketahui, tahun ini menjadi musim terpanas di Korea dan banyak korban jiwa karena serangan panas.

"Karena cuaca yang terlalu panas musim panas ini, Changmin melakukan donasi 50 juta won dan meminta kita menyalurkan alat-alat pendingin bagi mereka yang membutuhkan," jelas Seoul Housing Welfare Center Association.

Dua bulan sebelumnya, Changmin melakukan donasi lewat Green Umbrella Child Fund sebesar 55 juta Won atau sebanyak Rp 711,5 juta untuk merayakan Hari Anak. Donasi diberikan kepada anak-anak yang menderita sakit dan berharap mereka bisa tumbuh dengan sehat.

8 dari 10 halaman

8. Chanyeol EXO

Chanyeol EXO Chanyel EXO © pann.nate.com
Chanyeol merupakan salah satu idol muda yang memiliki kepedulian tinggi terhadap orang-orang di sekitarnya. Tak jarang memang ada kabar jika selebriti berlaku kurang sopan atau semena-mena pada kru mereka, tapi tidak begitu dengan rapper EXO ini. Chanyeol selalu dikerumuni oleh penggemarnya dalam setiap aktivitas, demi melindungi para kru wanita di sekitarnya, ia selalu sengaja menutupi tubuh kru wanita dengan badannya yang hunk dari jepretan kamera fans.

Hal tersebut terungkap di beberapa rekaman fans. Setelah menyapa penggemar, Chanyeol langsung berlari untuk menutupi kru-kru wanitanya dengan tubuhnya. Tentunya bintang yang membintangi drama MEMORIES OF THE ALHAMBRA tersebut tak ingin para kru wanita tidak nyaman bekerja dengannya karena banyak fans.

9 dari 10 halaman

9. Siwon

Siwon Choi Siwon © Instagram.com/siwonchoi diambil (13/12/18 pukul 17.00)
Sejak tahun 2015 lalu, Siwon telah dipercaya menjadi perwakilan istimewa dari UNICEF Korea. Idol yang juga aktor ini kerap melakukan kegiatan kemanusiaan di Korea maupun negara-negara lainnya, termasuk ASEAN.

Sebagai perwakilan UNICEF, Siwon membawakan campaign untuk membuat kehidupan anak-anak lebih baik. Menghadiri 5th Asean Children's Forum Agustus lalu, Siwon mengajak semua orang, mulai dari politisi hingga pemerintah untuk lebih sadar dalam membantu anak-anak agar hidup lebih layak.

"Sayangnya, aku menyaksikan sendiri jutaan anak-anak harus menderita karena hak asasinya tidak terpenuhi, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk bisa menjadi sehat, dan hak untuk bermain," ungkap Siwon menyatakan kesedihannya.

Selama tiga tahun belakangan, Siwon nggak lelah untuk mengajak kita semua memerhatikan kesejahteraan anak-anak.

10 dari 10 halaman

10. BTS

BTS © AFP
Merayakan anniversary debut kelima, BTS dan Big Hit Entertainment, mereka menjadi sponsor untuk campaign UNICEF yang bertajuk #ENDviolance. BTS dan agensi sendiri memberikan donasi sebesar 500 juta Won (Rp 6,5 miliar) dan lewat campaign Love MySelf itu, mereka berhasil mengumpulkan dana sampai 1 juta Won (Rp 12,9 miliar).

Di sisi lain, Maret lalu Suga mengirimkan daging Korea bersertifikat pada 39 panti asuhan atas nama ARMY (fans BTS). Hal itu dilakukan oleh Suga untuk merayakan ulang tahunnya sekaligus memenuhi janji pada penggemar. Beberapa tahun lalu, member BTS ini memang berjanji untuk mentraktir daging penggemarnya. Namun karena tidak bisa menghabiskan waktu bareng fans, ia menggantinya dengan mendonasikan daging sapi bersertifikat pada panti asuhan atas nama fans.

Sedangkan baru-bar ini, Jin BTS juga membuat penggemar bangga. Sang idol secara pribadi pergi dan membeli kebutuhan untuk rumah naungan hewan untuk merayakan ulang tahunnya. Jin mengirimkan makanan hewan, mangkuk, dan selimut untuk anjing terlantar yang hidup di rumah lindung.

Senang banget melihat artis idola yang ringan dalam memberikan bantuan seperti ini. Semoga banyak yang terinspirasi dengan kebaikan seleb-seleb di atas!

(kpl/jje)


Editor:  

Ayu Srikhandi

↑