Punya Arti yang Sangat Dalam, 5 Lagu B-Side BTS ini Tidak akan Membuatmu Menyerah Dalam Hidup

Editor KapanLagi.com   | Jum'at, 13 Agustus 2021 16:22 WIB
Punya Arti yang Sangat Dalam, 5 Lagu B-Side BTS ini Tidak akan Membuatmu Menyerah Dalam Hidup
BTS (Credit: twitter.com/bts_bighit)

Kapanlagi.com - Siapa yang tidak kenal dengan BTS? 7 anak laki-laki yang sukses menjadi bintang dunia, menjadi penyanyi papan atas yang popularitasnya mengingatkan para pencinta musik kepada salah satu grup terkenal The Beatles. BTS sendiri debut pada tahun 2013 dan sudah ratusan lagu yang mereka keluarkan sejak debut. Title track mereka selalu menjadi perbincangan karena lirik mereka yang penuh arti. Tidak sampai di situ, BTS juga merupakan musisi kelas dunia yang telah memecahkan rekor billboard yaitu dengan menduduki Billboard 100 dengan 5 lagu dengan waktu tersingkat yaitu 10 bulan. Lagu mereka yang terbaru yaitu Butter dan Permission To Dance juga menduduki peringkat satu Billboard selama 7 minggu berturut-turut.

Namun di balik prestasi yang membanggakan BTS dan ARMY - sebutan untuk fans BTS, harus diakui bahwa BTS memang memiliki kualitas musik yang sangat bagus dan sangat pantas untuk menduduki posisi satu dalam chart musik kelas dunia yaitu Billboard. Karena tidak hanya sekedar viral dan menyenangkan, lagu-lagu BTS juga memiliki arti yang begitu dalam dengan pengungkapan lirik lagu yang begitu indah. Dan itu tidak hanya terdapat dalam title track mereka, tetapi juga pada lagu-lagu side mereka. BTS bahkan pernah membuat album yang bertema Love Yourself untuk mengampanyekan pentingnya mencintai diri sendiri dan menghargai diri sendiri sebagai seorang manusia. Namun tidak hanya dalam album Love Yourself saja, berikut 5 lagu B-side BTS yang tidak akan membuat mu berpikir untuk menyerah dalam menjalani kehidupan.

1. Paradise

Lagu Paradise ini merupakan salah lagu b-side BTS dalam album Love Yourself: Tear yang rilis pada tanggal 18 Mei 2018 lalu. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang dituntut untuk selalu mengejar mimpi, mengikuti dinamika pergerakan orang lain sehingga seseorang ini berlari melebihi batas kemampuannya. Sehingga dalam lagu tersebut BTS mengungkapkan bahwa dunia memang tidak seperti yang dijanjikan, dunia memang sangat keras dan akan selalu menuntutmu namun kamu tidak harus mengikuti mereka yang ada di depanmu. BTS juga menyampaikan dalam lagu tersebut bahwa tidak apa-apa untuk berhenti sejenak, mengambil napas lalu berlari lagi dan tidak apa tidak mempunyai mimpi jika sudah memiliki momen untuk berbahagia.

Dari lagu tersebut BTS berusaha mengatakan pada semua orang untuk selalu percaya pada dirinya sendiri, bahwa tidak semua yang orang lain miliki harus menjadi milik kita, dan tidak apa-apa jika memang belum memiliki mimpi dan tujuan selama kamu bahagia maka jalani saja hidup ini. Lewat lagu Paradise ini BTS juga mengingatkan tentang bagaimana mimpi semua orang itu berbeda dan tidak tidak apa-apa memiliki mimpi yang berbeda karena kebahagiaan orang itu berbeda-beda.

2. Whalien 52

Lagu Whalien 52 juga merupakan salah satu lagu B-Side BTS yang rilis pada tanggal 30 November 2015. Lagu ini masuk ke dalam list lagu pada Album the most beautiful moment in life pt.2. Lagu Whalien 52 ini merupakan salah satu lagi yang diproduseri oleh 3 Rapper BTS yaitu RM, Suga, dan J-Hope. Musik lagu ini begitu menenangkan dan juga memiliki arti yang begitu dalam.


Lagu ini menggunakan metafora seekor paus yang hidup di lautan yang di mana paus tersebut terus mengeluarkan suara walau tidak seorang pun yang dapat mendengarkannya. Lagu ini merepresentasikan proses perjalanan BTS hingga mereka diakui di industri musik Korea Selatan. Berangkat dari agensi kecil dan hampir bangkrut  tidak membuat mereka menyerah pada mimpi mereka untuk menjadi musisi ternama. Mereka dilambangkan sebagai paus kesepian dalam lagu Whalien 52 di mana mereka berdiri sendiri tanpa privilege seperti dukungan media atau industri pada saat itu. Namun, BTS terus bernyanyi hingga suatu hari mereka berharap bahwa nyanyian itu akan sampai kepada seseorang di luar sana dan harapan itu setahun kemudia tepatnya pada tahun 2016 mereka mendapatkan daesang pertama mereka.


Fakta mengejutkan juga datang dari lagu yang memiliki lirik begitu puitis ini, yang ternyata berkaitan dengan penemuan Dr. William Watkins dari Oceanographic Institution Woods Hole yang menemukan seekor paus jantan dalam samudra yang begitu luas, dan dijuluki sebagai The Loneliest 52 Hz Whale. Dilansir dari Grid.id  penemuan paus jantan yang kesepian ini saat Dr. William Watkins mendengar frekuensi yang berbeda dari paus lainnya. Frekuensi Paus ini mencapai 25Hz, lebih besar dari paus biasanya yang hanya memiliki frekuensi suara sebesar 12 Hz.


Namun, di balik fakta unik tersebut lewat lagu ini BTS menyampaikan bahwa tidak ada usaha yang sia-sia, walaupun tidak ada orang yang mendukung dan hanya berusaha untuk mencapai mimpi seorang diri, jangan menyerah sampai mimpi itu tercapai dan jangan pernah takut jika ada orang menertawakan mimpimu, karena menjadi berbeda seperti paus yang memiliki frekuensi yang berbeda dalam lagu tersebut, tetaplah percaya diri dengan kemampuan kalian. Seperti salah satu arti dari lirik mereka, "Aku pergi menuju masa depanku, pantai biru dan percayalah pada Hertz-ku."

3. Tomorrow

Lagu dengan judul Tomorrow ini rilis pada tanggal 12 Februari 2014 dan termasuk dalam list lagu yang ada pada album Skool Luv Affair. Tidak kalah dengan Paradise dan Whalien 52 lagu yang rilis setelah 7 bulan mereka debut ini juga memiliki makna yang begitu dalam yang memotivasi pendengarnya untuk tidak pernah menyerah dalam hidup mereka dan terus mengejar mimpi mereka punya walau dengan tertatih-tatih.


Lagu yang rilis 7 tahun lalu ini menceritakan mengenai seseorang yang memiliki hari yang begitu berat setiap harinya di mana ia harus berusaha dengan keras di setiap harinya dan itu terus berulang selama bertahun-tahun. Lagu ini menceritakan bagaimana frustasi dan melelahkannya berada di posisi tersebut harus menghadapi ketakutan yang terus datang tentang bagaimana ia bertahan kedepannya sehingga lewat lagu Tomorrow ini BTS menyampaikan bahwa jangan terlalu jauh berpikir, pikirkan saja besok harus bagaimana, tetaplah meraih mimpi mu. Walau mimpi itu sudah hancur berkeping-keping tetaplah maju dan melihat masa depan dan abaikan masa lalu yang sudah terlewat.

Lewat lagu tersebut BTS juga menyampaikan walau ada hari yang paling gelap dalam hidup, BTS menginginkan para pendengarnya untuk beristirahat sejenak dan memperingati mereka untuk tidak pernah menyerah dalam meraih apa yang mereka inginkan. Seperti yang tertuang pada salah lirik mereka yang berarti, "Karena dini hari, tepat sebelum matahari terbit adalah waktu yang paling gelap. Bahkan dimasa depan jangan melupakan dirimu saat ini, dimana pun dirimu sekarang, kau hanya sedang beristirahat, jangan menyerah, kau tahu."

4. Young Forever

Lagu Young Forever rilis pada tanggal 2 Mei 2016 dan merupakan salah satu lagu yang ada di album The most beautiful in life: Young Forever. Lagu ini juga pernah menjadi lagu kejutan untuk BTS saat mereka konser di Wembley Stadium tahun 2019 lalu yang dinyanyikan bersama 60 ribu ARMY yang hadir dalam konser tersebut. Lagu yang diproduseri oleh komposer bighit Pdogg ini juga memiliki arti yang sangat dalam yang ada di liriknya. Lagu ini menceritakan ketakutan mereka saat berdiri di atas panggung, bagaimana mereka begitu takut membuat kesalahan dan terkadang frustasi akan hal tersebut.


Dilansir dari HotDetik.com bahwa lagu yang berada dalam album The Most Beautiful of Moment in Life: Young Forever ini juga menceritakan bagaimana BTS ingin selalu seperti anak muda, menikmati setiap momen yang mereka lewati, menikmati masa-masa sulit dan masa-masa mereka dalam meraih puncak karir. Selain hal tersebut, lagu ini juga seperti memberitahu para pendengarnya untuk tidak pernah takut tentang rintangan yang ada di depan mereka. Rintangan yang dimaksud BTS dalam lagu tersebut diisyaratkan seperti labirin dan dapat dilihat di sepenggal lirik dalam lagu tersebut yang berarti, "Di bawah kelopak bunga hujan turun, aku berlari, sehingga hilang dalam labirin ini, selamanya kita muda."

5. 2! 3!

Lagu 2! 3! ini juga merupakan salah satu lagu B-side BTS yang memiliki arti yang begitu dalam juga. Lagu ini rilis pada tahun 2016 dalam album Wings. Lagu ini juga memiliki arti yang begitu dalam dan ditulis untuk ARMY. Dari keseluruhan lirik lagunya menceritakan bagaimana BTS dan ARMY bergandengan tangan untuk melupakan masa lalu dan berjalan menuju masa depan yang lebih baik.

Dalam lagu tersebut mereka juga menuangkan bagaimana rasanya menjadi seorang bintang yang tampil di panggung dan menceritakan bagaimana lelah dan takutnya mereka. Walaupun begitu dalam reff lagu tersebut mereka memberi mantra yang menenangkan dan mengajak pendengar mereka untuk tenang dan melupakan semua kenangan buruk yang telah terjadi di masa lalu.

Dalam lagu tersebut BTS ingin pendengarnya, terutama ARMY - fans mereka, untuk terus berjalan ke depan menjadikan BTS sebagai pegangan mereka. Lagu ini juga adalah lagu hiburan yang sangat cocok didengarkan saat seseorang merasa begitu sedih dan tidak ada satupun orang yang berada di sisi mereka karena memiliki lirik untuk menyemangati dan mengajak seseorang untuk tertawa dan meyakinkan bahwa hari esok akan lebih baik lagi.

Jadi Klovers, apakah kalian akan memasukkan 5 lagu ini ke dalam playlist favorite kalian?

Ditulis oleh: Siti Radibah Imatuafariq

Editor:   Editor KapanLagi.com